3 Mei, 2008 at 4:22 pm (2. PERTEMPURAN DI BALAKOT)

Pada tanggal 6 Mei 1831 di lembah  terbuka  Balakot  terjadi
pertempuran  sengit  antara pasukan Sabilillah yang dipimpin
oleh  syed  Akhmad  Berelvi  melawan   pasukan   Sikh   dari
kemaharajaan  Ranjit  Singh Punjab. Pada pertempuran Balakot
itulah  syed  Ahmad  tewas.  Kekalahan   beliau   disebabkan
pengkhianatan  beberapa  suku  yang  membalik membantu musuh
serta membocorkan seluruh rencana syed Ahmad.
 
Maka berakhirlah  karier  gemilang  dari  seorang  pembaharu
agama  dan  kemasrakatan,  organisator  dan  penggerak motor
jihad di anak benua itu. Syahidnya beliau berarti awan gelap
meliputi  kehidupan kaum muslimin. Di hadapan mereka berdiri
tegak kekuatan  raksasa  bangsa  Sikh  dan  bangsa  Inggris,
bagaikan  dua buah tombak yang dihunjarnkan pada tubuh Islam
sekaligus. Kaum muslimin hampir saja kehilangan milik mereka
yang   paling  berharga  kepribadian  Islamnya.  Namun  pada
hakikatnya apa yang telah diwariskan oleh syed Ahmad Berelvi
pada  mereka yang ditinggalkan, sangat berharga. Titik-titik
cerah dari cahaya Islam  masih  menerobos  awan  gelap  yang
meliputi  kaum  Muslimin.  Kekuatan  bertahan serta kekuatan
untuk  bangkit  kembali  masih  ada  pada   mereka.   Justru
kekuatan-kekuatan  itulah  yang  sanggup  menyambung  gairah
untuk hidup, kendati  mereka  berada  di  bawah  cengkeraman
bangsa  Sikh. Semangat jihad yang disponsori oleh syed Ahmad
Berelvi terus tertanam pada generasi Muslim sesudah  beliau.
Peristiwa  Balakot  mendorong  mereka  untuk  lebih  waspada
terhadap unsur-unsur di  dalam  tubuh  sendiri  yang  secara
tidak   terduga-duga   membalik   berkhianat   dan  membantu
musuh-musuh Islam.
 
Syed Ahmad Berelvi adalah dari keluarga Shah Waliullah  dari
Delhi yang selalu menanamkan petuah-petuah Agama pada beliau
serta menanamkan doktrin hidup "keras terhadap kuffar, lemah
lembut pada sesama saudara." Doktrin hidup tersebut tertanam
dalam-dalam pada lubuk hati syed Ahmad.
 
Waktu itu Punjab ada di bawah  kekuasaan  bangsa  Sikh  yang
memperlakukan kaurn Muslimin dengan tindakan-tindakan kejam,
keji, pembunuhan, penghinaan terhadap Agama Islam  yang  tak
habis-habisnya.  Dalam  suasana  yang  demikian mencekam itu
bersama-sama dengan cucu Shah Waliullah, Shah  Ismail,  Syed
Ahmad  membangun  gerakan  yang paling berani, gerakan untuk
berjihad. Mula-mula gerakan itu bersemi dari Bengal kemudian
ke  Bihar terus ke Utra Pradeis dan dari sana beliau bersama
pasukan sabilnya mengadakan long March  ke  suatu  pangkalan
yang  beliau  tuju.  Dari situlah syed Ahmad mengumandangkan
takbir jihadnya. Di Panjtar pasukan  sabilillah  syed  Ahmad
berhadapan  dengan pasukan Perancis tentara sewaan raja Sikh
Ranjit Singh yang dipimpin oleh  Jendral  Ventura.  Serangan
mendadak  pasukan  Ventura  itu  dapat ditangkis dan dihalau
oleh pasukan syed Ahmad; kemudian beliau bersama  pasukannya
melancarkan   serangan-serangan  balas.  Daerah-daerah  yang
berhasil dibebaskan oleh beliau kemudian  ditegakkan  sistim
pemerintahan Khalifah sebagaimana zaman Khulafaur-Rasyidin .
 
Operasi   jihad  yang  dilancarkan  syed  Ahmad  itu  sangat
menggetarkan hati musuh-musuhnya. Semenjak  itu  lawan-lawan
Islam  gentar  bila mendengar kata-kata "jihad" saja. Itulah
sebabnya mereka menanam benih-benih perpecahan  di  kalangan
pengikut-pengikut  syed  Ahmad,  guna  melumpuhkan keampuhan
gerakan jihadnya.
 
Pada peristiwa  Balakot,  karier  gemilang  seorang  mujahid
sampai  pada  akhirnya.  Beberapa suku yang bergabung dengan
beliau menggunting dalam lipatan; mereka membocorkan seluruh
rencana  syed  Ahmad,  dan  tatkala pasukan Sikh melancarkan
serangan dahsyat, mereka membalik membantu musuh-musuh Islam
itu.  Maka jatuhlah korban-korban syuhada' dan diantara para
korban itu syahidlah syed Ahmad Berelvi.  Pengabdian  beliau
pada   Agama   dan   Negara   tidak   sia-sia.  Mereka  yang
ditinggalkan menjadi pewaris-pewaris sejati yang  meneruskan
gerak-langkah jihad di kemudian hari.1
 
Catatan kaki:
 1 Hassan Kaleemi, The jihad movement of syed Ahmad
   Shaheed, Perspective vol 11 & 12, 1969, Pakistan
   Publications Karachi, hal. 63/64/65.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: