Angkatan Udara Israel Semakin Cemas Menghadapi Perlawanan di Gaza

22 Maret, 2008 at 8:53 pm (Tak Berkategori) ()

heli

Jerusalem -Infopalestina: Meningkatnya kemampuan roket perlawanan Palestina semakin membuat cemas militer Israel, khususnya angkatan udaranya. Hal ini ternjadi menyusul keberhasilan Brigade al Qassam, sayap militer gerakan Hamas, menembak pesawat heli tempur Israel yang terbang di Jalur Gaza, Jum’at (14/03). Angkatan Udara Israel mengungkapkan bila situasi ini terus berkembang dan semakin tidak terkendali, maka kemungkinan pesawat-pesawat Israel akan jatuh semakin besar.

“Kemungkinan jatuhnya pesawat tempur Isreal di masa yang akan datang akan semakin besar. Kondisi ini tentu sangat berbahaya dan mengancam pasukan Israel di masa yang akan datang. Setiap faksi perlawanan mempunyai kesempatan besar untuk menjatuhkan pesawat helikopter Israel,” ungkap seorang pejabat senior angkatan udara Israel pada harian Israel Yedeot Aharonot, Senin (17/03).

Pejabat militer Israel ini menegaskan, meningkatnya jumlah senjata perang yang masuk ke Jalur Gaza, mengakibatkan posisi angkatan udara Israel semakin berbahaya. Pihaknya sedang berupaya untuk meminimalisir ancaman ini. Sumber di angkatan udara Israel menyebutkan, pihaknya sedang mempelajari sejauh mana ancaman yang dihadapi pesawat tempur Israel di Jalur Gaza, menyusul keberhasilan Brigade Izzuddin al Qassam menembak pesawat tempurnya.

Aharonot menambahkan, berdasarkan informasi dari pejabat Hamas menyebutkan, tujuan dari serngn-serangan ini adalah untuk menjatuhkan pesawat tempur Israel berikut pilotnya, sekaligus menjadikannya sebagai tawanan yang akan dijadikan sandera. Sebagaimana Gilad Shalit yang hingga kini masih menjadi sandera kelompok perlawanan untuk menambah daya tawar Hamas dalam transaksi pertukaran tawanan Palestina.

Aharonot juga mengatakan, berdasarkan sumber Palestina yang dikutip koresponden Aharonot menyebutkan, senjata anti pesawat yang dimiliki Hamas saat ini adalah hasil rampasan dari pasukan keamanan Abbas yang berhasil ditundukan di Gaza pertengahan tahun 2007 lalu. Senjata-senjata itu disimpan di sejumlah kantor kepresidenan dan kantor Fatah di Jalur Gaza.

Terkena Tembakan al Qassam

Penjajah Zionis Israel mengakui pesawatnya terkena tembakan roket yang dilancarkan Brigade al Qassam, sayap militer gerakan Hamas, Jum’at (14/03). Ini adalah perkembangan baru, untuk pertama kalinya sejak tahun 1967.

Dua stasiun televisi Israel, Chanel I dan II, Jum’at malam, menegaskan bahwa pesawat heli tempur Israel untuk pertama kalinya terkena serangan Palestina. Saat itu pesawat naas ini sedang melaksanakan tugas rutin di atas Jalur Gaza. Chenel I Televisi Israel mengatakan awak pesawat yang kembali ke pangkalan menegaskan bahwa pesawatnya benar-benar terkena serangan Palestina.

Brigade al Qassam menegaskan, Unit Pertahanan Udara al Qassam dengan menggunakan senjata sederhana, senjata anti darat, yaitu senjata mesin otomatis berat dan sedang, berhasil melancarkan tembakan dari sejumlah lokasi ke arah pesawat heli tempur Israel yang terbang di arah timur wilayah utara Jalur Gaza.

Dalam pernyataan yang diterima koresponden Infopalestina, Brigade al Qassam mengatakan, “Serangan anti darat mengenai langsung pesawat (Israel). Kejadian ini memaksa pesawat Israel meninggalkan wilayah utara dengan segera dan mendarat secara darurat di salah satu pangkalan Israel di dekat Jalur Gaza.”

Media-media massaIsrael mengutip dari sumber-sumber militer Israel yang mengungkapkan kecemasan mereka, bahwa ini adalah perkembangan yang sangat berbahaya. Karena hal ini belum pernah terjadi sejak penjajah Israel menduduki Jalur Gaza tahun 1967. Sumber-sumber militer IsraelIsrael tengah menyelidiki jenis senjata yang digunakan perlawanan Palestina sehingga bisa mengenai pesawatnya. mengisyaratkan bahwa dinas keamanan

Larangan Terbang di Atas Gaza

Sebelumnya harian terkemuka Israel Ma’arev menyebutkan, angkatan udara Israel tengah mempelajari kemungkinan penambahan sistem keamanan pesawat-pesawat tempur yang terbang di atas udara Jalur Gaza. Bukan itu saja, angkatan udara Israel juga akan merubah jalur penerbangan pesawat tempurnya jauh dari udara langit Jalur Gaza. Mereka khawatir persawat-pesawat tempurnya dihantam roket baru anti pesawat yang ditengarai berhasil masuk ke Jalur Gaza sejak Hamas berhasil menguasai wilayah tersebut sejak pertengahan Juni 2007 lalu.

Harian Ma’arev mengutip sumber-sumber militer Israel yang mengatakan bahwa roket-roket baru anti tank telah masuk ke Jalur Gaza. Roket-roket ini sangat mirip dengan roket-roket yang digunakan Hizbullah dalam pertempuran Juli tahun 2006 lalu.

Sumber-sumber militer Israel mengingatkan bahwa 200 ribu warga Israel akan menjadi target sasaran serangan roket Palestina dalam dua tahun mendatang apabila tidak dilakukan gempuran terhadap faksi-faksi perlawanan Palestina dan menghentikan perkembangan militer mereka.

Para jenderal Israel juga telah mengingatkan kekhawatiran mereka tentang masuknya senjata canggih ke Jalur Gaza. Mereka menyebut senjata-senjata ini adalah senjata-senjata seperti roket anti pesawat dan anti kendaraan lapis baja, serta roket dengan daya jangkau lebih jauh daripada roket-roket buatan lokal al qassam.

Sumber-sumber keamanan Israel mengungkapkan kemungkinan perlawanan Palestina di Jalur GazaAda kemungkinan terjadi penyelundupan bagian-bagian dari jenis roket ini melalui terowongan yang dijadikan penyelundupan roket jenis Garad ke Jalur Gaza. mendapatkan roket jenis Fajr yang dimiliki kelompok Hizbullah Libanon. Roket jenis ini memiliki daya jangkau 43 – 73 kilometer.

Sumber-sumber keamanan Israel mengklaim bahwa perlawanan Palestina di Jalur Gaza berupaya mendapatkan roket-roket panggul anti pesawat jenis Misag 1 yang memungkinkan bisa menjatuhkan pesawat Israel dalam radius 4 kilometer. (seto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: