Konspirasi di Balik Flu Burung

Uraian DNA H5N1 asal Indonesia disimpan di Los Alamos National Laboratory New Mexico AS. Laboratorium yang dikontrol Kementerian Energi AS ini dulu digunakan untuk merancang bom atom Hiroshima. Lantas, virus ini untuk vaksin atau senjata kimia?

Oleh Dwi Hardianto

LBH Kesehatan menginformasikan jika ayah almarhum Nasrudin, warga Tangerang yang meninggal akibat terinveksi flu burung (avian influenza) di RS Persahabatan Jakarta, mendaftarkan gugatan terhadap Kedubes AS dan WHO ke PN Jakarta Pusat, Selasa (4/3). Keluarga Nasrudin ingin mengetahui kematian anaknya karena faktor apa, apakah karena senjata biologi AS?

Gugatan ini muncul, sebulan setelah Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari meluncurkan bukunya di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (6/2). Buku yang berisi pengalaman langsung selama menangani penyakit pandemik ini terbit dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Judulnya, “It’s Time for the World to Change, Divine Hand Behind Avian Influenza.” Dalam edisi Indonesia berjudul “Saatnya Dunia Berubah. Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung.”

Buku bersampul merah–yang edisi bahasa Inggris–ini beredar luas di AS dan Eropa. AS dan sekutunya langsung berang. Pasalnya, sang menteri membeberkan keberhasilannya menumbangkan ketidaktransparanan WHO dalam mekanisme virus sharing H5N1. Selama 50 tahun terakhir, mekanismenya harus melalui Global Influenza Surveilance Network (GISN) bentukan AS yang tidak ada dalam struktur resmi WHO.

Cardiyan HIS, editor buku ini menuturkan kronologisnya pada Sabili. Perlawanan sang menteri dimulai ketika flu burung mulai menelan korban pada 2005. Saat itu, menkes ”marah” karena kematian tujuh orang warga Tanah Karo, Sumatera Utara, langsung diumumkan oleh WHO melalui CNN sebagai kasus flu burung human to human. Padahal, tidak didahului dengan penelitian DNA korban. Hipotesa menkes saat itu, kasusnya masih animal to animal. ”Ternyata hipotesa ini terbukti benar sampai sekarang,” jelasnya.

Meski begitu, menteri kelahiran Solo, 6 November 1950 ini tetap kelabakan. Tamiflu, satu-satunya obat yang dipercaya bisa mengobati flu burung, harus tersedia. Tapi obat ini justru diborong negara-negara kaya yang tak terkena flu burung. ”Ini tidak adil, negara-negara lemah yang terkena tidak memperoleh apa-apa. Untung saja ada bantuan dari India, Thailand dan Australia,” ujar Menkes kala itu.

Korban terus berjatuhan. Pada saat bersamaan, dengan alasan penentuan diagnosis, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melalui WHO Collaborating Center (WHO–CC) di Hong Kong memerintahkan Indonesia menyerahkan sampel spesimen H5N1. Perintah itu diikuti menkes. Tapi, ia juga meminta Laboratorium Litbangkes melakukan penelitian. Hasilnya ternyata sama. Lalu, mengapa WHO–CC meminta sampelnya dikirim ke Hong Kong?

Dalam buku versi bahasa Inggris, menkes menulis, ia terbayang pada korban flu burung di Vietnam. Sampel virus orang Vietnam itu diambil dan dikirim ke WHO CC untuk dilakukan risk assessment, diagnosis dan dibuat seed virus. Dari seed virus ini dibuat vaksin. Ironisnya, pembuat vaksin adalah perusahaan-perusahaan besar dari negara kaya yang tak terkena flu burung. Mereka mengambil dari negara korban dan menjualnya ke seluruh dunia tanpa izin, tanpa kompensasi.

Siti Fadilah pun ”marah”. Ia merasa kedaulatan, hak dan martabat negara-negara berkembang dipermainkan GISN WHO. Badan yang sangat berkuasa ini telah menjalani praktik selama 50 tahun. Badan ini telah memerintahkan lebih dari 110 negara untuk mengirim spesimen virus flu-nya tanpa bisa menolak. Virus menjadi milik mereka dan mereka berhak memprosesnya menjadi vaksin.

Menurut Cardiyan HIS, menkes yang juga ahli spesialis jantung dan pembuluh darah ini cukup cerdik. Meski terpaksa mengirim sample virus ke WHO, pada saat yang sama ia juga mengirim ke Gene Bank, agar hasilnya bisa diakses oleh ilmuwan di seluruh dunia. Tidak seperti GISN WHO yang hanya dihuni 15 ilmuwan eksklusif, empat orang dari WHO dan selebihnya tak dikenal. Ilmuwan dunia menyambut baik keberanian Indonesia. Ini dianggap sebagai revolusi besar.

Saat menkes ragu pada WHO, The Straits Times Singapura (27 Mei 2006) melaporkan, para ilmuwan tidak dapat mengakses data sequencing DNA H5N1 di WHO-CC. Belakangan diketahui, data ini justru disimpan di Los Alamos National Laboratoty di New Mexico, AS di bawah kontrol Kementerian Energi AS. Meski pemerintah AS membantahnya, tapi situs resmi Los Alamos terang-terangan mengakui menyimpan uraian DNA H5N1 asal Indonesia.

Di laboraturium inilah dulu dirancang bom atom Hiroshima. Lantas, virus ini untuk vaksin atau senjata kimia? Siti Fadilah pun tak tinggal diam. Ia minta WHO membuka data itu. Ia berusaha keras agar mekanisme virus sharing diubah menjadi transparan. Hasilnya, pada 8 Agustus 2006, WHO mengirim data itu. Tak berhenti di situ, menkes terus mengejar WHO-CC agar mengembalikan 58 virus asal Indonesia.

Asro Kamal Rokan dalam artikelnya di Republika menulis, 58 virus asal Indonesia konon sudah ditempatkan di Bio Health Security, Lembaga Penelitian Senjata Biologi Pentagon. Meski harus berhadapan dengan adidaya, menkes terus melawan. Ia tak lagi bersedia mengirim spesimen virus yang diminta WHO, selama mekanismenya imperialistik, kapitalistik dan mengancam umat manusia.

Perlawanan menkes tak sia-sia. Meski Siti Fadilah dikecam WHO dan dianggap menghambat penelitian, tapi akhirnya dalam sidang Pertemuan Kesehatan Sedunia di Jenewa, 20 November 2007, International Government Meeting (IGM) WHO, menyetujui mekanisme virus sharing dan membubarkan GISN.

Kini Indonesia ditunjuk oleh World Health Assembly Meeting (forum tertinggi menteri-menteri kesehatan seluruh dunia), untuk membuat konsep virus sharing. Selain melakukan deal dengan Baxter Inc (perusahaan farmasi AS) Indonesia juga akan bekerasama dengan banyak perusahaan termasuk dari dalam negeri seperti, Lembaga Eijkman dan PT Biofarma Tbk yang sudah mampu membuat vaksin.

Tapi, upaya AS dan sekutunya untuk membungkam buku ini tak pernah surut. Meski sudah sebulan berlalu, melalui jalur diplomatik di dalam dan luar negeri, AS terus menekan pejabat-pejabat Indonesia agar menarik buku edisi bahasa Inggris yang beredar luas di AS dan Eropa itu. Beberapa komprador AS di dalam negeri juga terus beraksi, agar buku yang memalukan tuannya ini ditarik. Tapi, Menkes bergeming.

Ia tak gentar menghadapi reaksi keras kaum kapitalis ini. Ia bertekad mempertahankan buku itu agar tetap beredar, apa pun risikonya. “Saya tak akan pernah tarik buku itu dari peredaran. Bahkan, menkes justru akan mencetak ulang dan menerbitkan jilid keduanya. “Selain cetak ulang, saya juga akan segera menerbitkan jilid dua buku ini,” paparnya.

Beberapa pihak juga medukung agar menkes tidak menarik dan merevisi bukunya itu. Dukungan antara lain datang dari Ketua Umum PP Muhhamadiyah Dien Syamsuddin, Ketua Umum PP Nahtlatul Ulama Hasyim Muzadi dan mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafiie Ma’arif, ”Siapapun tidak punya hak untuk melarang peredaran buku ini, kecuali buku ini mengganggu ketertiban,” tegas Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng Sholahuddin Wahid.

Bahkan, Kepala Badan Intelejen Negera (BIN) Syamsir Siregar, setelah memanggil dan mendengar penjelasan Siti Fadilah juga menyatakan dukungannya. ”Setelah saya jelaskan, BIN bisa menerima bahkan memberi dukungan,” tandas menkes. Demikian juga dengan Menteri Pertahanan dan Keamanan Juwono Sudarsono yang melihat menkes telah memenangkan pertempuran diplomasi internasional.

Sebagai peneliti yang telah lama malang melintang di dunia kesehatan, Siti Fadilah tahu betul, virus bisa dilemahkan, bisa dijadikan vaksin atau dikuatkan menjadi senjata biologi. Data  uraian virus tidak mungkin didapat tanpa meneliti virus. Dengan data yang lengkap maka virus dapat direkayasa menjadi senjata biologis. Tidak masuk akal jika laboratorium yang pernah menciptakan bom atom Hirosima, hingga antrax, hanya menyimpan data sequensing, tanpa virusnya.

Indonesia sendiri pernah kecolongan pada kasus virus small pox (cacar). Pada 1974, Indonesia dinyatakan bebas cacar oleh WHO. Karenanya, tahun 1984 WHO datang ke Indonesia untuk memusnahkan virus cacar sekaligus laboratoriumnya di Biofarma Bandung. Sejak saat itu Indonesia tidak lagi memiliki virus cacar. Tiba-tiba pada 2003, WHO mengumumkan adanya senjata biologis dari virus cacar.

“Tahun 2005 Indonesia harus membeli vaksin cacar dari WHO karena ada senjata biologi dari small pox. Yang bikin siapa saya tidak tahu tapi yang punya vaksin adalah perusahan Amerika,” jelas Siti Fadilah. Selanjutnya, seluruh dunia harus membeli vaksin untuk persediaan. Harganya pun super mahal, mencapai Rp 600 milyar. “Pemerintah tidak puya uang. Pengalaman ini tidak boleh terjadi pada flu burung. Kalau menjadi senjata biologi bisa mencelakakan umat manusia,” pungkasnya.

source : sabili.co.id

20 Komentar

  1. kotono said,

    anj*ng benar neh amerika…

    • ANGKA-RAMALAN said,

      kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada KI SELUT atas bantuanya no 4d (4966) benar2 tembus 100% bila anda mau bukti hubungi KI SELUT di nmr ini : 085_321_191_493 _TRIMA KASIH*******!!!!!

      kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada KI SELUT atas bantuanya no 4d (4966) benar2 tembus 100% bila anda mau bukti hubungi KI SELUT di nmr ini : 085_321_191_493 _TRIMA KASIH*******!!!!!

      kami sekelurga mengucapkan banyak trimah kasih kpada KI SELUT atas bantuanya no 4d (4966) benar2 tembus 100% bila anda mau bukti hubungi KI SELUT di nmr ini : 085_321_191_493 _TRIMA KASIH*******!!!!!

    • P.robi medang said,

      Kami sekeluarga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH RIJI atas bantuannya saya menang togel yang pertama kalinya,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang supir angkot yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai prediksa MBAH RIJI yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor MBAH RIJI dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan MBAH yang telah memberikan anka “GHOIB” nya 3D yaitu 888 dan alhamdulillah itu ternyata terbukti….sekaran anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas bantuan MBAH RIJI ,bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goip yang di jamin 100% kemenangan hbg MBAH RIJI di nmr;_082344440428,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saanya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya MBAH RIJI yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti hbg sekaran MBAH RIJI nya,terima kasi.

  2. ed said,

    Yup, langkah yg sangat berani dan perlu kita dukung. Sudah bukan rahasia lagi semua aktifitas yg dilakukan oleh AS pasti disisipi oleh “agen” untuk kepentingan mereka. Mereka biasa bergerak di 3 bidang : Kesehatan, Pendidikan, Sosial Politik. Melalui kesehatan mereka sudah membawa data2 sangat vital melalui riset dibawah bendera NAMRU. Jauh sebelum ramai2 buku Menkes tersebut, kalau terjadi wabah oleh karena mikroorganisme di suatu tempat ( hepatitis, flu hongkong, SAR, cacar, flu burung) kadang2 dalam hati kecil saya pernah bertanya jangan-jangan ini adalh efek uji coba senjata biologi AS? Memang sptnya pertanyaan yg konyol dan tdk masuk akal, tetapi perlu diingat bahwa negara spt AS mampu melakukan apapun di dalam negara lain tanpa diketahui oleh negara tsb.

    • PAK DARMAWAN DI KALIMANTANG said,

      SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA MBAH KARMOJO KARNA NOMOR YANG MBAH KASI DARI HASIL RITUAL TERNYATA BENAR-BENAR TEMBUS 100% YAITU 6457 DAN SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR,,AWALNYA SAYA KURANG YAKIN KALAU ANGKA YANG MBAH KARMOJO BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA ALHAMDULILLAH SAYA MENANG DENGAN ANGKA 4D NYA,SEMUA PERHIASAN ISTRI SAYA YANG PERNAH KUGADAIKAN 1 BULAN YANG LALU GARA2 MAIN TOGEL SEKARANG SUDAH BISA KUTEBUS KEMBALI,BAGI ANDA YANG PENCINTA TOGEL YANG MEMPUNYA BANYAK MASALAH YANG TAK KUNGJUN USAI SILAHKAN ANDA HUBUNGI SAJA MBAH KARMOJO DI NOMOR 0823-2825-4444 KARNA ANGKA “GHOIB” YANG DI BERIKAN MBAH KARMOJO TIDAK PERLU DI RAGUKAN LAGI,,SAYA JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SAYA SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA 3X BERTURUT-TURUT SELALU MENANG.

      TERIMA KASIH KEPADA YANG PUNYA ROOM ATAS TUMPANGANNYA

      • tantanu said,

        JIKA ANDA BTUH AGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PTARANG SGP/HKG SILAHKAN SJA ANDA TLP KY SANTANU DI NOMOR 082-317-877-775 TRIMAH KASIH

        JIKA ANDA BTUH AGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PTARANG SGP/HKG SILAHKAN SJA ANDA TLP KY SANTANU DI NOMOR 082-317-877-775 TRIMAH KASIH

        JIKA ANDA BTUH AGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PTARANG SGP/HKG SILAHKAN SJA ANDA TLP KY SANTANU DI NOMOR 082-317-877-775 TRIMAH KASIH

  3. benn_keifer said,

    iye neh… negara adibuaya yang berperilaku kayak anj*ng

    • risma said,

      Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085—>”218—>”379—>”259′

  4. benn_keifer said,

    jangan pernah anda harapkan apa-apa dari sebuah negara yang disebut “amerika”
    walaupun sekarang presidennya disebut-sebut dekat dgn indonesia.. Obama, gak akan buat perubahan apa2. kita yang harus merubah nasib kita sendiri.

  5. benn_keifer said,

    semoga Menkes Siti Fadila bisa mengembangkan vaksin2 lain utk rakyat indonesia yaitu berupa :
    – vaksin malas
    – vaksin utk berwirausaha sendiri, bukan cita2 pingin jadi pegawai
    – vaksin anti korup
    – vaksin semangat untuk mencontek, “mencontek” keberhasilan negara2 maju

  6. Aidil Khas said,

    Amerika itu anjing, kaki tangan setan dajjal

  7. Jay said,

    dan akhir ceritanya Ibu mentri yang sarat perstasi ini didepak dari pemerintah kita yang pro Amrik dan menggantikannya dengan jongos Amrik, sya berkeyakinan jika dipoling terhadap Ibu Siti FS ini maka Rakyai Indonesia akan mendung beliau yang pada saat menjadi menkes sangat berpihak kepada Rakyat.

  8. tholes said,

    HARI ini saya melihat di TVRi . amerika mengembangkan senjata kimia yang ditaruh dalam vaksin yang tujuannya merusak otak manusia yang mempunyai hubungannya dengan keyakinan beragama.. tolong kalau puny source atau sumbernya email ke saya

  9. marthen said,

    Eropa dan Amerika sebagai “sapi perah” dan “rakyat Amerika dijadikan robrot2 perang” sistem diproduksi oleh yahudi2 Amerika yg bertujuan agar patuh menjalankan program pemusnahan umat Islam diseluruh muka bumi. Contohnya, dari Bosnia sampai Afganistan, bentar lg Iran, agar bangsa2 Islam tdk sempat bersatu menghimpun kekuatan. Hrs waspada, agen2 mrk masuk ke-negara2 target operasinyanya menggunakan taktik penyamaran yg cerdik, ada yg nyamar jadi artis, pura2 jd tokoh agama dll dll lalu disitu mrk melakukan penghasutan2 secara terstruktur, terencana dg rapi ! Kemudian bila negara yg dirusak tsb benar2 kolabs maka tercapailah cita2 yahudi untuk merampas tanah, hata kekayaan ekonominya dan yg jelas struktur sosial negara yg dirongrong tsb musnah secara pelan2 ! Maka hasil rampasannya tsb dijadikan untuk tempat berteduhnya. Mirip benalu. Dimana2 kodrat kehidupannya hanya berperan sebagai perusak kehidupan dibumi ini. Percaya atau tdk percaya, itu lah mrk, sampai kiamat pun hal itu trs akan berlanjut ! Berbanding lurus mirip kuman yg ditbar oleh tangan mrk sendiri ! Krn itu watak asli mrk ! Waspadalah !

  10. abdul said,

    bajingan tu amerika

  11. INFO TOGEL said,

    KALAU ANDA MAU MENANG DENGAN ANGKA PREDIKSI TOGEL 2D,3D,4D,YANG JITU UNTUK PUTARAN HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA DI NOMOR;082317877798 INSYA ALLAH ANGKA YANG DI KASIH HASIL RITUAL DAN DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU MENANG DENGAN ANGKA PREDIKSI TOGEL 2D,3D,4D,YANG JITU UNTUK PUTARAN HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA DI NOMOR;082317877798 INSYA ALLAH ANGKA YANG DI KASIH HASIL RITUAL DAN DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU MENANG DENGAN ANGKA PREDIKSI TOGEL 2D,3D,4D,YANG JITU UNTUK PUTARAN HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA DI NOMOR;082317877798 INSYA ALLAH ANGKA YANG DI KASIH HASIL RITUAL DAN DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU MENANG DENGAN ANGKA PREDIKSI TOGEL 2D,3D,4D,YANG JITU UNTUK PUTARAN HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA DI NOMOR;082317877798 INSYA ALLAH ANGKA YANG DI KASIH HASIL RITUAL DAN DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

    KALAU ANDA MAU MENANG DENGAN ANGKA PREDIKSI TOGEL 2D,3D,4D,YANG JITU UNTUK PUTARAN HARI INI SILAHKAN HUBUNGI AKY PANDAWA DI NOMOR;082317877798 INSYA ALLAH ANGKA YANG DI KASIH HASIL RITUAL DAN DI JAMIN TEMBUS AKURAT.

  12. PAK ILHAM said,

    Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH BASIR atas bantuannya saya bisa menang angka 4 lansung saya benar2 tidak percaya karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia.dan tidak ada ongkos pulang mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin angka yng di berikan MBAH BASIR dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak MBAH dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan MBAH BASIR.kepada saya.yang ingin seperti saya silahkan Hub MBAH BASIR DI Nmr 085/39939/7867.insya allah anda tidak akan perna kecewah saya jamin. terima kasih

  13. PAK ILHAM said,

    Demi ALLAH saya PAK ILHAM.benar-benar yakin dan
    percaya angka gaib AKI telah
    saya buktikan juga kemarin saya dapat,
    awalnya saya ragu tapi saya mencoba
    meghubungi lgi dan meminta angka
    sama MBAH BASIR, 4D SGP akhirnya
    tembus sekarang
    saya sudah buka toko pakaian dan
    melunasi semua utang saya yg ada di bank
    trimaksih MBAH jasamu tak Akan kami lupakan sekeluarga
    ini bukan janji tpi bukti. silahkan hubungi MBAH BASIR Di Nmor 0853/9939/7867.insya allah MBAH BASIR akan bantu dan anda tidak akan perna kecewah terma kasih…????

  14. PAK ILHAM said,

    Assalamu alaikum MBAH saya kepengen mengucapkan trima kasih kepada MBAH BASIR bahwa saya sudah sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat dan semua ini berkat bantuan angka ghoib dari MBAH BASIR karena cuma MBAH yang bisa memberikan angka goibnya yang di jamin 100% tembus awalya saya bergabung saya harus mennbayar biaya ritualnya sebanyak Rp 2OO,rbu tuk mendapatkan angka 4d dan ternyatah benar-benar tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang angkanya dan itu juga saya tidak rugi bayar maharnya karena akhirnya saya bisa menang angka pemberian beliau jadi buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus hubungi MBAH BASIR DI Nomr 0853/9939/7867 insya allah beliu akan menbatu kesusahan anda dan anda tidak akan kecewah apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih…?

  15. togel singapur said,

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: