Kapolri I RS Soekanto Tjokroadimodjo Adalah Seorang Mason

Rumah Sakit Polri yang berdiri megah di salah satu sudut Kramatjati, Cililitan, Jakarta Timur, memiliki nama resmi yang cukup panjang: Rumah Sakit Polisi Republik Indonesia Raden Said Soekanto Tjokroadimodjo, atau yang biasa disingkat RS Kepolisian Pusat RS. Sukanto.

Raden Said Soekanto sendiri, yang namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit tersebut, merupakan Kepala Kepolisian RI pertama yang menjabat pada tahun 29 September 1945 hingga 14 Desember 1959.

Yang tidak diketahui khalayak luas, tokoh kelahiran Bogor, Jawa Barat, 7 Juni 1908 ini, ternyata juga seorang tokoh Freemasonry Indonesia.

Di tahun 1952, saat masih menjabat sebagai Kapolri, Jenderal (Pol) Soekanto juga aktif menjabat sebagai Suhu Agung (Grandmaster) dari Timur Agung Indonesia atau Federasi Nasional Mason Indonesia. Dia memimpin dari Loji Indonesia Purwo Daksina. Dia juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Raden Saleh, yang merupakan penerusan dari Carpentier Alting Stichting.

Data ini dipaparkan oleh DR. T. H. Stevens, seorang sejarawan Belanda, dalam bukunya berjudul “Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962”, yang edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Sinar Harapan dalam jumlah yang sangat terbatas.

Konon, buku ini hanya dicetak 5. 000 eksemplar dan dibagi-bagikan kepada seluruh mantan tokoh Freemason di Indonesia.

Selain RS Soekanto, tokoh-tokoh Mason Indonesia menurut buku tersebut—yang dilengkapi foto-foto ekslusif sebagai buktinya—banyak menyangkut nama-nama terkenal seperti Sultan Hamengkubuwono VIII, R. A. S Soemitro Kolopaking Poerbonegoro, Paku Alam VIII, R. M AAA Tjokroadikoesoemo, DR Radjiman Wedyodiningrat, dan banyak pengurus organisasi Boedhi Oetomo.
Loji-loji Freemasonry ternama di Nusantara tersebar di hampir semua wilayah di Indonesia seperti di Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jawa, Sulawesi, dan sebagainya.

Salah satu yang paling terkenal adalah Adhuc Stat alias Loji Bintang Timur yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, yang kini dipakai sebagai Gedung Bappenas. Dulu, gedung ini dikenal masyarakat luas sebagai Gedung Setan, karena sering dipakai sebagai tempat pemanggilan arwah orang mati oleh para angota Mason.

Freemasonry

Organisasi ini menurut data resmi timbul di Inggris pada abad ke-18, namun para peneliti Barat berkeyakinan bahwa Freemasonry sebenarnya sudah didirikan di Skotlandia pada abad ke-14, saat Ksatria Templar ditumpas oleh Raja Perancis Philipe le Bel dan Paus Clement V.

Di Skotlandia, Templar ini menyusup ke dalam Serikat Tukang Batu (Mason) dan menguasai gilda-gilda serikat pekerjanya (Loji). Mereka kemudian memproklamirkan diri sebagai Freemasonry, sebuah istilah yang sebenarnya nama lain dari perkumpulan Kabbalah Yahudi-Talmudian.

Dari Eropa, Freemasonry yang terbagi dalam dua kelompokbesar (Scottish Rite dan York Rite) menyebar ke seluruh dunia termasuk ke Hindia Belanda.

Maskapai perdagangan Hindia Belanda, VOC, merupakan maskapai perdagangan terbesar dunia kala itu dan dimiliki oleh Freemasonry. Nona Blavatsky dan Colonel Olcott tercatat sebagai orang-orang yang membawa gerakan mistik ini ke Nusantara.(Rz)

source : eramuslim.com

12 Komentar

  1. ardito said,

    nggak bisa dipungkiri, Yahudi memang sangat berkeinginan untuk menguasai dunia, dan mau bagaimanapun juga…, byk dri kita yg sbtulnya bukan org Yahudi dan benci Yahudi, tetapi senang memakai produk2nya…., dan fakta ini tidak bisa kita hindari…

  2. semut kecil said,

    kenapa gak disebutin bahaya freemasonry, setauku filsafat freemasonry itu adalah filsafat ateis. yang tak percaya tuhan.. dan ini berbahaya.

  3. Joko Amien said,

    Betul Freemasonry itu atheis. Dan yg bilang Fremasonry itu Yahudi, goblok gak tanggung2. Memang banyak orang Yahudi jadi anggotanya tapi tujuannya bukan utk kemuliaan Yahudi tapi kemuliaan setan.Freemasonry tidak memandang suku, agama dan ras. Namun memang banyak kegiatan Freemason ini terlihat seperti membackup kepentingan Yahudi. Padahal bukan, kebetulan aja anggotanya banyak Yahudi, lalu sesama anggota mereka saling bantu, buntutnya kayak membackup Yahudi. Itu aja.

    • asep surachman said,

      terus bagaimana , pancasila kan produk nya , dan burung garuda juga berhalanya , tertipulah kita semua ……….Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia nya ….dikontrol mereka ……. yah dijajah lagi dijajah lagi jadi kita manusia dan alam nusantara belum merdeka dong…..cilaka 12 ni……..bangun dan sadarlah insan nusantara …… kita telah tertipu…….

  4. fadhli said,

    biar gitu Soekanto adalah teladan yg baik buat polisi di Indonesia selain Hoegeng. dia gak mau bergabung dengan polisi militer sekutu ketika tentara sekutu yg membantu Belanda menduduki Indonesia, padahal jika dia bergabung dengan sekutu, sekutu bisa memberikan jaminan keamanan pada dia di masa perang melawan sekutu, tapi dia tetep memilih negrinya, Indonesia. dia juga tokoh polisi yg jujur dan berbakti pada negaranya, bahkan hingga masa pensiunnya, dia hidup dalam kekurangan saking lurusnya

  5. ucicachev said,

    siapa Ya mason2 masakini ?

  6. Taufik Banu Setyawan said,

    Freemason bukanlah atheis. Freemason adalah sebuah persaudaraan yang menyimpan suatu rahasia tertentu. Banyak dari pemuka-pemuka agama yang masuk dalam Freemason, baik itu Kekristenan, Islam, Yudaisme, Hinduisme atau yang lain. Mereka wajib mempercayai Satu Tuhan. Ajaran-ajaran dari Freemason sangatlah baik untuk diteladani. Maka dari itu, banyak dari anggota Freemason (telah terbukti keanggotaannya) adalah seorang yang memiliki jasa besar untuk kebaikan. Jangan samakan mereka dengan Satanisme atau yang lain! Apa gerangan yang membuat Anda bicara seperti itu? Jika Anda tidak memiliki alasan, pasti Anda akan bertanya balik. Orang-orang telah tersulut emosi akibat teori-teori yang memojokkan persaudaraan ini. Namun, apa boleh buat semua punya pendapat sendiri-sendiri dan Freemason memiliki peraturan untuk tidak membalas kritik yang disampaikan oleh publik. Indonesia seharusnya bersedia untuk mengizinkan kembali Freemason berada di sini. Dengan demikian, Indonesia akan berjaya kembali. Aamiin.

    • mbooten dur said,

      dr pd kelihatan gobloknya mending smpyn diem atau tidur aja ngomong ama kentut sama saja

  7. ^_^ said,

    Freemasonry : perkumpulan pemecah batu/kuli kasar_pekerja tambang
    dianggap sesat oleh pemerintah berkuasa karena cenderung melakukan perlawanan secara radikal konservatif atas kesenjangan yg terjadi antara majikan dg para pekerja
    di negara induk maupun daerah kolonial, seiring dg perkembangan zaman disebut sbg gerakan “bawah tanah” = fremasonry merupakan propaganda dari penjajah untuk melemahkan semangat persatuan terutama di daerah koloni nah kerancuan pada hal tersebut mengidentikan antara sesuatu perjuangan perlawanan untuk meraih kemerdekaan dg permasalahan yg terjadi sangat tidak tepat

  8. saytunggendursebleng said,

    Salam sejahtera buat semua—————-
    Dalam perjalananhidup mantan bapak kapolri sukanto beliau seorang mason,,pada zamanya beliau faham mason dan lainya banyak sekali bertumbuh di indonesia,
    Pengaruh terhadap bangsa ini apa ya——?
    Apa kemudian jadi polisinya pintar pintar gitu?kok belum faham aku———————–
    Bagi rekan yg mau bersahabat dng ku bisa email aku di bambangyobambang50@yahoo.com pin bb 21a66250————081945361999————-
    Yang mau mendirikan usaha laundry dan rumah makan————bisa hub saya———-
    ——————-trims————————————

    • david said,

      hhehheheh>>> pada pinter pinter yaaa…. coba kalian pada jadi mentri ya….dah hebat lo indonesia ini…jgn ngomentarin freemason…. berkiprah aja buat negri yg di penuhi Maling dan para bedebah ini… salam hormatku .

      • Garuda said,

        INDONESIA CERIA

        Sekarang berpikir bgmana Indonesia JAYA saja
        1. Indonesia mandiri, sumber daya manusia dan alam cukup, maaf pasal uud 1945 dijalankan. Dengan elegant dan maksimal ( bentuk hormat pd pendahulu pendiri negeri kita, ciri manusia mulia )
        2. Ribut aliran, saling mengklaim kebenaran, itu apa bgmana..siapapun aliran diindonesia. Sadari Indonesia negeri yg sdh memakmurkan kaliyan semua pelaku pelaku apapun aliran keyainan anda. Sadarlah, sadarlah, wake up strong !!
        Negeri kita lama, lama prihati sampai sekarangpun menderita. Sedang prihatin, negeri Indonesia ini sudah memakmurkan kaliyan semua.
        Cukup siapun anda mengeksploatasi tanah air indonesia. Jadi manusia beradab, menangislah dalam hati, sadari sadari..tanah air Indonesia sdh lama, lama menghidupi siapapun anda, aliran. aliran.
        Ibarat aliran apapun anda, berarti sumber air nya harus di hormati. Karena siapapun, apapun aliran aliran anda , anda sekaliyan sekalian sdh hidup menikmati alam indonesia. Sudah menikmati kekayaan tanah air Indonesia.

        KINI, SAAT INI, THIS TIME, NOW :

        Saatnya berterima kasih kembali ke Negeridan Rakyat Manusia Indonesia. Bantu Indonesia bangkit.
        Semua bersatu, indonesia dibangkitkan lagi.
        Siapapun , apapun, bagaimanapun anda anda (mohon maaf sebelumnya ) yg sdh menikmati apapun dari tanah air Indonesia…saatnya BERTERIMA KASIHLAH pd tanah air , alam dan manusiaNya. Bantu indonesia hidup sehat alam dan manusianya.
        MAKMURKAN , JAGA BERSAMA INDONESIA.
        Ingat hukum alam ber jalan.

        Anda kita semua sudah banyak menerima, “menyusu” tanah, air negeri INDONESIA sekarang, akan datang dan sterusnya dan selamanya saatnya ANDA berterima kasih.
        Bantu unreserve, memberi yg memberi kehidupan, yaitu tanah air, “air” Indonesia..
        Nusantara , Indonesia….sdh banyak memberi anda anda semuanya?
        SAATNYA siapapun, apapun saatnya anda anda pelaku aliran aliran yg sudah menikmati kebaikan negeri ini, memberi kepada nusantara indonesia.

        Semoga kita hidup damai, alam lingkungan terpelihara..
        Jadilah manusia yg mulia, yang bisa memakmurkan dan menjaga, dan memelihara hijau sejuk, nyaman, amannya..alam dimana anda berada.
        Alam negeri Indonesia tercinta.
        Yg sdh membuat anda hidup…..

        Mohon beribu maaf sebelumnya, pada semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: