Israel Menghadapi Pilihan Sulit: Antara Perang dengan Hizbullah, Hamas dan Suriyah

bannerrokok
shock

Moralitas Serdadu Israel Terus Menurun Menghadapi Ketegaran Perlawanan

Infoplestina: Semua pilihan ini masing-masing memiliki keistimewaan yang cukup untuk membuat para petinggi Zionis Israel untuk menundukkan pandangan darinya dan beralih pada pilihan yang lain. Pilihan yang diharapkan bisa membuat PM Israel Ehud Olmert, Menhan Israel Ehud Barak dan pimpinan Angkatan Bersenjata Israel bisa berdiri menghadapi satu pilihan dari aksi-aksi yang diutamakan di antara pilihan-pilihan yang paling banyak memberikan andil kekalahan dalam sejarah politik – militer – keamanan zionis Israel.

Pilihan Pertama: Perang Kembali Melawan Hizbullah

Sebagian pihak berkeyakinan, perang ini penting. Karena keberhasilan militer dalam mengalahkan Hizbullah akan menghapus simpul yang telah menguasai Negara (Israel). Disamping kemenangan ini akan menunjukan citra Israel di hadapan para sekutu dan musuh-musuhnya dengan citra yang kuat. Sehingga bisa membuat keder pihak-pihak Arab lain yang saat ini tengah melakukan rencana menggunakan cara-cara dan taktik Hizbullah dalam perang yang tidak seimbang. Kemenangan atas Hizbullah ini juga akan bisa menjamin perbatasan utara Israel dan dukungan pemerintah Seniora beserta kelompok 14 Maret yang menjadi sekutu Barat dan Israel. Dan barangkali kemenangan ini bisa menghabisi secara total obsesi-obsesi politik.

Sementara mereka yang menentang pilihan ini mengatakan bahwa perang melawan Hizbullah hanya akan mengakibatkan bertambahnya kekalahan dan kerugian yang lebih besar. Karena Hizbullah telah menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Baik dari sisi logistik, persiapan pasukan maupun tingkat dukungan rakyat kepadanya. Ditambah lagi bahwa perang agresi baru terhadap Hizbullah akan berakibat kepada pemberangusan upaya-upaya internasional berkaitan dengan langkah-langkah untuk menciptakan stabilitas Libanon dan berkaitan dengan mahkamah internasional. Perang baru ini justru akan menaikkan tingkat penentangan internasional terhadap Israel, terlebih lagi pasukan internasional yang ada di selatan Libanon akan mengalami kesulitan melintas. Belum lagi opini publik dunia yang dipastikan, kali ini akan memilik kepada Hizbullah pada satu sisi dan pada sisi lain akan mengecam Israel. Bisa jadi benar-benar berhasil di lapangan pada awal-awal perang karena keberhasilan media-media Israel dan Barat dalam mencitrakan Hizbullah sebagai pihak melakukan pelanggaran dan bersalah dengan menculik serdadu Israel. Namun pada akhir peperangan sikap ini akan berubah dan menjadikan Israel sebagai pihak yang melanggar dan besalah. Israel menjadi pihak yang dikecam dan Hizbullah sebagai korban kejahatan.

Pilihan Kedua: Perang Melawan Hamas

Mereka yang meminta agar pemerintah Israel memilih melakukan perang melawan Hamas mengatakan, perang ini memberi kesempatan kepada Israel untuk menghabisi gerakan Hamas dan memperlemah gerakan ini sehingga setelah itu tidak akan bisa lagi mengembalikan kekuatannya. Dan setelah berhasil dalam perang melawan gerakan Hamas ini, Israel akan bisa memberikan dukungan yang nisa menjamin kelangsungan masa depan gerakan Fatah dan orientasi-orientasi pemimpinnya, Presiden Mahmud Abbas. Keberhasilan perang melawan Hamas juga memberikan pesan kuat kepada orang-orang Palestina bahwa mereka cukup untuk melanjutkan nasibnya di belakang Mahmud Abbas dan gerakan Fatah.

Mereka yang mendukung alternatif perang melawan Hamas ini melihat bahwa pemberangusan Hamas di Jalur Gaza akan memberikan waktu luang bagi Israel untuk melakukan proses (penataan) di dalam tubuh ototitas Palestina yang dimpimpinan Mahmud Abbas, melakukan kordinasi dengan Yordania dan Mesir untuk memperkuan mainstream (arus utama) kelompok yang dipimpin Salam Fayad di dalam otoritas Palestina dan berlepas dari dari Mahmud Abbas beserta para sekutunya secara tenang dan tidak manarik perhatian.

Namun mereka yang menentang alternatif ini melihat bahwa perang melawan gerakan Hamas akan mengakibatkan terjadinya banyak kerugian materi dan jiwa di kalangan pesonel militer Israel. Disamping itu perang melawan gerakan Hamas juga akan mengakibatkan meroketnya tingkat popularitas Hamas di Tepi Barat. Hal ini bisa berdampaik fatal, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya pengepungan terhadap Mahmud Abbas dan pemberangusan gerakan Fatah dari pentas kehidupan politik Palestina. Hal inilah yang tidak diinginkan pihak Yordania. Karena hal ini akan bisa menjadi kemenangan kalangan islamiyin di Yordania untuk lebih kuat lagi melakukan oposisi terhadap sistem kerajaan di Yordania. Ini pula yang tidak diinginkan oleh pihak Israel. Karena kekalahan Mahmud Abbas dan gerakan Fatah berarti pula kerugian Israel untuk bisa menembus lebih besar lagi ke dalam dinas keamanan guna mencapai dan merealisasikan peluang untuk melakukan penyusupan di lingkaran pembuat dan pengambil keputusan Palestina yang tidak mungkin bisa terjadi sebelumnya dan sama sekali tidak akan terulang lagi. Kesempatan strategis ini akan lenyap dari tangannya.

Pilihan Ketiga: Perang Melawan Suriah

Mereka yang mendukung alternatif ini melihat bahwa agresi dan kemenangan atas Suriah pada akhirnya akan bisa menjamin keamanan Israel. Karena hal itu tidak hanya akan melemahkan Suriah saja, namun juga akan melemahkan Hizbullah Libanon dan gerakan Hamas. Disamping juga akan melemahkan keterikatan Iran dengan organisasi timur tengah dan akan memberikan kesempatan Israel untuk berunding dengan Suriah dan Arab dari pusat kekuatan.

Adapun mereka yang menentang alternatif ini mengatakan bahwa agresi terhadap Suriah bukanlah sekadar permaian, rekreasi ataupun manuver sederhana yang bisa direncanakan melalui para jenderal Angkatan Bersenjata Israel dan penugasan kepada militer untuk melaksanakannya. Karena semua data dan realita mengatakan bahwa Suriah mampu menghadapi serangan militer apapun yang dilakukan Israel tanpa harus mengirim seorang prajurit Suriah pun ke dataran tinggi Golan. Media-media IsraelIsrael. Karena Hizbullah dan gerakan Hamas pasti akan berdiri bersama Damaskus apabila benar-benar dilakukan seangan terhadap Suriah. dan Barat telah membicarakan tentang kemampuan rudal Patriot milik Suriah. Mereka ini melihat bahwa serangan terhadap Suriah juga akan menimbulkan refleksi-refleksi negatif. Terutama bahwa serangan ini akan menimbulkan konsekuensi perluasan area perlawanan terhadap

Dan selanjutnya Israel akan menghadapi perang dari tiga arah. Bahaya tidak saja terbatas pada medanIsrael dan pusat kehidupannya. Pertempuran dengan Suriah juga akan membuka front keempat di Tepi Barat, yang semakin membahayakan keamanan Israel karena kemampuan kelompok bersenjata yang ada di Tepi Barat dalam waktu singkat akan bisa menembus lokasi manapun di jantung Israel. Demikian juga Mahmud Abbas dan gerakan Fatah, tidak akan bisa melakukan apa-apa untuk melindungi Israel. Dan kalaupun berupaya melakukan sesuatu untuk mendukung Israel, maka bisa jadi keduanya akan habis total. Dan selanjutnya semua upaya proses damai timur tengah yang sudah dilakukan lenyap. Dan Israel menghadapi posisi politik yang sangat berbahaya. Belum lagi institusi Arab yang selama ini bekerja sama dengan Israel bersama kelompok “Moderat Arab” akan mengalami kebencian dan bahkan kahancuran politik. Dan semua itu akan membahayakan upaya-upaya Amerika – Israel untuk membidik Suriah dan Iran melalui PBB. Dan isolasi terhadap Amerika dan Israel di timur tengah pun akan meningkat, termasuk dari negara-negara seperti Turki dan negara-negara Islam di timur dekat. pertempuran saja, namun akan menjangkau jantung

Potensi kekerasan yang akan lahir di timur tengah terhadap Israel dan Amerika akibat serangan terhadap Suriah akan bisa menghabisi secara total pemerintahan Seniora dan kekuatan kelompok 14 Maret yang bersekutu dengan Amerika dan Israel. Selain juga akan mendorong Partai Keadilan dan Pembangunan Turki untuk mengoreksi arah kebijakan politik Turki, memperkuat posisi Iran di timur tengah, merugikan hubungan Israel yang sudah dibangun melalui kesepakatan damai dengan Mesir dan Yordania, juga hubungan bilateralnya dengan Tunisia, Maroko dan Mouritania, serta kesepahaman politik semi terbuka dengan Arab Saudi dan negara-negara Teluk. (seto)

infopalestina.com

bannerrokok

155 Komentar

  1. edy said,

    Setelah mengalami peperangan dengan hizbullah, Israil kini melakukan berbagai program rahasia dengan biaya, waktu sumber daya lai yang tidak terbatas. Salah satu program tersebut adalah menghancurkan hizbullah dari dalam yaitu dengan cara menggalang dukungan/opini rakyat Libanon agar tidak terlalu harmonis dengan hizbullah. Berbagai cara dilakukan Israil melalui orang2 atau negara2 muslim sendiri, tetapi mereka sama sekali tidak sadar kalau hanya diperalat. Program lain adalah mengincar tokoh2 kunci hizbullah untuk target pembunuhan, dan salah satu tokoh yang sudah di bunuh adalah Imad Mugniyah. Program besarnya adalah ingin menyerang Iran dengan alasan program nuklir Iran. Dengan menyerang Iran otomatis dukungan Iran terhadap hizbullah akan berkurang. Kalaupun hizbullah membantu Iran dalam perang tersebut, Israil akan lebih mudah mengatasinya karena medan perang yang berbeda, dan ini sudah disipakan oleh Israil selama bertahun-tahun melalui latihan rutin yang sangat rahasia dan dibantu oleh AS.

    • rudy said,

      SEJAK 1978 SAMPAI DUNIA KIAMAT
      ISLAM TDK BSA LAGI DIKALAHKAN….
      LIHAT DAN BUKTIKAN
      AKHIR ZAMAN EMANG KEMENANGAN ISLAM
      DIBERITAKAN AL QURAN, HADIST, TAURAT DAN INJIL DAN NASKAH YAHUDI YG DIRAHASIAKAN.

      • semut kecil said,

        kamu benar sobat… meski kita gak saling kenal. hati kita Islam

      • IQBAL said,

        thanks

    • Demes Salis Rochmad Illahi said,

      …dan semoga aku tetap Islam hingga yaumul qiyamah….hinggal yaumul akhir, hingga maut menjemputku….amin

  2. rochim said,

    Saya hanya ingin menggugah kaum muslimin di penjuru dunia, perang telah di tabuh oleh israel, genderang perang sudah di sambut oleh hammas, Apakah kita sebagai kaum muslimin hanya tinggal diam? mari kita lakukan penggalangan dana untuk rekyat palestina.Allhuakbar allhuakbar, Dan kenapa negara -negara Arab hanya membisu melihat saudaranya yang telah di di zhilimi oleh bangsa zionis israel.
    Mari kita boikot produk – produk Amerika

    • ganzaq said,

      saya setuju untuk membangun suasana yang aman, tidak hanya di indonesia tapi di seluruh dunia….
      tapi koq israel yang rusuh… produk amrik yang di boikot ya ???

    • andary said,

      Emang lo bisa apa? Dikelurahan aja ga masuk hitungan…. hahahah

  3. keparat said,

    israel anjing

  4. ghufron said,

    sohib ssohib, tenang aja, akhir hayatnya israel kalah oleh islam

  5. rudy said,

    ISRAEL PALING BERTAHAN 76 TAHUN
    MEREKA TUMBANG DI TAHUN 2022
    INI KEPERCAYAAN YAHUDI….
    DI ARMAGEDDON AKAN TERSISA 1 % YAHUDI

  6. 4 WD said,

    semua yahudi ditakdirkan akan mati atau kalah di peperangan akhir zaman takdir Allah sdh mulai berjalan, lihatlah semua yahudi dari seluruh dunia mulai berkumpul di israel. mereka mengira akan bisa memperkuat israel melalui jumlah penduduk. Tapi Allah SWT punya rencana lain, mereka dikumpulkan disatu tempat , yg kemudian akan dibantai habis menjelang kiamat oleh org2 muslim, yg selama ini diburu dan dibunuh bak hewan oleh yahudi zionis. Selama ini mereka menggunakan segala cara dan tipu daya utk menghancurkan muslim. tapi mereka tidak tahu sebaik baik tipu daya adalah tipu daya Allah SWT. buat teman2 sesama muslim coba baca buku ARMAGEDDON PEPERANGAN AKHIR ZAMAN karangan WISNU SASONGKO.

    • semut kecil said,

      sudah baca sobat.. insya allah kita menang

    • Banua Ginjang Siangkangan said,

      yg ada mah monyet2 arab yg mati dan itu sudah ditakdirkan,,

      “..tapi mereka tidak tahu sebaik baik tipu daya adalah tipu daya Allah SWT..” alloh dewa pagan lu memang rajanya tipu muslihat, hanya iblislah yg memiliki kemampuan untuk menipu daya dan itu adalah allah lu sesuai dng pernyataan lu bahwa si alloh lu paling pintar soal tipu muslihat.

      peprangan akhir zaman sudah di takdirkan bahwa semua anjing2 islam akan menyerang israel dari utara, barat, timur selatan dan dari segala penjuru arah namun ITU TIDAK AKAN MENANG DAN TIDAK AKAN MAMPU MEMUSNAHKAN ISRAEL,, pelajari dulu sejarah yg benar peprangan thn 60an bagaimana gobloknya negara2 anjing2 islam maen kroyok ma israel n lihat endingnya HANCUR TOTAL tuh negara2 anjing2 islam apalagi mesir,,,ckckckckckck perang 1973 di coba lagi dilakukan oleh anjing2 negara islam dengan cara CURANG/menghyanati perjanjian damai, dan lihat tetap saja anjing2 negara islam K.O dan israel tetap eksis ckckckckckckck

      impian umat anjing2 islam utk memberangus israel hanya angan2 tukang becak yg dijanjikan babi muhammad ckckckckkkck

      • sudomo said,

        kauyang ngomong ajing islam itu kau tai nya ajing ,,,asal kau tau y?dengar baik2,islam tidak akan pernah kalah sampai kapan pun………mengerti kau tai ajing?

      • mbah said,

        ne orang sekolah kaga y ?????
        kaga pernah diajarin bahasa yng baik y,,,,
        pa sekolahnya di hutan y ?????
        jadi taunya bahasa hewan,,,,,,
        seperti anjing dan kotorannya,,,,,,

      • hendi6353X said,

        Hei kamu yg ngomong anjing2 islam maka sesungguhnya kepala kamu yg akan menjadi busuk sepanjang jaman sampai di neraka pun kamu akan menjadi kepala busuk mudahan2an sebentar lagi diduniapun kamu bakal menmgalaminya insya اللّهِ …………..

      • andisaman said,

        Yang ANJING nd BABI nd KUTU BUSUK adalah kau sendiri dan kaum kamu, Coba kau guna otak untuk berfikir yang waras kenapa semua yang kotor2 dan menjijik kan kalian makan ( BABI, ANJING,ULAR,KUCING ) apakah kau tidak tau makanan yg kalian makan tsb membuat otak dan hati kau dan agama kaum mu jadi kotor seperti apan yang kau makan, HA.ha.ha.ha. KAFIR

      • Abron said,

        caci maki lah agama kami,, serta para pahlawan kami.. hri pembalasan itu ada teman :). sebenarnya peperangan tidak bisa di hindari dengan melihat catatan sejarah yang ada. di dunia ini dimana ada cahaya pasti ada bayangan, keinginan untuk melahirkan kedamaian akan menimbulkan kebencian dari perang yang di timbulkan oleh kedua belah pihak. Ini adalah perang demi mendapatkan keadilan dari kedua belah pihak yang memiliki pandangan yang berbeda. kami demi keadilan kaum muslim kami dan kalian demi keadilan kaum yahudi kalian.

      • rudi said,

        sesunguhnya Allah maha pengasih lagi penyayang semoga anda mendapat hidayah untuk saudara bertobat dan memohon ampunanya atau azabnya segera menimpa anda bila Allah berkehendat sejuta orang seperti anda di tambah guru atau algojo anda sejuta lagi yakinlah tidak akan dapat menghalangi kehendak Allah segeralah bertobat Allah maha pengasih lagi maha penyayang

      • jihad said,

        klo mau ngomong di pikir dulu dgn jernih jgn asal jeplak aja bacot lu!!!,otak lu udah rusak,sekolah di bawah pohon mangga lu ya,lu hidup di indonesi aja belagu,klo lu udah bosen hidup mati aja lu slankangan,dari nama aja udah ketahuan klo di otak lu isinya tai!!!

      • jihad said,

        heh!!! lu hidup di indonesia aja belagu lu ngomongin agama orang seenaknya aja,manusia koq dianggap tuhan otak taruh di pantat ya,pantesan klo ngomong begitu bahasanya, di dalam otak lu itu isinya tai!!! sekolah di bawah pohon mangga,bapak lu germo,dan ibu lu pasti lonte,kakek lu homo sama kayak lu

      • mamat said,

        sungguh hina kaum yg tk punya tanah dan negara yahudi namanya setelah ribuan taun merampat merepek d negara orang, dg menunggangi imperialisme barat mereka merebut tanah orang palestin membunuh mengusir tuan tanah sungguh biadap mereka, ketahuilah dajjal yg bermata satu yg tau kebenaran tp ingkar lakukan sepuasmu tp ingat janji tuhanku tuhan kt semua saat penghapusan kaummu sudah dekat

      • axllaroz said,

        BUAT banua ginjang,,tolong kasih identitas dan alamatmu yg lengkap ya ?itu klu km jantan.

      • Demes Salis Rochmad Illahi said,

        ketika aku dilahirkan Islam, maka akupun akan mati sebagai Islam…..sebagaimana aku hidup sebagai orang Islam maka sebatas kemampuan yang aku punya akan tetap membela Islam…..saya yakin tidak akan ada yang mampu mengalahkan Islam yang dibuktikan semakin banyaknya yang mengakui kebenaran ajaran Islam, Israel akan hancur pada akhirnya, seperti awal berdirinya negara yang sebelumnya tidak ada….

      • Yasmen Ropi said,

        banua nih anak anjing ngomong anjing apa gak ada bahasa yg lebih sopan??? silahkan kau bela israel bangsa monyet tu sekalian aja kau kesana saat perang itu terjadi biar tau kau seperti apa rasanya jadi anjing yg mati dijalanan!!!!!

      • Tonidave said,

        Dr bhsa qt bs tau kualits seseorang…trbuktilh kata Alquran… Ssungguhnya kbencian mereka(yahudi…nsrani) sngtlh bsar thdp klian..hgga klian mngikuti mreka.

      • jakwir said,

        pak rak bullllllll

      • muhammad Luqman said,

        israel akan hancur

      • muhammad Luqman said,

        km bajingan seperti asu

      • fendi said,

        Nope : 082283018878
        Domisli pdang..,
        Gw muslim..
        Dan mati yg gw impikan sbgai muslim yg syahid..
        Dan lo tong…,kl mw debat dengan fkta kami muslim akan layani dengan fakta..,
        Kl lo mw debat dengan kta2 kami muslim akan layani dngn kta2..,
        Dan kl lo ingin debat dengan hinaan dan caci maki.., gw gk bsa jdi banci kyk lo..,
        Lebih baik lo ksh identitas lo dan kta ktemu..,
        Kpla lo yg di buang ke selokan atw kpla gw..,
        Di tunggu…!!!!!

      • Bang Ijit said,

        begini aja…loe benua orang mana sih? kita duel aja yuk !!

      • koler fabregas* said,

        Jangan banyak bacot lo . Sekiranya lo yahudi ayoo perang sama gue . Gue palestina . jangan cuma bisa omong doang. Dasar sampah akhirat

      • regar said,

        agama mu yang kayak anjing,,emg agama bodoh???

      • regar said,

        gw muslim…tolong jaga bicara mu anjing???agama yang benar adalah agama islam,bukan spt agama itu bodat..

      • Erwin said,

        Kau itu bangsa yahudi yg paling menjijikkan dimuka ini. Kau sama sprti babi makananmu! Kedua orang tuamu adlh keturunan babi dan kau anaknya babi!!! Hahahahahahaha….

  7. robert hermawan said,

    klopun israel menang itu hanya sementara sesungguhnya YAHUDI LAKNAT takut dengan tentara ISLAM dia berani klo AMRIK KAFIR mndukung semoga AMERIKA ISRAEL dpt balasan yg lebih kejam dari ALLAH SWT AMIN

    • Demes Salis Rochmad Illahi said,

      Amiiin….Insya Alloh

  8. guruh geofani said,

    Ingin sekali aku pergi berjihad tapi tidak tahu bagaimana caranya?

    • firman said,

      jihadlah di negeri indonesia ini…. begitu banyak “yahudi” yang berkeliaran disini.

    • ganzaq said,

      apakah anda sudah pernah mencoba PJTKI ( penyalur jasa tenaga kerja indonesia ) untu ke sana ???manusia indonesia sudah sangat banyak…lapangan kerja sedikit, namun pencari kerja banyak…smoga banyak orang yang berkeinginan seperti anda untuk pergi berjihad (minimal 1 juta orang lah )agar jumlah penduduk indonesia sedikit berkurang..oh iya, kalo dah disana jangn lupa infonya tentang perkembangan disana..sekalian upload fotonya ya….

  9. Ogyitirtacuy said,

    Knapa israel slalu cri gara2 apa sih yg didapat dari perang

  10. Sofyan said,

    Semoga israel sgr hancur n Iran jd super power

  11. Popokuba said,

    Mudah mudahan apa yang kita ingin kan israel itu benar2 di kutuk sama allah

  12. yuday said,

    JIKA SAYA BSA JADI WARGA NEGARA IRAN YANG SAYA UCAPKAN PERTAMA KALI INGIN JADI RUDAL YANG HAUS DARAH DARI TUBUH BENYAMIN NETANYAHO MUKA ANJING ITU

  13. alvin syahri said,

    Allahu akbar….
    kaum yahudi dan nasrani tetap akan memusuhi umat islam.
    mereka adalah musuh yang nyata bagi kita.

    • joelee said,

      kenapa pd kd perang agama sih??
      pada kenyataan nya umat palestina dan israel adalah sesama saudara karena para nabi asal nya dari tanah kanaan yg sekarang nama nya palestina..
      tolong baca sejarah nya terlebih dahulu!
      jangan nambah”in dosa kalian sendiri..

      • joelee said,

        ralat: kenapa pada jadi perang agama?

        tambahan: konflik gaza itu perebutan wilayah bukan agama!

  14. fernando sonojoyo said,

    runtuhnya israel adalah kemenangan seluruh umat manusia yang ingin hidup bebas

  15. eldy said,

    Israel adalah Negara pecundang yang hanya mampu berlindung di bawah ketiak negara adkuasa USA, sebetulnya kemampuannya dan semangat juang pasukan nya bukanlah tandingan negara Iran dalam konfontasi meliter.

  16. jaka said,

    bersatulah wahai umat islam dalam alquran dijelaskan bahwa sesaama muslim adalah bersaudara………….hancurkan orang yang sngat membenci islam …………..freedom for palestin………israel harus dihancurkan karena dia adalah pembunuh biadab terhadap para nabi Allah.

  17. fellah said,

    emang amrik pusat otak IBLIS israel hati IBLISS akan makan darh manusia yg tak tunduk pd meraka huh ,ALLOHUAKBAR dgn men

  18. nicolas said,

    setahu saya…sebelum ada islam neh, yahudi atau nasrani hidup damai-damai aja, paling diuber sama orang2 kafir penyembah berhala…..nah setelah ada islam……yahudi dan nasrani diuber2 sama islam…kenapa….??? jelas wong di kuran disuruh gitu….aneh…..yahudi dan nasrani gak salah….tetep dimata islam salah….lah wong otak udah didoktrin sama kurannya….payah…parah….

    • mr x said,

      “Panah-panah-Ku akan dilumuri darah mereka; semua yang menentang Aku Kubunuh dengan pedang-Ku. Tidak Kubiarkan siapa pun melawan Aku; orang tahanan dan yang luka-luka mesti mati juga.” (Deuteronomy atau Ulangan 32:42)

      “Apabila Tuhan, Allahmu, telah membawa engkau ke dalam negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, dan Ia telah menghalau banyak bangsa dari depanmu, yakni orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, tujuh bangsa, yang lebih banyak dan lebih kuat dari padamu, dan Tuhan, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka.” (Deuteronomy atau Ulangan 7:1-2)

    • surya said,

      eh..dodol, yang menjajah palestina yahudi. yang gila perang yahudi.
      yang nyerang irak, afganistan itu nasrani ma yahudi. ya itulah orang2 seperti anda yang membolak balikan fakta. jangan asal negbacot aja ya

    • Udin Komarudin said,

      pala lo damai damai aje… tuhan loe aje di gebukin sama yahudi… loe bilang damai-damai aje…

    • axllaroz said,

      nicolas@sok tau lo,,apa km udh lahir pd jaman itu ?paling2 umurmu baru 10 thn,,lo pantesnya minta uang ma mamak lo buat beli permen.

    • koler fabregas* said,

      @Nicolas itulah sudah ditetapkan dlam nas alquran . Zaman nabi dulu orang yahudi ingin menjatuhkan kaum muslimin . Tpi apa kaum yahudi lenyap ditangan kaum muslimin . Sbenarnaya lo itu pintar tpi perlu blajar yg lbih mndalam lagi . Oke

    • joelee said,

      Anda salah besar!
      jelas” orang yahudi menghina nabi Isa (Yesus) dan memfitnah dengan keji Dia..

      inti nya baca terlebih dahulu sejarah nya dan pahami dg seksama..
      mereka adalah SATU NENEK MOYANG, keturunan nabi yakub..
      ini masalah perebutan wilayah, jangan di rembetkan dg persoalan agama..
      hanya nambah”in dosa kalian aja!

  19. nicolas said,

    yahudi gak bodoh, kalo dia lemah….muslim yg akan menjajah mereka… liat aja koment-koment di atas…… yahudi hanya sebuah bangsa yang ingin bertahan hidup….

    • maulana said,

      kwkwkwkw
      yg bodoh itu kmu….
      sesama manusia kok d sembah dan di puja puja…
      sadar sob….
      gua tnya sama kmu ni….?
      manusia, jin setan ada ngak yg bisa mencipta kan matahari ato pun galaxi…. nah kayak kamu la…
      jadi berfikir la pake hati lemahmu sob.
      yg mana agama yg nyata,,,…
      ini kata kata buat kmu….
      angin tidak bisa kita lihat hanya bisa kita rasakan.
      itu membuktikan bhwa tuhan tidak bisa di lihat.
      tetapi hanya dirasakan memakai hti lemah kita,,…
      islam lah agama kita dan petunjuk hidup kta…
      trbukti islam itu nyata sob

    • Demes Salis Rochmad Illahi said,

      Yahudi tidak bisa hidup tenang, selagi masih ada suara Adzan Subuh, Yahudi tidak akan bisa tenang selagi umat Islam masih tetap jaya, dan Yahudi akan terus mengalami phobia, yang akhirnya negaranya akan hilang sendiri sebagaimana sebelum negaranya dibentuk…….Insya Alloh……hal itu akan lebih cepat terjadi

  20. Banua Ginjang Siangkangan said,

    fakta menunjukkan hingga detik ini negara2 islam hanya menjadi PENJILAT PANTAT AMRIK-INGGRIS DAN ISRAEL…

    jangan bermimpi untuk menghancurklan israel, sebab hingga DETIK ini sesama negara islam masih menjadi bangsa kanibal yg saling membunuh : HAMAS VS FATAH, SYIAH VS SUNNI, BELUM LAGI TAMBAH ISLAM2 JIL, ALQAEDAH YG MASIH SALING KONTYROVERSI DI SEMUA NEGARA2 ISLAM PRIMITIF DAN MODERN ckckckcckckckck wkskwskwskwskwkswkswkswsw

    • maulana said,

      kwkwkwkw
      sesama manusia kok d sembah dan di puja puja…
      jgn slalu brfikir tuhan itu mnusia sob. yg sederajat nya sma sperti kita sob. ea seperti tuhan kmu
      sadar sob….
      gua tnya sama kmu ni….?
      manusia, jin setan ada ngak yg bisa mencipta kan matahari ato pun galaxi…. nah kayak kamu la…
      jadi berfikir la pake hati lemahmu sob.
      yg mana agama yg nyata,,,…
      ini kata kata buat kmu….
      angin tidak bisa kita lihat hanya bisa kita rasakan.
      itu membuktikan bhwa tuhan tidak bisa di lihat.
      tetapi hanya dirasakan memakai hti lemah kita,,…
      islam lah agama kita dan petunjuk hidup kta…
      trbukti islam itu nyata sob

    • Demes Salis Rochmad Illahi said,

      Ya karena itu sudah dituliskan dalam kitab suci, ya karena memang Islam sendiri terbagi dalam beberapa golongan yang memang sudah dituliskan dalam nash Al Quran al Karim……tapi sebagaimana dia hadir sebagai negara di tanah Palestine, maka dia juga akan lenyap di tanah palestine……Yahudi selalu mengalami phobia, merasa dikejar-kejar ketakutan yang akhirnya dihancurkan oleh ketakutannya…..Insya Alloh

    • jihad said,

      utk banua ginjang siangkangan (alias selankangan)fakta dari mana lu jgn asal ngebacot aj lu punya mulut,yg jadi penjilat pantat amrik,inggris dan israel yg pengin nguasai minyak di timur tengah,lu mending hidup disono aja jgn di indonesia,paling jg jadi gembel atau jadi homo,manusia kaga tahu diri

    • joelee said,

      Hey kau Ginjang ganjing..
      jelas” orang yahudi menghina nabi Isa (Yesus) dan memfitnah Dia dengan keji..

      inti nya baca terlebih dahulu sejarah nya dan pahami dg seksama..
      mereka adalah SATU NENEK MOYANG, keturunan nabi yakub..
      ini masalah perebutan wilayah, jangan di rembetkan dg persoalan agama..
      hanya nambah”in dosa kalian aja!

  21. tidar said,

    YESUS SAJA SAMA YAHUDI DI KEJAR2 MAU DIBUNUH. YOHANES PEMBAPTIS YG OLEH AGAMA ISLAM NAMANYA NABI YAHYA DIBUNUH OLEH YAHUDI DIPOTONG LEHERNYA. NABI YAHYA PUTRA NABI ZAKARIA. NABI ZAKARIA DAN BUNDA MARIA BERSAUDARA.JADI NABI ISA DAN NABI YAHYA SEPUPU USIA BEDA 6 BULAN LEBIH TUA NABI YAHYA. NABI YAHYA DILAHIRKAN IBUNYA SUDAH USIA DIATAS 90 TH.NABI ISA DILAHIRKAN TANPA BAPAK(MIJIZAT ALLAH).

  22. zionis indonesia said,

    israel bukan semata mata negara yang mau berdiam tapi mereka hanya mereka juga mengajarkan hidup yang baik bagi orang orang munfik. saya sangat mendukung jika embargo yang di jatuhkan bagi iran adalah hal yang pas,masih beruntung mereka itu belum di ratakan sama tanah oleh israel karena mereka bayak dosa,munafik.Kita akan melihat apa yang terjadi pada bulan agustus -september karena mereka akan mendapatkan ganjaran yang harus mereka tanggung sendiri dan mereka akan sucikan dengan pemusnahan orang orang kafir di negara itu. menurut intelijen zionis yg ada di sumut maka secepatnya iran akan hancur.trimakasih.

    • andim said,

      Di ahir zaman Israen akan hancur total,umat Islam akan dimenangkan Oleh Alloh,orang Israel yg bersembunyi di balik batu dan pohon akan memberitahu,disini ada orang Israel bunuhlah.Kecuali pohon Qorkot pohon Israel yg melindungi itupun jumlahnya sedikit….Kita lihat aja nantinya,walaupun Israel mengklaim menang,tp tdk menang mutlak Ingat Hamas dan sekutunya tdk takut mati karena Syahid mati Di jalan Alloh yang diharapkan,berbeda dengan Israel dan sekutunya takut mati karena Cinta dunia…Buktinya untuk hadapi Afganisthan AS ngajak sekutu untuk ngroyok.Sekarang Israel dan As Frustasi teryata Islam tdk bisa dikalahkan,karena Ideologi Islam sangat kuat,Hidup mulia atau mati syahid.Buktinya lg AS berangsur angsur menarik pasukan dari Iraq,Afganistas,dll.Demi menutupi kekalahanya,,,Cba saudara lihat di http://www.arrahmah.com.saat ini Islam memang kalah dari perang media,jd seakan akan AS yang menang di pemberitaan.

      • andim said,

        Mana katanya mau hancur Iran ini sdh ahir september…itu perkiraan Inteljen yg amat terbatas.Islam kan dilindungi oleh Alloh sampai ahir zaman.

      • DJAFAR HAMMED B2 said,

        ALLOH KITA PERANG, PERNAH MENIKAH TAPI KITA TIDAK MENGENAL SEPERI APA MUHAMMAD..BINGUNG

    • imam. milano said,

      kata siapa batak hehehehe lo sepeong gw

  23. sukman muh.angka said,

    bagi israel-amerika dan sekutux….di hadapan allah kamu hanya kekuatan kecil yg tidak ada artix,seandainya allah menginginkan kamu hancur dalam sekejap maka hancurlah…cuma semua sdh di takdirkan,ada waktux akan datang kehancuran bagi israel dan amerika!!!amin

  24. sukman muh.angka said,

    bagi yg meyakini bahwa masih ada tuhan selain allah…semoga tuhanmu bisa menyelamatkan kamu di hari akhir kelak…atau yg paling dekat pada saat kamu udah mati!!!!!

  25. dan said,

    Ya memang dari sononya org2 yahudi selalu berkhianat. Sampe skg melalui zionis mengangkangi ham dan kemanusiaan. Dan herannya beraninya sembunyi di ketiak amerika yg semakin lemah. Sudahlah pada akhirnya engkau akan kalah. Berapa banyak lagi medan perang yg engkau buka tidak secuilpun kaum muslimin gentar. Bahkan semakin kuat. Fakta membuktikan keunggulan senjata bukanlah penentu kemenangan. Tetapi semangat girah menegakkan Kalimatulah yg tiada hentilah akan menenggelamkan kebiadapanmu

  26. mr.boom sumut said,

    ALLOHU AHAD . . .

  27. rudy said,

    israel jancoook

  28. Pantekawe said,

    Yg tdak mengetahui mengapa islam memisuhi yahudi, lebih baik diam saja…jangan sok2 protes..bkan islam saja yg geram dengan kaum yahudi…sedangkan adolf hitler saja yg non muslim membantai massal orng yahudi..dan meninggalkan beberapa ,,,dengan berkata..biar orng2 tau,,kenapa dan apa alasan saya membantai yahudi2 itu… Hehehe

  29. marthen said,

    Amerika sebagai “sapi perah” dan “rakyat amerika dijadikan robrot2 perang” diproduksi terus oleh yahudi2 Amerika yg bertujuan menjalankan program pemusnahan umat Islam diseluruh muka bumi, dari Bosnia sampai Afganistan, agar tdk ada bangsa Muslim tdk bisa bersatu menghimpun kekuatan. Kemudian tercapailah cita2 yahudi untuk merampas tanah seluas itu untuk tempat berteduhnya. Dimana2 hidupnya hanya sebagai perusak bumi. itu sampai kiamat pun trs akan berlanjut !

  30. SAID said,

    ISAREL Pasti menang kerena umat pilihan TUHAN

    • maulana said,

      kwkwkwkw
      sesama manusia kok d sembah dan di puja puja…
      jgn slalu brfikir tuhan itu mnusia sob. yg sederajat nya sma sperti kita sob. ea seperti tuhan kmu
      sadar sob….
      gua tnya sama kmu ni….?
      manusia, jin setan ada ngak yg bisa mencipta kan matahari ato pun galaxi…. nah kayak kamu la…
      jadi berfikir la pake hati lemahmu sob.
      yg mana agama yg nyata,,,…
      ini kata kata buat kmu….
      angin tidak bisa kita lihat hanya bisa kita rasakan.
      itu membuktikan bhwa tuhan tidak bisa di lihat.
      tetapi hanya dirasakan memakai hti lemah kita,,…
      islam lah agama kita dan petunjuk hidup kta…
      trbukti islam itu nyata sob

    • Udin Komarudin said,

      tapi sayang yee tuhannye disiksa sama yahudi…

    • axllaroz said,

      said@mata lo sowekkk

    • Om Enyoy said,

      ?????? Yg bner..ISRAEL tu budaknya iblis, syetan

    • =bala said,

      saya setuju dengan pendapat anda, kota israel lah kota yang dijanjikan Tuhan yesus.

    • joelee said,

      maka nya kalo baca Alkitab jangan setengah setengah.. akhiran jd begitu kan! jd gag beres!

  31. anak amak said,

    ILOVE muslim

  32. Joni said,

    Islam akan menang krn agama ini adalah benar

  33. Amir Musa said,

    @SAID: Kata siapa ISRAEL pilihan Tuhan, orang ISRAEL sekarang bukan Yahudi pilihan Tuhan, mereka tidak ada darah keturunan Nabi Yakub AS sama sekali, mereka bangsa KAZAR (dulunya tinggal di wilayah Georgia, Russia) yg memeluk Agama Yahudi, mereka bangsa keturunan rasa Turki-Mongol, jangan bangga dengan israel, keturunan Israel yg asli malah menjadi Muslim, diantaranya bangsa Pakistan,Afghanistan, mereka termasuk suku-suku Israel yg hilang….

    • salahudin al ayyubi said,

      allahhu akbar,.memang semenjak dahulu agama Nasrani dan yahudi telah dsusupi pengikut-pengikut iblis,. Ayo semua umat islam. Bahu membahu bersatu berjihat melawan mereka,.pengikut Nasrani dan yahudi hanyalah manusia-manusia pengecut, penjilat, pendusta, laaillahaillallah. . Tebas leher para pendusta itu. .

  34. ajie chomar said,

    Al.isra…adlh bukti nyata khncuran bani sirael..
    jd tunggu sjja…
    dciptakn bumi tdk lain utk mnymbah yg mnciptaknnya…yg g brarti kafirr..dn hrs dimusnahkn…PAHAM…!!

  35. ajie chomar said,

    Al.israa udh jd pdoman knyataan..
    tgu sjja wahaii kaum zionisss..

  36. robertus taianus said,

    Israel adalah bangsa pengecut, dengan Hizbulloh saja keok padahal didukung oleh syetan AS

  37. EDY HARYONO said,

    israel manusia babi,nggak peduli ,anjing suka yang jorok tukang nggondhol tulang2,kethek,monyet kera ,simpanse selalu usil suka cari gara2. demikian sdr2 berita dari Alloh robbal alamin di al Qur an .hanya binatang yg gak tahu al qur an.

  38. EDY HARYONO said,

    israel akan segera dilenyapkan dari muka bumi oleh iran,sama hizbulloh saja terbirit pecirit apalagi dengan iran,lari ke beol -beol mendhol2

  39. EDY HARYONO said,

    israel bangsa pilihan Tuhan ?? enak aja lu bileng, bangsa sombong congkak biadab dan tak bertuhan itu iya!!!.dulu nabi Musa as. dengan kitab Taurat ngajak mereka berTuhan Alloh.sekarang kitab mereka Tamud, mana ada kitab Alloh yg bernama Talmud yg diuntaLL sama diemuDD.manucia pilihan Iblis itulah israel yahudi..

  40. EDY HARYONO said,

    tahukah apa Talmud itu??? kitab yg dibikin oleh para babi, anjing, kethek yahudi iblis.

  41. rudysitanggang said,

    TIDAK ADA ISI ALKITAB UMAT KRISTEN YANG MENYATAKAN BHWA AGAMA ISLAM AKAN MENANG DALAM SETIAP PEPERANGAN, SMUA ITU OMONG KOSONG, JGN MAU MENANG SENDIRI,
    DI MANA KAH ANDA LIHAT JIKA NEGARANYA DI SERANG PEMERINATAHNYA DAN WARGA NEGARA NYA AKAN DIAM, G USAH JAUH2 INDONESIA SENDIRI JIKA TAPAL BATAS NEGARA NYA DI GANGGU NEGARA LAIN LANGSUNG MARAH, APA LAGI ISRAEL YG NOTABENE NYA TIDAK PRNAH MNGGANGU PALESTINA
    DALAM SEJARAH DUNIA TANAH PALESTINA ITU TIDAK PERNAH ADA dalam peta dunia, krna kerajan ISRAEL YG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA TRMASUK WILAYAH PALESTINA
    JADI JGN KATAKAN MORAL TENTARA DAN WARGA ISRAEL ITU SUDAH TURUN,KLAU SEPERTI PIKIRAN ANDA MAKA SEBENARNYA ANDA SENDIRI YANG TOLOL,
    TAHU G PERANG 6 HARI ISRAEL DI KEROYOK OLEH 5 NEGARA SEKALIGUS, APA YG TERJADI KE 5 NEGARA TERSEBUT KALAH TELAK
    JADI JANGAN SOK TAHU DAN SOK PINTAR
    ISRAEL ADALAH NEGARA YANG PALING PINTAR DI SELURUH DUNIA,
    HAL YG KITA LAKUKAN SEKARANG ADALAH BAGAIMANA MENDAMAIKAN MEREKA, YG DALAM SEJARAH ISRAEL DAN PALESTINA MERUPAKAN SAUDARA SEDARAH

    • Om Enyoy said,

      Mas-mas kita buktikan ja, siapa yg mnang???? pengikut iblis/ umat islam. Sya yakin Islam pasti menang !! wat org2 YAHUDI, smoga diberikan hidayah Aamiin

  42. rudysitanggang said,

    jika anda mngatakan israel keok atau takut dengan esbolahh, maka anda salah total, dimanakah letak menang nya isbolahhh melawan israel, maka nya klau ingin mengetahui berita jgn dari mulut ke mulut, tpi dari BERITA LUAR NEGERI, TIDAK PERNAH ISRAEL ITU KALAH DARI ISBOLAHHH, MALAH SEBALIK NYA ISBULLAH YANG KALAH DARI ISRAELL
    KEBANYAKAN PEMBERITAAN YANG ADA DI INDONESIA INI ADALAH MEMUTAR BALIKKAN FAKTA YG NYATA
    KASIHANNNN BUAT KAMU YAG SUDAH DITIPU DAN DIBODOHHIN, MAKA KAMU SMUA HARUS PAKAI OTAK
    KASIHANN

    • maulana said,

      kwkwkwkw
      sesama manusia kok d sembah dan di puja puja…
      jgn slalu brfikir tuhan itu mnusia sob. yg sederajat nya sma sperti kita sob. ea seperti tuhan kmu
      sadar sob….
      gua tnya sama kmu ni….?
      manusia, jin setan ada ngak yg bisa mencipta kan matahari ato pun galaxi…. nah kayak kamu la…
      jadi berfikir la pake hati lemahmu sob.
      yg mana agama yg nyata,,,…
      ini kata kata buat kmu….
      angin tidak bisa kita lihat hanya bisa kita rasakan.
      itu membuktikan bhwa tuhan tidak bisa di lihat.
      tetapi hanya dirasakan memakai hti lemah kita,,…
      islam lah agama kita dan petunjuk hidup kta…
      trbukti islam itu nyata sob

    • imam. milano said,

      sdh gaya lo tu kampungan sama kaya agama lo pake taktik yg pintar buat hancurin islam di indonesia siapa si donatur gerja lo hehehehe lo gak cukup lo cekokin umat islam dng uang gereja lo lo ajak mrk masuk lo cari umat islam yg miskin dan bodoh lo imingin mrk dng sembako dan gaji hehehehehe lo tu bodoh uang lo hilang agama lo di hancurin hehehehe

    • koler fabregas* said,

      @rudysitanggang hahaha mata lo peang gue yg kerja di TKI fham seluk beluknya . Jangan asal ngasih komen yg gak jelas . Sok2 an benar . Yg perlu anda ingat iran dan mesir tidak diam saja dgn konfilk ini . Prlu diingat itu . Sayang kata2 anda terbuang sia2 . Trims

  43. Richard said,

    Siapa kekuatan yang mampu menghancurkan Israel?
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan: “Akan muncul dari Khurasan (Afghanistan) bendera-bendera hitam, maka tidak ada seorang pun yang mampu mencegahnya, sehingga bendera-bendera itu ditancapkan di Eliya (al-Quds)“. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Nu’aim bin Hammad).

    Kehancuran Israel berarti kiamat telah dekat, sehingga banyak orang mempertahankan eksistensi Negara Israel tersebut, namun janji Allah dan Rasul-Nya pasti akan terlaksana:

    “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin memerangi bangsa Yahudi, sampai-sampai orang Yahudi berlindung di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon tadi akan berbicara; Wahai orang Islam, hai hamba Allah! di belakangku ada orang-orang Yahudi, kemarilah, bunuhlah dia, kecuali pohon Ghorqod, sebab ia itu sungguh pohonnya Yahudi”. (HR. Ahmad)

    “Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka batu itu berkata, “Wahai hamba Allah, inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (2767), dan Muslim dalam Shahih-nya (2922)].

    • zion said,

      israel jaya terus….bangsa pilihan Tuhan

  44. meli said,

    wah.. wah.. masalah timur tengah itu ga ada hubx sama agama wooooyyy… bodo amat sih? research dong jangan asal komen kaya org ga beradab n punya otak aja… ada yg namanya “higher conspiracy” yang nnti akan terlihat n terasa eksesnya bahkan sampe mpengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk perekonomian dunia termasuk negara qta tercinta INDONESIA… so, ga usah hujat2an, ngutuk2 ga jelas sasarannya.. nambah dosa aja (klo lo masih peduli ttg mslh ini sih).. yang pasti “it’s far beyond what you thought it was”.. so be wise dong smuanya.. we still have MERAH PUTIH to defend..

  45. Alvin Cubby said,

    JANGAN CUMA DEMO ,MEMBOIKOT DAN LAIN..TP HARUS TURUN UNTUK IKUT BERPERANG MELAWAN KAFIR ISRAEL…DAN AMRIK…..AMERIKA HANCUR ISRAEL HANCUR….TAK ADA LAGI YG MEYATAKAN PERANG

  46. roby said,

    Buat kau 4WD datang keMEDAN ku BELAH KEPALA KAU..

  47. The world nomer one teroris said,

    “Saya bisa saja musnahkan semua yahudi di Dunia ini, tapi saya sisakan sedikit yang hidup, agar Nantinya kalian Mengetahui, kenapa aku membunuhnya” ( Adolf Hitler )

    knpa hitler ingin mmusnahkan yahudi padahal dia jga yahudi, karna sdah jelas Yahudi itu ganas, tdk pantas hdup, tdk punya hati…!!

  48. pungky thok said,

    kenapa allah menciptakan kita berbeda2,karena allah mengajarkan untuk toleransi terhadap sesama manusia..
    aku sangat tidak setuju kalau tuhanku dan agamaku di di hina,kalian semua tidak akan pernah tau agama siapa yang benar,karna kalian menilai berdasarkan sejarah..
    yang tau hanya allah SWT..
    tetapi kalau kalian memang bisa baca dan mengerti AL-QUR’AN,taurot atau injil sekalipun,pasti akan menyebutkan nama ALLAH…

    kalian para yahudi benar,tetapi islam pun lebih benar jika kalau kalian tidak menutup mata ke benaran islam..
    tidak ada agama yang mengajarkan saling membunuh tetepi hanya kalian2 ini yang membuat agama menjadi salah,cobalah kalian belajar mengaji kalo islam,dan yahudi di gereja untuk mendalami agama kalian masing2..
    toleran itu indah jika kalian mau..

    dan untuk saudara2ku muslim,tidak ush di tanggapi komentar orang2 bodoh itu,karna mereka tidak mengerti islam yg sebenarny…

    Dari pada saling mencaci kita bersatu…jangan lupakan BHINEKA TUNGGAL IKA..

    • pstruct said,

      saudara pungky yang baik,kita bebas memeluk agama apapun dan itu hak azasi manusia.sebagian besar agama mengikuti aturan emas,tapi ada sebagian orang membunuh sesamanya dengan alasan kebenaran agama yang dianut,dan itu bukan toleransi.mungkin anda mengatakan mereka yang meledakkan diri asal orang lain terbunuh dengan alasan agama adalah sebagian kecil orang fanatik yang ada disemua agama.saya katakan kepada anda itu tidak ada disemua agama.segala hal tindakan manusia pasti ada motifnya.berangkat dari sinilah kita menilai agama tersebut toleransi atau tidak(tidak mengatakan sendiri toleransi tapi kenyataannya berbeda).saya anjurkan baca sendiri kitab anda(saya juga)jangan melalui kyai atau pendeta.mari kita gunakan kedewasaan dan pemikiran manusia kita sebab itu yang kita punya.

  49. hendra said,

    Buat banua ginjang siangkangan, agamamu gk akan pernah mengajarkan kebaikan, dan rasa takutmu yg buat kamu ngeluarin kata2 kotor, dan memang otak mu, makananmu, semua dari barang kotor, agamamu lingkungan hidupmu sehari2 kumpul sama babi, anjing dan kotorannya. Lo sebenernya takut..hadapi w..pala lo w penggal.

  50. Riyan Januardi said,

    Kemaren ajja patung tuhan loe gw kencingin kaga marah dia….
    trus gw tanya ” woi tuhan bego loe kaga marah kepala loe gw kencingin?”.
    eh malah diam… tuhan macam apa ini. yang seperti itu pantas d sembah… ckckckck

    • mahlil said,

      hahaha…..mantap2….. :D
      emg bodoh tu tuhan yahudi,…. besok ku mau juga lah e’ek dimuka dia.,…..

    • CRUSADER said,

      Smlem aja tulisan arab alloh lhu gua kentutin, ga masalah jg kaleee no problemo. Dasar agama arab

  51. peace boy said,

    peace bro, sis

  52. Aisyah said,

    for all zionis simpatism;
    well, i gonna explain that moslem will be the winner in the end of the war. god (ALLAH) has everything that ALLAh wanted. since a hundred ago, jewish is cursed as landless by god….. now, it is one of the evidence of the Al- Qur’an’s explanation…

    then, just waiting for the second evidence if
    moslem become the winner in the end of the war, god is not given moslem as worldy, richly, or other like jewish.but they are given spritually mental for believing and faith to God (ALLaH) only..

    we will see, then…….

    thank you,

    This is one of the great discussion, i think…..

    • CRUSADER said,

      Oooyeahhh… Prove it moron, prove or you and the entire of your freak religion will extinc with our superior power.

  53. dika1k3.blogspotcom said,

    Aku bannga agama aq bukan agama yang membantai ratusan orang di poso ambon!!!

    Aku bangga bukan agamaku yang membantai palestina!!

    aku bangga agama ku tidak takut mati!!!!!!

    allahu akbar!!!!!!

    jikalau aku terlahir sebagai orang yahudi!!!,aku akan pergi dari negara yahudi dan aku akan mencari agama yang benar !!! Yaitu islam dan bukan patung yang dijemur !!!!!

    semoga palestina menang !! Amin
    allahu akbar!! Save palestina !!!!

  54. Demes Salis Rochmad Illahi said,

    Allohu Akbar….Allohu Akbar….Allohu Akbar…..Islam pasti jaya, Israel akan hilang, dan hegemoni Amerika akan berakhir……

    • hudy said,

      Gw curhat ya : Kemarin gw baru berakin patung yessus, ugh gede bgt tai gw,mantab.. Terus gw kencingin tu patung salib,tp diem aja tu tuhan buat orang2 kafir..tuhan lu aj gak bisa bela diri nya sendiri,apalagi buat bela kaum nya.. Yg begini ko d sembah (yesus)., mending lu pd nyembah bungkus rokok aj,,enak bisa udud,biar sekalian ktauan kesesatan umat nasrani, mau sesat ko nanggung2.. Skalian total dong sesatnya woy nasrani,yahudi.,apa kaleng minuman kek skalian lu sembah., yahudi&nasrani, kalian kaum yg menjijikan.,

      • CRUSADER said,

        Mau curhat juga tadi gua jg da ludahi plus kencingi kaligrafi mohamat si nabi palsu tu. Jg ga msalah ni gua find2 ja.

      • regar said,

        hai anjing jaga bicara mu….yahudi dan nasrani itu agama tolol,,

  55. Muhammad Abubakar said,

    Klo saudara.” kita yng ada di timur tengah berasatu g mustahil kita akan dengan mudah menghadapi orang kafir itu .seperti jaman ke kalifahan .UmaR Bin Khattab .semua negara isllam timur tengah bersatu . Dengan Mudah Kalifah Umar Bin Khattab meng hancurkan orang2 murtad dan yahudi.kafir
    SEMOGA ALLAH .SWT. Me lindungi kalian saudara2ku lebih baik mati said dari pada mati haram .seperti ke banyakan orang indonesia

  56. imam. milano said,

    halal darah mereka untuk kita minum karna mereka musuh yg bunuh musuh islam sampai ke akar akar nya jjng sampai tersia bahkan keturunan nya pun

  57. imam. milano said,

    gw tau kekuatan kristiani taktik yg di pergunakan untuk menghancur kan islam heheheheheh. lo bodoh lo anggap islam tdk tau taktik lo. sesungguh nya lo masuk ke perangkap yg akan menjadi akhir buat hidup lo dan agama lo hingga dunia ini berakhir

  58. imam. milano said,

    habisi umat kristiani di indonesia mereka mata mata yahudi

    • hendri said,

      Daripada saling debat, yuk kita lihat anggota/gerakan Freemasonry,. Semua kita adl saudara,
      Yang salah, bukan yahudi, kristen, aplg Islam, yang salah adalah orang2 penyembah setan,. Yaitu Freemasonry trsbt,. Dengan tipu dayanya saudara2 kita telah terpengaruh n tersesat, oleh karna itu gusti Allah SWT mengutus baginda Nabi kita u/ menyampaikan hal ini,. Tuntunan ƴg paling benar adalah Al-Quran, ƴg di turunkan sbg pencerah, dan akan tetap murni hingga akhir zaman,.
      Semua ini adalah tipu daya setan dajjal ƴg terkutuk, perbanyak baca surat al-kahfi setiap jum’at, agar kita terhindar dari fitnah setan dajjal ini,

  59. jakwir said,

    mengapa sekarang israiol dan amriki sedang mengincar iran, karena negara iran sedang kuat militernya meraka takut perangus coyyyyyyy

  60. ATIK said,

    kalau dilihat permasalahan di timur tengah yang ada saat ini adalah tempat manusia yang sedang kebingungan untuk semua golongan dan semua agama. baik itu islam, kristen dan Yahudi. Yahudi jangan dikira tak kalah pusingnya dengan amerika dan negara arab lain dan dan tak kalah pusing kepala adalah para oposisi negara-nbegara dan gerakan perlawanan yang di hampir semua negara timur tengah. TIMUR TENGAH BENAR BENAR TEMPAT YANG COCOK UNTUK MASUK SURGA TAPI JUGA TEMPAT YANG COCOK SEBAGAI JALAN MASUK NERAKA. Isrrael memang sekilas “kuat” kalau dilihat dari fisik militernya. negara kecil ekonomi agak mapan dan tentara kuat. tapi apa iya sekuat itu? israel saat ini sedang kebingungan dengan status suriah. Israel sama seprti amerika yang sedang kebingungan membujuk assad untuk mundur. Hanya jika assad mundur dengan baik-baik maka kepentingan israel dan amerika akan langgeng. Apakah bisa? saat ini tidak mungkin assad mundur dengan legowo. Kalau amerika coba-coba menyerang assad dengan militer dan oposisi berhasil menguasai suriah maka itu alamat israel akan hancur karena itu saatnya militan sunni masuk ke israel dan menyerang israel. Militan sunni yang sekarang bukanlah sunni dijaman perang yon kippur, mereka sekarang lebih cerdik lebih pintar dan lebih sabar. mereka telah banyak belajar dari pengalaman.
    Namun kehancuran israel bisa dihindari kalau yang menguasai suriah benar-benar robot ciptaan amerika. amerika bisa mengontrol penuh penguasa suriah untuk berdamai dengan israel. PERLU KERJA KERAS . UNTUK MEWUJUDKANNYA. sebetulnya lebih aman bagi ISRAEL untuk membiarkan assad seperti sebelum Arab spring, karena kecil kemungkinan assad menyerang israel. Sayangnya, konflik suriah telah pecah dan sepertinya tidak bisa berakhir kecuali dengan kehancuran semua yang terlibat konflik dan semua negara pendukungnya. Seandainya amerika bisa membujuk oposisi untuk berhenti melawan assad (walau hanya sementara) maka permaslahan sementara selesai dan Israel aman (sememntara). SEMUANYA SEPERTINYA SUDAH TERLANJUR. TIDAK ADA YANG BISA MENGHENTIKAN KEHANCURAN. SEMUANYA INGIN MENANG. TAPI YANG DIDAPATKAN JUSTRU ADALAH KEHANCURAN.

  61. Jalalluddin m akbar said,

    Apalh guna kal!an brdbat lb!h baek kal!an blajar mrak!t bom kmud!an musnahkn populasi kr!st!an d sluruh !ndones!a kn ab!s cr!ta

  62. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Def Nasarah atau kaum nazaret
    Kata nasrani hanya sekali disebut dalam alkitab. Istilah itu dipakai oleh orang yang tidak mengenal Tuhan.Kis 24:5 Karena rajinnya menyebarkan ajaran bahwa Yesus itu Tuhan sampaipun diluar orang2 Israel. Pantas disebut pembuat kekacauan dan pembawa penyakit sampar.Kis.24:5Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani Mathius2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”Markus10:47 Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”

    Nasahrani : disebut nasaroh karena berasal dari wilayah nasariti atau nasaret Ajarannya dibawa oleh Nabi Isa AS (Yesus/yehosuah/iohosuah dari nasariti) yang berasal dari kata “Nasaret” yang dinisbatkan pada nama desa kelahirannya. Ajarannya antara lain ; keTauhidan, agama shalom yahudi sebagai rabi(guru), mempelajari torah dan talmud (pegangan agama Yahudi) Yesus dikhitan pada umur 8, , hari ; Yesus (diselamatkan tuhan diangkat kesyurga tidak disalib) meninggal diberi kain kafan (Judas Bin Iskariah/Syarmun yang diserupakan & disalib); tidak minum Khamr, tidak makan darah dan babi ; Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul dan Nabi Allah), misi penyelamatan kaum israel dari penyimpangan ketauhidan, penyembahan berhala dan kcenderungan duniawi, sehingga menganjurkan hidup miskin (kesederhanaan)
    ; Pengikut Yesus (Muridnya) disebut Khawariyyun dan kemudian disebut
    kaum Nazaret (Nashrani) lalu Unitarian (Monotheis seperti Islam) dan
    mereka Banyak dibantai oleh para pengikut Saulus seorang penganut mazab farisi dari tarsus keturunanan yahudi berbapak romawi bekerjasama dgn romawi(lihat kumuniti Qumran). Ajaran iohosuah atau isa dianggap terlalu menyimpang dari ajaran yahudi yang menyukai kebendaan duniawi ( lihat bagaimana isa mengamuk dipasar karena mengkotori baitullah) serta sinkretisme pada berhala atau penyembahan anak sapi dan cenderung lebih mengutamakan rabi (lihat ajaran Misnah dan Gemara dlm Talmud) dan dikemudian hari banyak ajarannya berupa injil yang ditulis oleh para banyak pengikut diaprokitkan dianggap bidah pada jaman konstantin I (lihat Arianus dan nestorius pada masa konstatin I paska konsili nekea abad 3 M) gereja.

    nasrani :Tidak banyak yg paham, bahkan banyak yg mengaku Kristen adalah nasrani , bahwa antara nasrani dan Kristen memiliki makna yg berbeda. Nasrani menunjuk pada ajaran yg dibawa oleh orang yg berasal dari Nasareth yaitu Isa as atau Yesus (Mathius 2:23, 21:11; Markus 10:47).
    PENGIKUTNYA DISEBUT NASHARA/NASHORO (HAWARIYUN) BUKAN KRISTEN seperti yg kita kenal
    siapa kaum NASRANI ituYesus tidaklah memberikan nama kelompok (baik itu Kristen ataupun Nasrani ataupun hawariyun) bagi pengikut-pengikutnya selain menyebut pengikut-pengikutNya sebagai Ekklesia (jemaat / kumpulan/ dianggap salah satu sekte yang ada dialiran yahudi)
    Matius 16:18 :
    Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
    Kago desoi lego hoti su ei Petros, kai epi taute te petraoikodomeso mou ten ekklesian, kai pulai Hadou oukatischusousin autes.ibadah : Isa/jesus/iohosuah/yehosuah beragama shalom yahudi sbg seorang rabi atau guru, dan banyak menolak agama yahudi yang cenderung pada kitab talmud yang memiliki kecenderungan chauvinisme hegemoni keduniawian, dan ingin mengembalikan pada kitab nilai ajaran tourat musa yang besikap ketauhidan serta keilahian, maka misisnya hanya pada suku bangsa israel yang sesat, akibatnya dimusuhi sendiri oleh para pengikut yahudi talmudisme, antara lain ketauhidan pada tuhan yang maha esa, syahadah, melakukan sholat menghadap kiblat ke yerusalim dgn cara sholat yang sama dgn muslim saat ini, puasa 40 hari pada bulan bulan tertentu(yomkipur), haji sebelum pra islam kaum yahudi dan nasrani selalu berziarah ke maqam ibrahim yakni bakkah (mekah)(baca tradisis al hag dalam bahasa aram yg mempunyai konotasi sama dgn al hajj), bersedekah, berhijab bagi wanita, menharamkan babi, anggur, zina, hukum qisas,sunat yang merupakan tradisi milatu ibrahimi (tradisi ajaran Nabi Ibrahim) .(lihat sejarah Gereja Ortodok timur/arianus/nestorius/jejaknya skrg masih ditradisikan olek Kristen syiria Ortodok, gereja Koptik Mesir) seperti terlampir dibawah.

    Definisi kristen
    Kristen pertama kali disebut dalam alkitab untuk menunjuk ke pengikut paulus setelah saulus bertobat dan mengaku ditemui jesus dijalan waktu pergi ke tanah syria dalam mimpinya. dengan mengangap ajaran ini harus disebarkan diluar yahudi namun dengan memodifikasikan yakni menjadikan dulu orang luar yahudi menjadi yahudi tapi menyimpang sangat jauh dari hukum taurat dan ini akan menjadi dasar pijakan nilai –nilai kristen dimasa yang akan datang sehingga mempunyai wajah yang jauh berbeda dari agama samawi. Bisa dikatakan pauluslah yang membidani kristen dan memberikan pijakan nilai yang berbeda dari ajaran iohosuah/isa/jesus.

    Kis 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antakhialah (daerah sekitar Tarsus) murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
    Ternyata Nasrani dan Kristen memiliki makna yg berbeda. Nasrani menunjuk pada ajaran yg dibawa oleh seorang guru rabi yahudi yg berasal dari Nazareth yaitu Isa as atau Yesus (Mathius 2:23, 21:11; Markus 10:47) Sedangkan Kristen adalah keyakinan yg mempercayai Isa as / Yesus adalah Tuhan dan Juru selamat (Mesias). Keyakinan Ini berasal dari ucapan PAULUS di Antiokia, kira-kira tahun 40 M setelah Yesus tiada. Pengikutnya lazim disebut orang Kristen, inilah cikal bakal gereja pauline atau greekoromans, gereja barat, dgn aliran trinitarianisme yang dimasa datang pada abad 3M atau 325 M terlembagakan oleh raja romawi timur Konstantin I melalui berbagai konsili-konsili diantaranya konsili nicea, efesus, roma, konstatinopel dll, dan akan menjadi lawan dari gereja asyria ortodok timur yang masih setia dengan ketauhidan yang bedomisili diyerusalim.

    “Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen”(Kisah Rasul 11:26).orang2 Yahudi menuduh siPaulus itu tokoh pecahan/sekte dari ajaran Yesus yang benar(Nasrani). Karena rajinnya menyebarkan ajaran bahwa Yesus itu Tuhan sampaipun diluar orang2 Israel. Pantas disebut pembuat kekacauan dan pembawa penyakit sampar.Kis.24:5Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani Kis.24:6 Malahan ia mencoba melanggar kekudusan Bait Allah. Oleh karena itu kami menangkap dia dan hendak menghakiminya menurut hukum Taurat kami. Paulus meninggal dengan cara dipenggal kepalanya.
    Itulah akibat politik pecah belah siPaulus terhadap Yahudi dan ajaran Yesus yang benar (Nasrani) dia (siPaulus) pantas dituduh seperti itu.
    Kristen : Didirikan oleh Paulus sang Nabi Palsu (Saint Paul/anticrist berkongsi dengan romawi penganiaya dan perencana penyaliban nabi isa yang) Seorang yang mengaku bermimpi bertemu jesus dijalanan waktu berpergian ke tanah kanaan,
    berayah Romawi dan ibu Yahudi suku benyamin, agama yahudi farisi (mazab paling keras) pada tahun 40 Masehi di Antiokhia yang
    ajarannya antara lain : Khitan tidak perlu (padahal khitan adalah
    bentuk perjanjian bapak 3 agama langit, Yahudi, Nashrani, dan Islam
    yaitu Ibrahim dengan Allah dan yang konsisten hingga kini menjaga
    tradisi Ibrahim(milatu ibrahimi) ini nampaknya hanya umat Islam dengan kewajiban Khitan bagi kaum lelakinya) ; meninggal dunia harus berpakaian pengantin dan tidak berkafan ; tidak mengenal halal haram, Meminum Khamr anggur yang beralkohol seperti pada perjamuan suci kaum Kristen dengan
    menggunakan minuman anggur ; babi tidak haram ; darah halal ; dan
    menganggap Yesus sebagai Tuhan (Oknum ke 2 dalam Trinitas) dan roh kudus bagian dari oknum ketiga ketuhanan ;
    pengikutnya disebut Kristen ; Paulus lah yang disebut Yesus sebagai
    penabur benih ilalang yang disebut dalam Injil Matius 13 : 24 – 30
    Menambah dan menganti ayat baik diinjil maupun membuat injil baru yang banyak bertentangan satu sama lain dalam kitab-kitabnya. Mengajarkan kepada domba selain israel, Ibadah sholat berkiblat, puasa, diganti dengan puji pujian dan menyanyi, , menbuat 4 injil kanonik berbahasa yunani spt lukas, markus, matius, yohanes yang harus sesuai dgnnya, sesuai dgn surat surat yang ia tulis dan menhapus injil (Aprokritisasi Injil otentik yang berbahas aram bahasa asli dari isa/jesus) yang tidak sesuai. gereja puline Roma condong pada kaisar konstatin.(lihat sejarah singkat dibawah)

    kristen ajarannya tidak seperti ajaran asli umat Isa Alaihis Salam (Yesus/yehosuah/iohosuah) yang bertuhankan yang Maha Esa Allah SWT dan tidak menuhankan sesuatu yang lain di sisi Nya termasuk nabi Nya. kristen : “orang yang mengaku percaya kepada Yesus sebagai Kristus atau tuhan dalam jelmaan manusia untuk menebus dosa bagi mereka yang percaya, atau percaya kepada agama yang berdasarkan pengajaran Yesus.”yang merupakan inti dari ajaran paulus Dan ini adalah titik tolak yang bagus dalam memahami apa itu orang Kristen, sebagaimana banyak definisi sekular lainnya, definisi ini kurang dapat menjelaskan kebenaran Alkitab mengenai apa artinya menjadi seorang Kristen., dan inilah perbedaan mendasar dari agama kristen yang bila disimpulkan kristen tidak bisa dijadikan salah satu agama samawi (Wahyu) atau milatu ibrahimi karena praktek yang cenderung bertolak belakang.

  63. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Matahari, setidaknya sejak 10 ribu tahun sebelum masehi, Sejarah dipenuhi dengan ukiran yang menggambarkan kekaguman dan pemujaan atas objek ini. Dan hal ini mudah dipahami mengingat matahari terbit setiap pagi, memberi penglihatan, kehangatan, dan rasa aman.Menyelamatkan manusia dari dingin dan kebutaan akibat kegelapan malam. Tanpanya, masyarakat kuno mengerti, sumber makanan tidak akan tumbuh dan kehidupan di atas planet tidak akan bisa bertahan. Realitas tersebut menjadikan matahari sebagai objek yang paling dikagumi sepanjang masa. Begitu pula pengetahuan mereka tentang bintang-bintang. Penelusuran posisi bintang, memungkinkan mereka bisa mengetahui dan mengantisipasi kejadian yang hanya terjadi dalam rentang waktu yang lama. Seperti terjadinya gerhana dan bulan purnama. Selanjutnya mereka mengelompokkannya, menjadi apa yang hari ini kita kenal sebagai rasi bintang.

    Ini adalah salib zodiak, salah satu gambar konsep tertua dalam sejarah manusia. Ia merefleksikan matahari sebagaimana seolah-olah bergerak melintai 12 rasi bintang besar dalam waktu satu tahun. Ia juga merefleksikan 12 bulan dalam satu tahun, 4 musim, serta titik balik matahari. Istlah zodiak berhubungan dengan rasi bintang yang dibentuk atau dipersonifikasikan sebagai figur atau binatang. Dengan kata lain, masyarakat jaman dahulu tidak hanya sekedar mengikuti pergerakan matahari dan bintang, namun juga memberikan gambaran hidup melalui mitos mengenai pergerakan dan hubungan mereka.

    Matahari, sesuai kapasitasnya sebagai pemberi dan penyelamat kehidupan dipersonifikasikan sebagai wakil dari pencipta yang tidak tampak, atau Tuhan. Tuhan matahari, cahaya bagi dunia, juru selamat bagi manusia. Demikian halnya dengan ke-12 rasi bintang.
    yang mewakili tempat-tempat yang dilalui ”Tuhan matahari” yang dikenal dengan nama yang biasanya berhubungan dengan kejadian-kejadian alam yang berlangsung selama periode waktu tersebut. Aquarius misalnya, pembawa kendi berisi air, yang membawa hujan pada musim semi.

    Ini adalah Horus. Dia adalah “Tuhan matahari” dari bangsa Mesir, sekitar 3000 tahun sebelum Masehi. Dia merupakan personifikasi matahari dimana hidupnya merupakan rangkaian mitos alegoris mengenai pergerakan matahari di langit.Dari tulisan-tulisan kuno di Mesir, kita tahu banyak hal mengenai juru selamat matahari ini. Horus mempunyai seorang musuh bernama Set, personifikasi dari kegelapan atau malam hari. Dan secara kiasan, setiap pagi Horus akan memenangkan pertempuran melawan Set. Sebaliknya, di malam hari Set menaklukkan Horus serta mengirimkannya ke dunia bawah tanah.
    Penting diketahui bahwa, “kegelapan melawan cahaya” atau ”kebaikan melawan kejahatan” merupakan salah satu mitos dualitas terbesar yang pernah ada. dan masih diekspresikan dalam berbagai bentuk hingga saat ini.

    Secara umum, kisah Horus adalah sebagai berikut:
    1. Horus dilahirkan pada tanggal 25 Desember dari seorang perawan Isis-Meri

    2.Kelahirannya ditandai dengan munculnya sebuah bintang di sebelah Timur

    3. Yang kemudian digunakan oleh 3 orang raja untuk menemukan dan memberkati juru selamat yang baru lahir

    4. Pada umur 12 tahun, ia telah menjadi seorang guru yang hebat

    5. Pada umur 30, dia dibaptis oleh figur bernama Anup dan sejak saat itu ia mulai menyebarkan ajarannya.

    6. Horus mempunyai 12 orang murid yang menyertai perjalanannya.

    7.Iamelakukan banyak mukjizat, seperti menyembuhkan orang sakit dan berjalan di atas air

    8. Horus dikenal dengan banyak nama julukan, seperti: Sang Kebenaran, Sang Cahaya, Anak Tuhan yang diberkati, Gembala yang baik, dan masih banyak lagi

    9. Setelah dikhianati oleh Taifun, Horus disalibkan, dikubur selama 3 hari dan kemudian bangkit dari kematian.
    Ciri-ciri Horus, terlepas dari benar atau tidaknya tampaknya menyebar pada banyak kebudayaan di dunia, karena banyak ditemukan tuhan ( dewa-dewa ) lain yang memiliki mitos hampir sama.

    1. Attis, dari Pirigia (1200 tahun sebelum Masehi)

    lahir dari perawan Nana pada 25 Desember; disalibkan, ditempatkan dalam sebuah makam dan setelah 3 hari, bangkit dari kematian.

    2. Krishna, dari India (900 tahun sebelum Masehi)

    lahir dari perawan Devaki; kelahirannya ditandai dengan munculnya sebuah bintang di sebelah Timur; ia melakukan banyak mukjizat dengan para muridnya; dan bangkit setelah kematiannya.

    3. Dionysus, dari Yunani (500 tahun sebelum Masehi)

    lahir dari perawan pada 25 Desember; seorang guru yang melakukan perjalanan keliling, yang melakukan banyak mukjizat, seperti mengubah air menjadi anggur; dia dikenal sebagai ’Raja segala raja”, “Anak Tuhan satu-satunya”, “Alfa dan Omega”, dan masih banyak lagi; dan setelah kematiannya ia kemudian bangkit kembali.

    4. Mithra, dari Persia (1200 tahun sebelum Masehi)

    lahir dari seorang perawan pada 25 Desember; ia mempunyai 12 murid dan melakukan banyak mukjizat; setelah kematiannya, ia dikubur selama 3 hari untuk kemudian bangkit kembali; ia juga dikenal sebagai ”Sang Kebesaran”, “Sang Cahaya”, serta masih banyak lagi; yang menarik adalah hari yang disucikan untuk memuja Mithra adalah hari Minggu (Sun Day).
    Kenyataannya adalah ada banyak juru selamat dari berbagai periode dan waktu yang berbeda dari seluruh penjuru dunia dengan ciri-ciri umum yang sama.

    Pertanyaannya adalah – Mengapa demikian ?

    Mengapa lahir dari seorang perawan pada tanggal 25 Desember ?
    Mengapa mati selama 3 hari, untuk kemudian bangkit kembali ?
    Mengapa memiliki 12 orang murid atau pengikut ?
    Untuk menjawabnya, mari kita tengok juru selamat matahari yang terkini . . .

    5. Yesus Kristus

    lahir dari perawan Maria pada tanggal 25 Desember di Bethlehem; kelahirannya ditandai dengan munculnya sebuah bintang di sebelah Timur; yang kemudian diikuti oleh 3 orang raja (orang Majus) untuk menemukan dan memberkati juru selamat yang baru; dia telah menjadi guru sejak berumur 12 tahun; pada umur 30 dia dibaptis oleh John Pembaptis; dan ia mulai menyebarkan ajarannya;Yesus punya 12 murid yang menempuh perjalanan bersamanya; ia mempunyai banyak mukjizat, seperti menyembuhkan orang sakit, berjalan di atas air, menghidupkan orang mati; ia juga dikenal sebagai
    “Raja segala raja”,”Anak Tuhan”, “Cahaya Dunia”, “Alfa dan Omega”, “Anak domba Tuhan”, dan masih banyak lagi; Setelah dikhianati oleh muridnya bernama Yudas dan dijual seharga 30 keping perak, dia disalibkan, ditempatkan dalam sebuah makam, bangkit kembali setelah 3 hari, dan naik ke surga.
    Pertama-tama, saat kelahiran sepenuhnya adalah bagian dari sistem perbintangan. Bintang yang muncul di sebelah Timur adalah Sirius, bintang paling terang pada malam hari, yang pada tanggal 24 Desember berada pada posisi sejajar dengan ke-3 bintang yang paling terang pada gugusan sabuk Orion. Ketiga bintang terang tersebut, sejak jaman dahulu dikenal hingga sekarang dikenal dengan nama ”3 Raja”. 3 Raja (orang Majus) serta bintang paling terang, Sirius, semua menunjuk pada tempat terbitnya matahari pada tanggal 25 Desember. Inilah alasan mengapa ke-3 raja ‘mengikuti’ bintang di sebelah Timur untuk menemukan tempat terbit (lahirnya) matahari.
    Perawan (Virgin) Maria adalah rasi bintang Virgo, yang juga dikenal dengan nama Sang Perawan Virgo. Virgo dalam bahasa latin berarti perawan. Virgo juga dapat diartikan sebagai Lumbung Roti, dan lambang Virgo adalah perawan yang memegang sebatang gandum. Lumbung roti, dan lambang gandum ini menyimbolkan bulan Agustus dan September, waktu untuk melakukan panen. Bahkan ”Bethlehem” jika diterjemahkan secara harafiah berarti ”Lumbung roti”, sehingga Bethlehem merupakan istilah lain bagi rasi bintang Virgo, sebuah tempat di langit, bukan di bumi.

    Ada fenomena menarik lain yang terjadi sekitar tanggal 25 Desember, atau saat titik balik matahari musim dingin. Dari titik balik matahari musim panas hingga titik balik matahari musim dingin, hari menjadi semakin pendek dan dingin. Dan dilihat dari belahan bumi sebelah utara, matahari tampak bergerak menuju selatan dan tampak semakin mengecil. Semakin memendeknya hari serta merangasnya tumbuh-tumbuhan saat mendekati musim dingin dianggap sebagai proses kematian oleh masyarakat pada jaman dahulu. Proses kematian matahari.
    Dan pada tanggal 22 Desember, kematian matahari dianggap telah sepenuhnya terjadi, sebab matahari setelah secara terus menerus bergerak kearah selatan selama 6 bulan telah sampai pada titik terendahnya di cakrawala langit. Di sini terjadi hal yang menarik: Matahari berhenti bergerak ke arah selatan, setidaknya selama 3 hari yaitu 22, 23, dan 24 Desember, dan selama 3 hari itu matahari sedang berada pada posisi ”salib selatan” atau gugusan bintang Crux. Dan setelah itu, pada tanggal 25 Desember matahari bergerak 1 Derajat, kali ini ke arah utara, membawa hari yang lebih panjang, hangat, dan Musim Semi. Oleh sebab itu dikatakan: Matahari mengalami kematian pada salib, mati selama 3 hari, untuk kemudian bangkit atau terlahir kembali.

    Itulah sebabnya Yesus dan banyak tuhan matahari yang lain berbagi kisah penyaliban, kematian selama 3 hari, serta konsep bangkit dari kematian. Hal tersebut merupakan periode transisi matahari sebelum ia berbalik arah kembali menuju belahan bumi bagian utara, membawa musim semi yang sekaligus bermakna keselamatan. Namun masyarakat kuno tidak merayakan kebangkitan matahari itu hingga saat titik balik matahari musim semi, atau Paskah. Sebab pada saat itu dapat dikatakan bahwa matahari telah berhasil mengalahkan kekuatan jahat kegelapan, sebagaimana durasi siang hari menjadi berlangsung lebih panjang dari malam hari, serta munculnya pertanda musim semi.
    Mungkin yang paling jelas diantara semua simbol ilmu perbintangan di sekitar Yesus adalah mengenai 12 murid yang dimilikinya, yang secara sederhana mewakili 12 rasi bintang Zodiak, dimana Yesus sebagai matahari, menempuah perjalanannya bersama mereka. Angka 12 bahkan disebutkan berulang kali dalam Alkitab. Seperti: 12 suku Israil, 12 saudara Yusuf, 12 hakim Israil, 12 kepala keluarga agung, dan lain-lain.
    :
    Gambaran akan Yesus sebelah kanan
    Gambaran akan Athens (mitologi Yunani)

    Anda melihat kemiripan ?
    Satu lagi…

    Gambaran dewi Isis (kiri) dan Maria (kanan)
    Silahkan dipahami sendiri………………?

  64. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Sejarah hari raya dan peribadatan
    Hari Natal setiap tanggal 25 Desember diperingati di seluruh dunia. Jarang orang mempertanyakan, mengapa tanggal 25 Desember? ada segolongan orang yang melakukan ibadah pada hari minggu? juga jarang mempertanyakannya hari valentine day . Ketiga hal diatas segera terjawab, setelah membuka-buka lembaran kerajaan Romawi. Sejak zaman sebelum Yesus, orang-orang Romawi menyembah Dewa Matahari (Mithras) merayakan Hari Kelahiran Tuhan mereka yaitu tanggal 25 Desember, sejalan pergerakan Matahari yang muncul dari garis balik selatan menuju Utara.

    1. 1. Catolic Encyclopedia, ediai 1911 tentang Christmas:

    ” Natal bukanlah upacara gereja yang pertama. melainkan ia diyakini berasal dari Mesir, perayaan yang diselenggarakan oleh para penyembah berhala dan jatuh pada bulan Januari., kemudian dijadikan kelahiran Yesus.
    Dalam buku yang sama, tentang ” Natal Day” dinyatakan sebagai berikut:
    ”Di dalam kitab suci tidak ada seorang pun yang mengadakan upacara atau penyelenggaraan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanyalah orang-orang kafir saja (seperti Firaun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.”

    2.Encyclopedia Britanica, edisi 1946 menyatakan:
    ”Natal bukanlah upacara gereja abad pertama, Yesus Kristus atau para muridnya tidak pernah menyelenggarakan dan Bibel juga tidak pernah menyelenggarakannya. Upacara ini diambil oleh gereja dari kepercayaan kafir penyembah berhala.”

    3.Encyclopedia Americana, edisi tahun 1944 menyatakan:
    ”Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya umat kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran tersebut”.
    Hayo orang kristen yang masih percaya dengan vatikan bersama paulusnya silahkan direnungkan,,,natal sudah dipastikan bukan berasal dari ajaran yesus (Apalagi nabi Isa alaihi salam) tapi berasal dari iblis penyesat yang sesungguhnya,yaitu Orang dari golongan kalian sendiri (Yahya Waloni, Mantan Rektor STT Indonesia Timur jg mantan pejabat pendeta gereja oikumene)
    2. apakah benar ulang tahun yesus itu besok (tgl 25 desember)? saya selaku mantan kristen yg sudah mempelajari alkitab dan ajaran kekristenan selama 12 tahun tidak ada bukti yesus lahir 25 desember,,, ajaran macam apa lagi,,,? ajaran amburadul begini masih dipercaya? (LS Mokoginta mantanpenginjil katolik)
    To domba: Open your eyes !
    3. Tentang Asal Usul Natal ~ Encyclopedia Britanica edisi 1946
    Natal = Peringatan Kelahiran Anak Tuhan
    Pd dasarY injil tdk mengenal natal, krn dlm injil tdk disebutkn scara pasti kapan yesus lahir. Disamping itu, ada bbrp sekte nasrani yg menganggap bhw yesus lahir dibulan Maret, bukan Desember.
    Menurut sejarah, natal brawal dr budaya Romawi, dr masyarakat Paganis.
    Sebelum memeluk nasrani, mrk adlh Penyembah Berhala. Dewa mrk adlh “RA”-anak Dewa Matahari. Mrk melakukan Ritual Peringatan Anak Dewa Matahari tiap tgl 25 Desember
    Pd abad ke 4M, Rakyat Romawi tlh memeluk nasrani. Namun mrk blm dpt mninggalkn kbiasaan mrk. Kmudian Raja Konstantin, yg brkuasa saat itu melakukan Sinkretisme, menggabungkn ajaran nasrani dan Paganis. Ungkapan peringatan anak dewa matahari (sun of god) diubah menjadi peringatan anak tuhan (son of god). Sjk itu kbiasaan natal brlanjut, tp blm ada penegasan resmi.
    Baru pd thn 325M, melalui Konsili Greja, para pendeta menetapkan :
    1. Tgl 25 desember adlh hari natal
    2. Memakai simbol cahaya brsilang Dewa RA sbg simbol nasrani
    3. Membuat patung2 yesus sbg pngganti patung dewa Ra

    Orang-orang Romawi menyembah Dewa mithra pada hari Minggu (dalam bahasa inggrisnya, Sun-day). Sun = Matahari. Day= hari penyembahan. Sunday= Hari penyembahan Dewa Matahari. Kemudian timbul pertanyaan, dari mana orang-orang Romawi memetik ajaran ini? Bukankah hari terpenting kaum yahudi adalah hari sabath atau hari sabtu sbg waktu berbakti pada tuhan yang maha esa,
    Hal mana saat ini banyak dipraktekan oleh gereja sebagai kebaktian pada hari minggu.
    Sejarah valentine day
    Tradisi dan kebijakan kebiasaan setiap perayaan Hari Valentine atau Valentine berasal dari dua festival seksis di Roma kuno, Lupercalia, dan Juno Februata.Diperingati setiap tanggal 15 Februari Lupercalia (festival izin untuk berhubungan seks) yang diselenggarakan oleh orang-orang Romawi kuno untuk menghormati Lupercus, dewa kesuburan dan pertanian. Lupercus juga dikenal sebagai dewa pelindung ternak dan tanaman, pemburu hebat, terutama serigala. Bangsa Romawi percaya Lupercus akan melindungi kerajaan mereka dari ancaman serigala.
    Dibantu oleh perawan, Luperci (imam laki-laki) yang dipimpin pemurnian upcara mengorbankan kambing dan anjing di gua Lupercal di Bukit Palatine. Kemudian, mereka mengenakan celemek kulit kambing berlumuran darahKemudian, mulai mencambuk Luperci perawan dengan tali kulit kambing. Mereka percaya tindakan ini dapat membuat gampoang perawan memiliki anak dan melahirkan.Inilah sebabnya mengapa Lupercalia diadakan pada bulan Februari. Nama Bulan berasal dari februa kata, yang berarti pemurnian, situs rcg.org seperti yang dilaporkan
    .Bangsa Romawi juga mengadakan perayaan Februata Juno, dewi cinta dan perkawinan. Partai ini diadakan setiap tanggal 14 Februari. GTradisi PREVAIL gadis nama-nama ditulis pada selembar kertas. Kemudian-gulungan kertas yang dimasukkan ke dalam kotak. Jadi, pemuda masing-masing mengambil gulungan acak kertas.Mereka kemudian dipasangkan dan dilakukan dalam berbagai permainan serotis seluruh perayaan. Setelah festival Juno Februata, kekasih kekasih mendadak-ini tetap kekasih hingga akhir tahun. Tradisi nafsu sesat berlangsung selama berabad-abad di Kekaisaran Romawi.Sampai saat ini, Hari Valentine terus dirayakan generasi muda, dan bahkan menyebabkan pihak diolesi dengan dosa: seks dan mabuk-mabuk.Dengan tradisi sesat, itu benar-benar tidak tepat geenerasi pemuda Muslim merayakan Hari Valentine.(sumber Pendeta Ruben Mantan Penginjil serta Pejabat pendeta pentakosta)

    PASKAH – KEBANGKITAN —-MENIRU AGAMA PAGAN…..

    (Salah satu tanda yang paling jelas dari penyembah Mithraisme adalah ajaran untuk meminum darah sapi suci atau meminum secawan anggur sebagai perlambangan Darah…ini melambangkan tubuhnya baru lepas dari kubur.)
    Hal ini sama seperti surat Paulus di Korintus, silahkan baca I Korintus 10:16: “Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur adalah persekutuan dengan darah Kristus?”

    Dan mitos tentang Dewa herakles kemudian diterapkan secara cerdik kedalam Pahlawan Yahudi
    “Yesus dari Galilea yang mati, dan bangkit kembali sebagai Juru Selama, persis seperti Herakles. Barang siapa yang tidak percaya, tidak akan selamat. baca lagi I Korintus 15:17 : ” Dan jika kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu, dan kamu masih hidup dalam dosa. Ajaran Paulus tentang Mithraisme juga dianut oleh penulis injil Matius, pendukung Paulus, sebagai mana yang dapat kita baca sgg:

    Mathius 26:27-28: “Sesudah itu ia mengambil cawan, mengucapkan syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata ” Minumlah kamu semua cawan ini. sebab inilah darah – Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa Jelas sekali kalo injil Matius yang menganut ajaran Paulus tanpa sadar membuat Yesus menjadi penganut Mithraisme. Yesus yang beragama Yahudi dan mengharamkan Darah, oleh penulis injil Matius disamakan dengan sapi suci Herakles yang darahnya memberikan kehidupan baru. Umat Yahudi termasuk Yesus dan murid-muridnya mengharamkan Darah. Berbicara tentang perumpamaan tersebut, dimana murid akan meminum darah gurunya, bisa membuat murid-murid Yesus yang kesemuanya Yahudi, jijik dan muntah.

    Namun karena penulis Injil Matius sebagaimana paulus adalah penganut Mithraisme, meminum darah bukan suatu yang janggal. Apalagi kalo dibalik itu mungkin ada kesengajaan mengarahkan cerita bahwa Yesus berbuat demikian demi maksud-maksud tertentu.

    Kalau Paulus menganut faham ini secara kental, tidak mengherankan, karena sejak kecil, festifal menghormati Dewa Herakles yang mati dan bangkit kembali, yang mengorbankan darah lembu suci (baca kisah samiri yahudi penyembah anak sapi) untuk kehidupan baru, lewat di depan matanya setiap tahun. Kepercayaan ini telah tertanam dan terprogram dalam alam bawah sadar Paulus. Oleh karena itu, suatu cerita yang berkaitan atau mendukung apa yang tersimpan di alam bawah sadarnya secara otomatis ditanggapinya. Paulus yang menganut faham darah untuk keselamatan dapat dilihat dalam suratnya kepada jemaah Roma. silahkan baca Roma 5:9: “Lebih-lebih karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah”.(sumber Yahya Waloni, bernard nababan

  65. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Perkembangan kristen di emperom roma Masuknya konstantin menajadi kristen Pertentangan Politik diroma
    Perkumpulan jemaat dimulai 40 hari sesudah kematian Yesus /pengangkatan isa kesyurga oleh Allah (sekitar tahun awal Masehi). Tiga ribu orang yang menerima khotbah Petrus pada hari itu dan memilih untuk mengikuti jemaat. Petobat-petobat pertama kepada mesiah atau utusan adalah orang-orang Yahudi atau peganut-penganut Yudaisme, dan ekletias berpusat di Yerusalem. Karena itu jemaat pada mulanya dipandang sebagai sekte Yahudi, sama seperti orang-orang Farisi, Saduki, atau Esseni. Namun demikian, apa yang dikhotbahkan para rasul berbeda secara radikal karena mengangap banyak sekte sesat dari jalan ketuhanan atau jalan taurat dari apa yang diajarkan oleh kelompok-kelompok Yahudi (pro Talmudisme) lainnya. Yesus adalah Mesias orang Yahudi (Raja yang Diurapi) yang datang untuk menggenapi Hukum Taurat (Matius 5:17) dan mengabarkan injil yang berdasarkan pada katauhidan dan mengajurkan hidup sederhana (miskin) jauh dari nafsu keduniaan . pengkabaran serta tuduhan bahwa mereka telah membunuh Mesias mereka sendiri, membuat banyak pemuka Yahudi menjadi marah, dan beberapa orang, seperti Saul (paulus) dari Tarsus, mengambil tindakan untuk memusnahkan “Jalan” itu (Kisah 9:1-2).
    Periode gereja mula-mula dimulai sejak dimulainya pelayanan rasul Petrus,barnabas, dan lain-lainnya dalam mengkabarkan kisah Yesus termasuk diantaranya seorang saulus yang mengaku diri bertobat (penganiaya gereja) memberitakan Injil di seluruh dunia Greko-Romawi, sampai ke Roma sendiri (Kisah 28:16) dan bahkan mungkin sampai ke Spanyol dimana pengikutnya adalah dinamai gereja puline dan disinilah awal kristen disebut namanya dan banyak penyimpangan dari ajaran yesus baik kitab suci dan pemahamannya mulai berbeda jauh sekali dari awalnya (lihat sejarah paulus baik kehidupan maupun dalam bibel spt dibawah) sehingga bisa dikatakan akar dari pemahaman yang salah dikemudian hari karena telah melakukan banyak bidah pada ajaran jemaat ekletias yesus, Pada tahun 70, tahun di mana Yerusalem dihancurkan, kitab-kitab injil telah lengkap dan beredar di antara gereja-gereja. Untuk 240 tahun berikutnya, orang-orang pengikut jemaat dianiaya oleh Roma, kadang secara acak, kadang atas perintah pemerintah, Pada abad kedua dan ketiga, kepemimpinan gereja kristen mejadi makin hirakhis seiring dengan peningkatan jumlah baik diroma barat (greeko Roman maupun gereja ditimur) hingga masa Kaisar Konstantinus I,
    kurang lebih tahun 33 hingga 325. Pada periode ini gereja dan orang-orang Kristen mengalami penganiayaan, terutama penganiayaan fisik diantaranya pada tahun 35 stefanus martir, tahun 110 ignatius martir tahun 150 yustinus martir, polikarpus tahun 156 menjadi martir

    Kebakaran hebat terjadi di Roma. Kaisar Nero menyalahkan orang Kristen dan menimbulkan penganiayaan pada tahun 64 M Kaisar Titus menghancurkan Yerusalem dan Bait Allah. Perpecahan antara kekristenan dan penganut agama Yahudi (Judaisme) tahun 70 M

    177
    Ireneus
    Lyons

    Ireneus menjadi Uskup Lyons dan memerangi ajaran-ajaran sesat yang merundung gereja
    Lihat pula: Gnostisisme

    196
    Tertulianus
    Kartago

    Tertulianus mulai menulis tulisan-tulisannya yang menjadikannya digelari “Bapak Teologi Latin”
    Lihat pula: Tritunggal

    303
    Diokletianus
    Kekaisaran Romawi

    Penganiayaan Besar terjadi di bawah pemerintahan Kaisar Diokletianus
    312
    Konstantinus I
    Roma

    Kaisar Konstantinus I menjadi Kristen setelah mendapat penglihatan salib dan menjadi pembela dan pelindung kaum Kristen yang tertindas serta untuk merebut hati masyarakat kristen yang berkembang untuk menjaga stabilitas negara.
    Lihat pula: Edik Milano

    Pemerintah Romawi melihat adanya suatu kericuhan-kericuhan didalam negerinya, tidaklah tinggal diam. Kericuhan-kericuhan agama ini bila dibiarkan, kemungkinan besar akan menimbulkan suatu hal-hal yang lebih besar dan
    berbahaya pula. Itulah sebabnya maka pada tahun 326 M, kaizar Konstantin yang Agung segera mengadakan musyawarah atau konsili dikota Nicea, dimana golongan-golongan
    pengikut aliran2 Tertulianus, Origenes, Anthanasius (gereja barat / aliran paulinisme/sinkret dgn paganisme) dipertemukan dengan golongan Nestorius, Arius serta kawan-kawan yang seangkatan dengannya(aliran keesaan Tuhan/Tauhid). Gagasan Kaisar mungkin kurang ditanggapi oleh ummat, maka dari undangan yang datang ternyata belum

    setengahnya. Didalam perdebatan itu, mereka terpecah dua, yaitu golongan-golongan yang mempertahankan Yesus sebagai manusia, dan golongan golongan yang mempertahankan Yesus sebagai Tuhan. Berhubung tidak adanya kata sepakat, maka
    kaisar mengambil keputusan (dekrit?) bahwa Yesus adalah Tuhan dan manusia, atau setengah Tuhan dan setengah manusia. Gagasan ini diterima hanya dengan 2 suara, sedang penolaknya 10 suara. Berhubung yang 2 suara ini lebih dekat dengan
    selera kaisar, maka sejarah kemudian mencatat yang 2 suara inilah yang menang, yaitu mereka yang menerima gagasan Tuhan manusia terhadap diri Yesus. Kaisar kemudiannya mengadakan suatu dekrit umum bahwa semua orang harus menerima
    gagasannya itu.
    325
    Konstantinus Nicea

    Konsili Nicea I menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam debat dan merumuskan doktrin yang menjelaskan tentang siapa Yesus sesungguhnya.
    Lihat pula: Konsili Ekumenis

    Maka mulailah disini penjagalan manusia besar-besaran, dimana siapa saja yang menolak ajaran Yesus Tuhan dan manusia dibunuh dengan bermacam-macam cara yang keji. Belakangan ternyata pula, kaisar Konstantin raja Romawi yang kafir itu masuk Kristen, dan kemungkinan mulai tahun-tahun inilah Kristen itu mulai lahir, dalam suatu bentuk yang bernama: Katolik yang artinya Umum.
    Konsili I
    Pada konsili ini rupa-rupanya belumlah dapat menampung segala aspirasi ummat. Maka mereka kemudian mengadakan Konsili II dikota Konstantinople pada tahun 381 M, yang memutuskan lagi bahwa Anak adalah Homo Osius dengan Bapa (Creator). Didalam Konsili II ini pula mereka menambahkan materi Rokhulkudus sebagai oknum ke-III dari Allah, sehingga lengkap lahirlah Tuhan Allah Bapa, dan Anak serta Rokhulkudus. Didalam tahun-tahun inilah kemungkinan besar orang mulai menambah-nambah Injil Matius dengan tulisan: Pergilah keseluruh dunia baptiskanlah seluruh bangsa dengan nama Bapa, dan Anak dan Rokhulkudus (Matius 28:10).
    Konsili ke-III diadakan dikota Epesus tahun 439 M, didalam konsili inilah dikeluarkan perintah untuk mengutuk ajaran-ajaran Nestorian dan Arianisme yang dianggap bidaat itu. Merekapun mengeluarkan pernyataan perang terhadap Injil, dimana seluruh Injil-injil yang asli dimusnahkan atau diapokratipkan. Sebagaimana kita mengetahui, semasa Yesus hidup ia mempunyai pula pengikut-pengikut, yang kian kemari menuliskan khutbah-khutbah dan ajaran-ajarannya sebab pada zaman itu memang alphabet telah ditemukan. Murid-murid Yesus
    ada 70 orang. diantaranya 12 yang disebutkan namanya didalam Injil. Dari catatan-catatan murid-murid Yesus ini, kemudian hari kita kenal telah dibukukan dengan nama Injil, yang dinamai oleh masing-masing penulisnya seperti(kumpulan artikel para mantan pendeta dan pastur muallaf)
    Konsili I nicea

    Konsili Nicea I, yang diselenggarakan di Nicaea, Bithynia (sekarang İznik di Turki), dan yang dihimpunkan oleh Kaisar Romawi Konstantinus Agung pada tahun 325, merupakan Konsili Ekumenis yang pertama[1] dari Gereja Kristiani, dan hasil utamanya adalah keseragaman dalam doktrin Kristiani, yang disebut Kredo Nicea. Dengan diciptakannya kredo ini, terbentuk suatu preseden bagi konsili-konsili umum (ekumenis) para uskup (sinode-sinode) untuk menciptakan pokok-pokok pernyataan iman dan kanon-kanon ortodoksi doktrinal— guna mewujudkan kesatuan iman bagi seluruh umat Kristiani.
    Tujuan diselenggarakannya konsili ini adalah untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dalam Gereja Aleksandria mengenai hakikat Yesus dalam hubungannya dengan Sang Bapa; khususnya, mengenai apakah Yesus memiliki substansi yang sama dengan Allah Bapa ataukah sekadar memiliki substansi yang serupa belaka dengan Allah Bapa. St. Aleksander dari Aleksandria dan Athanasius berpegang pada pendapat yang pertama; sedangkan seorang presbiter populer bernama Arius, yang dari namanya muncul istilah Arianisme, berpegang pada pendapat yang kedua. Konsili memutuskan bahwa pendukung Arius telah keliru (dari kira-kira 2 peserta, seluruhnya kecuali 250-318 orang, memberi suara mendukungArius[2]). Hasil lain dari konsili ini adalah kesepakatan mengenai waktu perayaan Kebangkitan Kristus (Paskha dalam Bahasa Yunani; Paskah dalam Bahasa Indonesia), hari raya terpenting dalam kalender gerejawi. Konsili memutuskan untuk merayakan hari Kebangkitan Kristus pada hari Minggu pertama sesudah bulan purnama pertama terhitung sejak vernal equinox, lepas dari Penanggalan Ibrani (lihat pula Quartodecimanisme). Konsili memberikan wewenang kepada Uskup Aleksandria (yang menggunakan Kalender Aleksandrian) untuk setiap tahun mengumumkan tanggal perayaan Paskah kepada rekan-rekan uskupnya.
    Konsili Nicea signifikan secara historis karena konsili ini adalah upaya pertama untuk mencapai konsensus dalam Gereja melalui suatu permusyawaratan yang mewakili keseluruhan umat Kristiani.[3] “Konsili ini adalah kesempatan pertama bagi pengembangan Kristologi teknis.”[3] Lebih dari pada itu, “Konstantinus, dengan menghimpun dan memimpin konsili ini, menandakan adanya kendali kekaisaran atas Gereja.”[3] Suatu preseden telah ditetapkan bagi konsili-konsili umum berikutnya untuk menciptakan kredo-kredo dan kanon-kanon.
    Konsili Nicea I
    Waktu 325 M
    Diakui oleh Gereja Katolik, Gereja Ortodoks Timur, Gereja Ortodoks Oriental, Gereja Timur Asiria

    Konsili sebelumnya Konsili Yerusalem (meskipun tidak dianggap ekumenis)

    Konsili berikutnya Konsili Konstantinopel Pertama

    Dihimpunkan oleh Kaisar Konstantinus I

    Dipimpin oleh Uskup Aleksander dari Aleksandria

    Peserta 250-318 (hanya 5 orang dari Gereja Barat)
    Topik pembahasan Arianisme, perayaan Paskah, skisma Miletia, keabsahan baptisan oleh kaum bidaah, orang Kristen yang murtad

    Dokumen dan pernyataan Pengakuan Iman Nicea yang Asli dan sekitar 20 dekrit

    Daftar kronologis dari Konsili ekumenis

    Konsili Iini rupa-rupanya belum menampung segala pendapat Karenanya, atas usulan Konstantin diadakanlah Muktamar di Nicea pada tahun 325 M yang dihadiri sekitar 2048 orang dengan pendiriannya masing-masing.Terjadi perdebatan yang sengit dan tak ada titik temu. Akhirnya Konstantin yang cenderung pada paganis memanggil 318 orang yang berfaham Paulus dan menyatakan dukungannya. Setelah itu muktamar dilanjutkan, sementara itu peserta lainnya melakukan walk out. Di dalam muktamar ini banyak dipilih doktrin-doktrin dan syiar–syiar ibadah secara voting (tanggal paskah, peranan uskup, dan tentu saja tentang ketuhanan Yesus). Setelah itu diadakanlah revisi terhadap Injil. Sementara injil-injil lain yang bertentangan dimusnahkan. Dan orang yang berani membaca injil terlarang itu akan dicap sebagai heretis (berlaku bid’ah).
    belumlah dapat menampung segala aspirasi ummat. Maka mereka kemudian mengadakan Didalam perdebatan itu, mereka terpecah dua, yaitu golongan-golongan yang mempertahankan Yesus sebagai manusia, dan golongan golongan yang mempertahankan Yesus sebagai Tuhan. Berhubung tidak adanya kata sepakat, maka
    kaisar mengambil keputusan (dekrit?) bahwa Yesus adalah Tuhan dan manusia, atau setengah Tuhan dan setengah manusia.(sumber wikipediadankumpulan artikel para mantan pendeta dan pastur muallaf)
    Konsili II konstantin roma
    Konsili II dikotaKonstantinople
    pada tahun 381 M, yang memutuskan lagi bahwa Anak adalah Homo Osius dengan Bapa (Creator). Didalam Konsili II ini pula mereka menambahkan materi Rokhulkudus sebagai oknum ke-III dari Allah, sehingga lengkap lahirlah
    Tuhan Allah Bapa, dan Anak serta Rokhulkudus. Didalam tahun-tahun inilah kemungkinan besar orang mulai menambah-nambah Injil Matius dengan tulisan: Pergilah keseluruh dunia baptiskanlah seluruh bangsa dengan nama Bapa, dan Anak dan Rokhulkudus (Matius 28:10)
    Konsili efesius

    Konsili Efesus
    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Konsili ini bukanlah Konsili yang disebut “Konsili Penyamun di Efesus” 449 M.
    Konsili Efesus
    Waktu 431

    Diakui oleh Katolik, Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental

    Konsili sebelumnya Konsili Konstantinopel I

    Konsili berikutnya Konsili Khalsedon

    Dihimpunkan oleh Kaisar Theodosius II

    Dipimpin oleh Cyril dari Alexandria

    Peserta 200-250 (utusan Paus datang terlambat)
    Topik pembahasan Nestorianisme Theotokos, Pelagianisme

    Dokumen dan pernyataan konfirmasiPengakuan Iman Nicea, pengutukan terhadap para bidaah, deklarasi “Theotokos” 8 kanon

    Daftar kronologis dari Konsili ekumenis

    Konsili Efesus diselenggarakan di Efesus, Asia Kecil, pada tahun 431 oleh Kaisar Theodosius II, cucu dari Theodosius I. Pada Konsili ini, diperkirakan ada 200 uskup yang hadir. Penyelenggaraannya berlangsung dalam suasana panas karena silang pendapat dan tuding-menuding antarpeserta. Konsili ini merupakan Konsili Ekumenis ke-3 dan berkaitan dengan kaum bidaah Nestorianisme.
    Nestorianisme menitikberatkan pada hakikat manusiawi Yesus, dengan memperkecil hakikat keilahian-Nya. Konsili ini menolak dan menyatakan sesat ajaran Patriarki Nestorius. Nestorius mengajarkan bahwa Maria, yaitu bunda Yesus, melahirkan seorang manusia, yang disebut Yesus, bukan Allah, Logos (Sang Sabda, utusan Allah). Logos hanya berdiam dalam Kristus, sebagaimana dalam sebuah bait (Oleh karena itu, Kristus hanyalah Theophoros, kata dari Bahasa Yunani untuk “Pembawa Allah”). Konsekuensinya, Maria harus disebut Christotokos, kata Yunani untuk “Bunda Kristus” dan bukan Theotokos, kata Yunani untuk “Bunda Allah.” Sebab itulah, nama tersebut menjadi suatu kontroversi Kristologis. Ada pula nilai sejarahnya, mengingat bahwa Efesus adalah kota dari Dewi Artemis (lihat juga dalam Kis.19:28).
    Konsili ini menyatakan Yesus adalah satu pribadi, bukan dua “orang” yang terpisah: sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia, memiliki tubuh dan jiwa yang rasional. Perawan Maria adalah Theotokos, karena dia bukan melahirkan seorang manusia, melainkan melahirkan Allah sebagai seorang manusia. Persatuan kedua hakikat Kristus terjadi sedemikian rupa sehingga yang satu tidak mengganggu yang lainnya.
    Konsili ini juga menyatakan naskah Pengakuan Iman Nicea tahun 381 sudah lengkap dan melarang segala bentuk perubahan (penambahan maupun penghapusan) atasnya. Selain itu, Konsili juga mengutuk Pelagianisme
    Dalam konsili ini dihasilkan 8 kanon :
    • Kanon 1 mengumumkan bagi seorang bidaah bernama Selestius (so Scholion), anathema.
    • Kanon 2-5 mengumumkan bagi Nestorianisme, anathema.
    • Kanon 6 mengumumkan bagi mereka yang tidak menerima kanon-kanon Efesus, ekskomunikasi.
    • Kanon 7 mengumumkan bagi mereka yang tidak menerima Konsili Nicea, anathema.
    • Kanon 8: “Hendaklah hak-hak tiap provinsi dilestarikan murni dan tanpa cacat. Jangan sampai berhasil upaya untuk memperkenalkan bentuk-bentuk yang bertentangan dengan semuanya ini.” Ini disebutkannya kanon-kanon para rasul.

    Cyrilus dari Aleksandria
    Konsili ke-III diadakan dikota Epesus tahun 439 M, didalam konsili
    inilah dikeluarkan perintah untuk mengutuk ajaran-ajaran
    Nestorian dan Arianisme yang bidaat itu. Merekapun
    mengeluarkan pernyataan perang terhadap Injil, dimana
    seluruh Injil-injil yang asli dimusnahkan atau
    diapokratipkan. Sebagaimana kita mengetahui, semasa Yesus
    hidup ia mempunyai pula pengikut-pengikut, yang kian kemari
    menuliskan khutbah-khutbah dan ajaran-ajarannya sebab pada
    zaman itu memang alphabet telah ditemukan. Murid-murid Yesus
    ada 70 orang. diantaranya 12 yang disebutkan namanya didalam
    Injil. Dari catatan-catatan murid-murid Yesus ini, kemudian
    hari kita kenal telah dibukukan dengan nama Injil

    Pertentangan paham trinitas kristen dan tauhid di nasrani
    Penentang Aliran arianus dan nestorius

    Nestorius (c. 386–c. 451) adalah murid dari Theodorus dari Mopsuestia di Antiokhia, Syria (sekarang di Turki) dan kemudian menjadi Patriark Konstantinopel. Dia mengajarkan bahwa aspek manusiawi dan aspek illahi dari Kristus merupakan sifat-sifat yang berbeda, tidak manunggal. Dia berkhotbah menentang penggunaan gelar Bunda Allah (Theotokos) bagi Perawan Maria dan hanya menyebut Maria sebagai Bunda Kristus (Kristotokos). Dia juga berpendapat bahwa Allah tidak dapat menderita di salib, karena Allah itu Mahakuasa. Oleh karena itu, bagian manusiawi dari Kristus telah wafat di salib, namun bukan bagian illahi-Nya.
    Pihak penentangnya menuduh dia membagi Kristus menjadi dua pribadi: mereka berpendapat bahwa menyatakan Allah Sang Sabda itu tidak menderita sengsara dan wafat di salib, sementara Yesus sang manusia itu yang mengalaminya, atau menyatakan Allah Sang Sabda itu Mahatahu, sementara Yesus sang manusia itu terbatas pengetahuannya, berarti bahwa ada dua pribadi terpisah yang memiliki pengalaman-pengalaman yang terpisah pula.
    Sebagai tanggapan, Nestorius berkata bahwa dia percaya Kristus itu sungguh-sungguh satu pribadi (Bahasa Yunani: prosopon). Karena ditentang oleh Kiril dari Alexandria, Nestorius akhirnya dikutuk dalam Konsili Efesus pada tahun 431.
    Konsili tersebut mengajarkan bahwa Kristus itu satu pribadi, dan bahwa Perawan Maria adalah Bunda Allah. Pengutukan dari konsili itu mengakibatkan Skisma Nestorian serta perpisahan Gereja Timur Asiria Dari Gereja Byzantium.[1] Meskipun demikian, bahkan Konsili Efesus sendiri tidak dapat menetapkan pokok permasalahan tersebut, sehingga Gereja Byzantium segera sekali lagi terpecah sehubungan dengan permasalahan apakah Kristus memiliki satu atau dua hakikat, yang mengakibatkan Skisma Kalsedonian.
    Impikasi Kristologis
    Dari sudut pandang teologi Kalsedonian yang dianut sebagian besar Gereja Barat dan Ortodoks, ajaran Nestorius memiliki konsekuensi-konsekuensi penting yang terkait dengan soteriologi dan teologi dari Ekaristi.
    Selama masa Reformasi Protestan, tatkala beberapa pihak menyangkal Kehadiran Sejati, dan keterkaitan antara sifat illahi dan sifat insani, mereka dituduh membangkitkan kembali ajaran sesat Nestorius.
    Nestorianisme adalah doktrin (ajaran) bahwa Yesus eksis sebagai dua pribadi, yakni sebagai manusia Yesus dan utusan Allah, atau Logos, bukannya sebagai satu pribadi yang manunggal. Doktrin ini dikaitkan dengan Nestorius (c. 386–c. 451), Patriark Konstantinopel. Pandangan mengenai Kristus ini dikutuk dalam Konsili Efesus tahun 431, dan konflik mengenai pandangan ini mengakibatkan Skisma Nestorian, yang memisahkan Gereja Timur Asiria dari Gereja Byzantium.
    Gereja Timur Asiria menolak untuk menarik dukungan bagi Nestorius dan menolak untuk menyebutnya seorang bidaah, sehingga Gereja ini selanjutnya disebut “Gereja Nestorian” oleh Gereja Barat, untuk membedakannya dari Gereja-Gereja Timur kuno lainnya. Meskipun demikian, Gereja Timur Asiria sesungguhnya tidak menganggap doktrin Gerejanya adalah Nestorian, akan tetapi mengajarkan pandangan dari Babai Agung, bahwa Kristus memiliki dua qnome (esensi) yang tidak membaur dan manunggal abadi dalam satu parsopa (personalitas). Menurut beberapa interpretasi, asal mula keyakinan ini sebagian besar bersifat historis sejarah kenabian iosouah/jesus dan linguistik: sebagai contoh, Bahasa Yunani memiliki dua kata untuk ‘pribadi’, yang tidak diterjemahkan dengan tepat ke dalam Bahasa Syria, dan makna dari istilah-istilah tersebut bahkan tidak ditetapkan pada masa hidup Nestorius.
    Nestorianisme muncul dalam Gereja pada abad ke-5 karena adanya upaya untuk secara rasional menjelaskan dan memahami inkarnasi dari Logos Illahi, Pribadi Kedua dari Trinitas Maha Kudus, sebagai manusia Yesus Kristus. Nestorianisme mengajarkan bahwa esensi kemanusiaan dan esensi keillahian Kristus itu terpisah dan oleh karena itu ada dua pribadi, yakni pribadi manusia Yesus Kristus, dan pribadi logos yang illahi, yang berdiam dalam manusia Yesus Kristus itu. Sebagai konsekuensinya, kaum Nestorian menolak adanya istilah-istilah seperti “Allah menderita ” atau “Allah telah disalibkan”, karena kemanusiaan Yesus Kristus yang menderita itu terpisah dari keillahiannya. Demikian pula mereka menolak istilah Theotokos (Yang Melahirkan Allah/Bunda Allah) sebagai gelar Maria, sebaliknya mereka mengajukan gelar Kristotokos (Yang Melahirkan Kristus/Bunda Kristus), karena dalam pandangan mereka Maria hanya melahirkan pribadi manusia Yesus, bukan pribadi illahinyagolongan Nestorius, Arius serta kawan-kawan yang seangkatan
    dengannya merupakan kelompok yang menentang konsep ketuhanan jesus dan memepertahankan ketauhidan pada tuhan allah. Nestorianisme adalah doktrin (ajaran) bahwa Yesus eksis sebagai dua pribadi, yakni sebagai manusia Yesus dan sebagai Putera Allah, atau Logos, bukannya sebagai satu pribadi yang manunggal. Doktrin ini dikaitkan dengan Nestorius (c. 386–c. 451), Patriark Konstantinopel. Pandangan mengenai Kristus ini dikutuk dalam Konsili Efesus tahun 431, dan konflik mengenai pandangan ini mengakibatkan Skisma Nestorian, yang memisahkan Gereja Timur Asiria dari Gereja Byzantium.
    Gereja Timur Asiria menolak untuk menarik dukungan bagi Nestorius dan menolak untuk menyebutnya seorang bidaah, sehingga Gereja ini selanjutnya disebut “Gereja Nestorian” oleh Gereja Barat, untuk membedakannya dari Gereja-Gereja Timur kuno lainnya. Meskipun demikian, Gereja Timur Asiria sesungguhnya tidak menganggap doktrin Gerejanya adalah Nestorian, akan tetapi mengajarkan pandangan dari Babai Agung, bahwa Kristus memiliki dua qnome (esensi) yang tidak membaur dan manunggal abadi dalam satu parsopa (personalitas). Menurut beberapa interpretasi, asal mula keyakinan ini sebagian besar bersifat historis dan linguistik: sebagai contoh, Bahasa Yunani memiliki dua kata untuk ‘pribadi’, yang tidak diterjemahkan dengan tepat ke dalam Bahasa Syria, dan makna dari istilah-istilah tersebut bahkan tidak ditetapkan pada masa hidup Nestorius.(Sumber Wikipedia)
    Nestorianisme muncul dalam Gereja pada abad ke-5 karena adanya upaya untuk secara rasional menjelaskan dan memahami inkarnasi dari Logos Illahi, Pribadi Kedua dari Trinitas Maha Kudus, sebagai manusia Yesus Kristus. Nestorianisme mengajarkan bahwa esensi kemanusiaan dan esensi keillahian Kristus itu terpisah dan oleh karena itu ada dua pribadi, yakni pribadi manusia Yesus Kristus, dan pribadi logos yang illahi, yang berdiam dalam manusia Yesus Kristus itu. Sebagai konsekuensinya, kaum Nestorian menolak adanya istilah-istilah seperti “Allah menderita ” atau “Allah telah disalibkan”, karena kemanusiaan Yesus Kristus yang menderita itu terpisah dari keillahiannya. Demikian pula mereka menolak istilah Theotokos (Yang Melahirkan Allah/Bunda Allah) sebagai gelar Maria, sebaliknya mereka mengajukan gelar Kristotokos (Yang Melahirkan Kristus/Bunda Kristus), karena dalam pandangan mereka Maria hanya melahirkan pribadi manusia Yesus, bukan pribadi illahinya

    Arius

    Lahir 250 M Alexandria, Mesir

    Meninggal 336 M Alexandria, Mesir

    Era Abad ke-3

    Tradisi Tradisi Teologi Antiokhia

    Gagasan penting Kristus tidak sehakikat dengan Allah. Kristus merupakan ciptaan Allah yang tidak kekal.

    Arius atau Arius dari Alexandria (250-336) adalah seorang tokoh Kristen yang hidup pada akhir abad ke-3 sampai awal abad ke-4, di Alexandria (Iskandariah), Mesir pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus Agung.[1] Arius menolak ajaran mengenai keilahian Kristus dengan pandangan bahwa Kristus hanyalah ciptaan Allah dan bukan Allah. Pandangannya ini kemudian memengaruhi munculnya sebuah gerakan yang disebut Arianisme.[2] Pemikiran Arius mengenai keilahian Kristus kemudian ditolak dalam Konsili Nicea dan ia dikucilkan dari gereja.[3]
    Daftar isi
    • 1 Latar Belakang
    • 2 Kontroversi mengenai Keilahian Kristus
    • 3 Konsili Nicea
    • 4 Pengucilan dan Akhir Hidup
    • 5 Pengaruh Arius
    • 6 Referensi
    • 7 Pranala Luar

    Latar Belakang
    Arius lahir di Alexandria pada tahun 250, pada masa pemerintahan Kaisar Decius.[1] Ia menerima pendidikan teologi dari Lucian, seorang teolog dari Antiokhia.[1] Setelah Lucian meninggal pada tahun 306, Arius kembali ke Alexandria dan menetap di sana.[1] Di Alexandria, Arius diangkat sebagai diaken oleh Uskup Petrus dari Alexandria.[1] Uskup Petrus sendiri sedang bersitegang dengan Meletius dari Lycopolis, mengenai penolakan terhadap orang-orang Kristen yang murtad selama masa penyiksaan oleh kekaisaran Romawi.[1] Namun, Arius berada di pihak Meletius, sehingga ia dikucilkan dari gereja oleh Petrus.[1] Tahun 311, Petrus digantikan oleh Akhillas, yang kemudian memulihkan jabatan diaken Arius, bahkan mengangkatnya sebagai presbiter.[1] Akhillas meninggal pada tahun 312 dan digantikan oleh Alexander.[1]
    Kontroversi mengenai Keilahian Kristus
    Tahun 318 terjadi ketegangan antara Arius dan Alexander, ketika Arius mengembangkan teologinya yang khas tradisi Antiokhia.[2] Pemikiran Arius yang kemudian menimbulkan perdebatan dan perselisihan dengan Alexander adalah mengenai keilahian Kristus. Sejalan dengan pemikiran Origenes, ia percaya bahwa Allah Bapa lebih besar daripada Sang Anak atau Kristus dan juga kemudian lebih besar daripada Roh Kudus.[4] Namun, ia memasukkan konsep monoteisme yang radikal dalam pemahaman mengenai Allah dengan berkesimpulan bahwa hanya Allah Bapa yang merupakan Allah, sedangkan Kristus atau Sang Anak hanya merupakan makhluk ciptaan Allah Bapa yang sulung dan tertinggi, tetapi bukan Allah.[2][4] Sebagai makhluk ciptaan, Kristus tidak kekal.[4] Pernah Ia tidak ada, dan kemudian diciptakan dari yang tidak ada.[4] Pokok-pokok pemahaman Arius ini terdapat dalam buku tulisannya yang berjudul Thallia.
    Alexander tidak menyetujui pandangan Arius ini. Menurut Alexander, Sang Bapa adalah kekal, namun tidak pernah ada tanpa Sang Anak, maka Sang Anak juga kekal.[1] Sang Anak tidaklah diciptakan Allah dari ketiadaan, namun Ia sudah ada bersama Allah dan sehakikat (homoousios) dengan Allah.[1] Menurut Alexander Sang Anak haruslah benar-benar Allah agar dapat menyelamatkan manusia.[5] Tahun 318 Alexander mengadakan sinode di Alexandria yang memutuskan agar Arius dihukum. Alexander mengutuk ajaran Arius.[1] Arius juga dikutuk bersama lima orang presbiter dan enam orang diaken lain.[1][5] Namun, Arius juga memiliki banyak pendukung.[5] Ia kemudian meminta bantuan kepada Eusebius dari Nicomedia.[3] Eusebius memiliki posisi yang kuat untuk mendukung Arius, dan hal ini menyulut perpecahan besar.[3] Keributan ini membagi dua gereja di Alexandria menjadi kubu Arius dan kubu Alexander.[5]
    Konsili Nicea
    Artikel utama untuk bagian ini adalah: Konsili Nicea I

    Ikon dari Biara Megalo Metéoron di Yunani, yang menggambarkan Konsili Nicea I tahun 325 Masehi, dengan Arius yang dikutuk pada bagian bawah ikon. Lukisan seorang biarawati Nestorian, 1779.

    Perdebatan dan perselisihan di Alexandria kemudian meresahkan Kaisar Konstantinus.[5] Ia merasa bahwa perpecahan dalam gereja dapat mengganggu keamanan dan stabilitas negara.[5] Namun, Konstantinus tidak segera mengambil keputusan untuk menghakimi secara sepihak. [3] Ia memilih untuk memanggil para uskup untuk menemukan jalan menyelesaikan pertikaian ini.[3] Kemudian pada tahun 325, Konstantinus memanggil uskup-uskup dari berbagai penjuru kekaisaran Romawi untuk berkumpul dalam konsili di Kota Nicea (sekarang Iznik di Turki).[6] Konsili ini dibuka dengan pembahasan mengenai permasalahan pandangan Arius.[1] Eusebius dari Nicomedia memimpin beberapa uskup yang mendukung Arius.[6] Namun ketika Arius membacakan pandangannya mengenai keilahian Kristus dan pandangan-pandangan lainnya, banyak uskup yang kemudian menarik dukungannya dari Arius karena memandang tulisannya sebagai penghujatan.[1]
    Para peserta konsili kemudian tidak menerima pandangan Arius dan memutuskan untuk menolaknya.[4] Namun mereka juga harus merumuskan suatu pengakuan yang dapat melawan pandangan Arius.[5] Kemudian Uskup Eusebius dari Kaisarea mengusulkan menggunakan pengakuan yang digunakan di Kaisarea.[4] Pengakuan ini tidak menggunakan kata homoousios (satu hakikat) karena dianggap tidak alkitabiah.[1] Namun, Konstantinus dan para uskup lain memilih untuk menggunakannya dalam rumusan pengakuan tersebut untuk menentang Arius, karena Arius terang-terangan menolak konsep homoousios.[1] Hanya dua orang uskup yang mendukung pandangan Arius dan menolak konsep homoousios.[1] Kelompok pendukung Arius memilih mengemukakan pandagan bahwa Sang Anak memiliki hakikat yang serupa dengan Sang Bapa (homoiousios).[5] Namun pada akhirnya diputuskan bahwa Sang Anak tidak diciptakan, namun sehakikat (homoousios) dengan Sang Bapa yang dirumuskan dalam Pengakuan Iman Nicea.[4] Pandangan Arius kemudian ditolak dan Arius bersama beberapa orang yang mendukungnya dihukum dengan cara dikucilkan dari gereja.[4]

    Pengucilan dan Akhir Hidup
    Arius dan pandangannya dikutuk di Nicea.[4] Ia bersama beberapa uskup yang mendukungnya kemudian dikucilkan dari gereja dan dibuang serta jabatannya dicopot.[4] Bukunya, Thallia, dibakar dan pengikutnya dianggap sebagai musuh gereja.[1] Di dalam pembuangan, Arius sangat menderita sehingga adik perempuan Konstantinus, Konstantia, meminta Konstantinus untuk memulihkan kembali jabatan Arius.[1] Konstantinus menyetujuinya, namun Athanasius, uskup Alexandria yang baru, menolaknya.[1]
    Pada tahun 336, upacara pemulihan jabatan Arius kemudian direncanakan untuk dilaksanakan di katedral Konstantinopel.[1] Akan tetapi, upacara tersebut tidak pernah dilaksanakan karena pada sore hari sebelum upacara dilaksanakan, tiba-tiba Arius meninggal.[1] Ada kalangan yang melihat kematian Arius sebagai hukuman dari Tuhan, sedangkan kalangan lain melihat kematian Arius disebabkan karena ia diracun.[1]
    Pengaruh Arius
    Walaupun Arius telah dikutuk dan dan meninggal, ajaran dan pandangannya tetap berkembang dan disebarluaskan oleh para pengikutnya.[1] Para pengikut Arius ini kemudian berkembang menjadi gerakan atau aliran yang disebut Arianisme.[1] Mereka sangat aktif menyebarluaskan ajaran-ajaran Arius dan terus berkonfrontasi dengan kelompok yang menerima pengakuan Nicea.[4] Arianisme sangat ditentang oleh Athanasius, uskup Alexandria.[4] Hampir seluruh hidup Athanasius diabdikan untuk melawan Arianisme.[4] Akan tetapi, pengikut-pengikut Arius terus dengan giat menyebarkan ajaran-ajaran Arius sampai ke Eropa, terutama di kalangan bangsa Goth.[1] Seorang tokoh Arianisme yang terkenal adalah Ulfilas.[1] Arianisme adalah sebuah pandangan kristologis yang dianut oleh para pengikut Arius, seorang presbiter Kristen yang hidup dan mengajar di Alexandria, Mesir, pada awal abad ke-4. Arius mengajarkan bahwa berbeda dengan Allah Bapa, Allah Anak tidak sama-sama kekal dengan Sang Bapa. Ia mengajarkan bahwa Yesus sebelum menjelma adalah makhluk ilahi, namun ia diciptakan oleh Sang Bapa pada suatu saat tertentu — dan oleh karenanya statusnya lebih rendah daripada Sang Bapa. Sebelum penciptaan-Nya itu, Sang Putra tidak ada. Dalam bahasa yang lebih sederhana, kadang-kadang dikatakan bahwa kaum Arian percaya bahwa Yesus, dalam konteks ini, adalah suatu “makhluk”. Kata yang digunakan dalam pengertian aslinya adalah “makhluk ciptaan.”
    Konflik antara Arianisme Monotheisme dan keyakinan Trinitarian adalah konfrontasi doktriner besar pertama dalam Gereja setelah agama Kristen dilegalisasikan oleh Kaisar Konstantin I. Kontroversi tentang Arianisme ini meluas hingga sebagian besar dari abad ke-4 dan melibatkan sebagian terbesar anggota gereja, orang-orang percaya yang sederhana dan para biarawan, serta para uskup dan kaisar. Sementara Arianisme memang selama beberapa dasawarsa mendominasi di kalangan keluarga Kaisar, kaum bangsawan Kekaisaran dan para rohaniwan yang lebih tinggi kedudukannya, pada akhirnya Trinitarianismelah yang menang secara teologis dan politik pada akhir abad ke-4. dan sejak saat itu telah menjadi doktrin yang praktis tidak tertandingi di semua cabang utama Gereja Timur dan Barat. Arianisme, yang diajarkan oleh misionaris Arian Ulfilas kepada suku-suku Jermanik, memang bertahan selama beberapa abad di antara sejumlah suku Jermanik di Eropa barat, khususnya suku-suku Goth dan Longobard tetapi sejak itu tidak memainkan peranan teologis yang penting lagi.
    Daftar isi
    • 1 Keyakinan
    • 2 Konsili Nicea dan sesudahnya
    • 3 Lihat pula
    • 4 Bibliografi
    • 5 Pranala luar
    Keyakinan
    Karena kebanyakan bahan tertulis tentang Arianisme pada masa itu ditulis oleh lawan-lawannya, terdapat kesulitan untuk menetapkan sifat ajaran-ajaran Arius dengan persis sekarang. Surat Auxentius[1], seorang uskup Milano Arianis pada abad ke-4, mengenai misionaris Ulfilas, memberikan gambaran yang paling jelas tentang keyakinan Arianis tentang sifat Tritunggal: Allah Bapa (“yang tidak dilahirkan”), selamanya ada, terpisah dari Yesus Kristus yang lebih rendah (“anak tunggal”), yang dilahirkan untuk memberitakan kuasa Bapa. Sang Bapa, yang bekerja melalui Sang Anak. Bapa dianggap sebagai “Allah sejati satu-satunya.” 1 Korintus 8:5-6 dikutip sebagai ayat buktinya:
    “Sebab sungguhpun ada apa yang disebut “allah”, baik di sorga, maupun di bumi — dan memang benar ada banyak “allah” dan banyak “tuhan” yang demikian — namun bagi kita hanya ada satu Allah (theos) saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan (kurios) saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.” (TB)

    Jejak masa lalu gereja asiria ritus timur (Nestorianisme) yang masih dipraktekan tapi sudah terjadi sinkretisasi dgn gereja barat(gereja pauline) karena masalah politik pada masa inkuisisi, dan masih melaksanakan Sholat, tauhid,halam haram,kitan dan puasa 40 hari sesuai ajaran Iousuah/ Jesus.
    Konsili Nicea dan sesudahnya
    Pada 321 Arius ditolak oleh sebuah sinode di Alexandria dengan tuduhan mengajarkan sebuah pandangan yang heterodoks tentang hubungan antara Yesus dengan Allah Bapa. Karena Arius dan para pengikutna mempunyai pengaruh yang besar di kalangan sekolah-sekolah di Alexandria — yang sebanding dengan universitas-universitas atau seminari-seminari modern — pandangan-pandangan teologis mereka pun berkembang luas, khususnya di daerah Mediterania bagian timur. Pada 325 pertikaian ini telah berkembang menjadi cukup penting sehingga Kaisar Konstantin mengumpulkan para uskup dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Konsili Nicea Pertama di Nicea (kini Iznik, Turki), yang mengutuk doktrin Arius dan merumuskan Pengakuan Iman Nicea, yang hingga kini masih diucapkan dalam kebaktian-kebaktian di Gereja-gereja Katolik, Ortodoks, dan sebagian Protestan. Tema sentral Pengakuan Iman Nicea, yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara Allah Bapa dan Allah Anak, adalah homoousios, yang berarti”sehakikat” atau “mempunyai zat yang sama”. ( Pengakuan Iman Athanasius lebih jarang digunakan namun lebih jelas merupakan pernyataan anti-Arianis tentang Tritunggal.)
    Konstantin mengasingkan mereka yang menolak untuk menerima Pengakuan Iman Nicea — Arius sendiri, diaken Euzoios, dan para uskup Libya Theonas dari Ptolemais dan Secundus dari Mamarica — dan juga para uskup yang menandatangani pengakuan iman itu namun menolak untuk bergabung dalam pengutukan terhadap Arius, Eusebius dari Nikomedia dan Theognis dari Nicea. Kaisar juga memerintahkan semua salinan dari Thalia, buku yang ditulis Arius untuk menguraikan ajaran-ajarannya dibakar. Hal ini mengakhiri perdebatan teologis terbuka selama beberapa tahun, meskipun di bawah permukaan perlawanan terhadap Pengakuan Iman Nicea tetap berlanjut.
    Keyakinan-keyakinan agama berikut yang telah dibandingkan atau pernah dicap — sebagian mungkin keliru — sebagai Arianisme, termasuk:
    • Unitarian, yang percaya bahwa Allah itu satu dalam pengertian berlawanan dengan Tritunggal, dan banyak dari mereka yang percaya akan otoritas moral Yesus, namun bukan keilahiannya.
    • Saksi Yehuwa, yang percaya bahwa Yesus memiliki pra-eksistensi manusiawi sebagai Logos.
    • Christadelphia, yang percaya bahwa keberadaan Yesus sebelum kelahirannya harus dipahami dalam pengertian konseptual, sebagai “Logos”, dan bukan secara harafiah.
    • Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir dan kelompoknya, yang percaya akan “keesaan maksud” atau “kehendak” Ilahi tetapi Yesus adalah suatu makhluk ilahi yang terpisah dan lebih rendah kedudukannya daripada Allah Bapa.
    • Isaac Newton, seorang Arianis tersembunyi; hal ini ironis karena ia adalah seorang fellow dari Trinity College di Cambridge, Inggris.
    Pendukung Kemenangan pendukung trinitas
    Ireneus (150 – 202 M), Tertulianus (155 – 220
    M) Origens (185 – 254 M) dan Anthanasius, yaitu Bapak yang
    melahirkan Trinitas yang hidup sekitar tahun 298 – 377 M,
    yang ikut memelopori Trinitas dalam sidang dikota Nicea
    tahun 325 M. Di belakang Anthanasius berdiri pula Santo
    Agustinus (354 – 430) dan Gregoryus Nyssa (335 – 394 M).
    Mereka, pendukung-pendukungnya ini memikirkan, berpikir dan
    berunding, bagaimana memecahkan persoalan Tuhan itu tiga
    tetapi satu. Maka tidaklah heran kita bila kemudian
    pada konsili-konsili seperti konsili Nicea,
    konsili Epesus, konsili Alexandria dll, dimana pada
    tiap-tiap konsili akan lahir pula suatu “perkembangan baru
    dari Tuhan,” seperti pelenyapan Injil-injil yang asli,
    pelarangan padri-padrinya kawin dan seterusnya. Dalam zaman
    seperti yang saya sebutkan tadi, tidak pula seluruh orang
    Gagasan ini diterima hanya dengan 2 suara, sedang penolaknya
    10 suara. Berhubung yang 2 suara ini lebih dekat dengan
    selera kaisar, maka sejarah kemudian mencatat yang 2 suara
    inilah yang menang, yaitu mereka yang menerima gagasan Tuhan
    manusia terhadap diri Yesus. Kaisar kemudiannya mengadakan
    suatu dekrit umum bahwa semua orang harus menerima
    gagasannya itu. (sumber perkumpulan pendeta dan pastur mualaf)
    312
    Konstantinus I
    Roma

    Kaisar Konstantinus I mengaku menjadi Kristen setelah mendapat penglihatan salib dan menjadi pembela dan pelindung kaum Kristen yang tertindas dan menginginkan hegemoni kekuasaan atas gereja sebelumnya adalah penganutt dewa mitras.
    Lihat pula: Edik Milano

    177
    Ireneus
    Lyons

    Ireneus menjadi Uskup Lyons dan memerangi ajaran-ajaran yang dianggap bidaah yakni arianisme dan nestorianisme dianggap sesat yang merundung gereja roma barat
    Lihat pula: Gnostisisme

    196
    Tertulianus
    Kartago

    Tertulianus mulai menulis tulisan-tulisannya yang menjadikannya digelari “Bapak Teologi Latin” dimana ajaran trinitas mulai dikenalkan.
    Lihat pula: Tritunggal

    205
    Origenes
    Alexandria

    Origenes dari Afrika Utara yang sangat bertalenta memulai tulisannya yang berpengaruh. Ia mengepalai sekolah katekisasi di Alexandria merupakan salah satu pemikir trinitas
    367
    Athanasius
    Aleksandria

    Athanasius menulis “Surat Paskah” yang mengakui Kanon Perjanjian Baru yang menegaskan buku yang sama yang saat ini digunakan. Penganjur hari paskah yang harus dirayakan umt kristen.
    Lihat pula: Kanon Alkitab

  66. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Sesudah melewati suatu periode awal yang diwarnai penganiayaan secara sporadik namun intens, Kekristenan menjadi legal pada abad ke-4, ketika Kaisar Konstantinus I mengeluarkan Edicta Milano (Edik Milano) pada tahun 313. Konstantinus berperan penting dalam penyelenggaraan Konsili Nicea Pertama yang merupakan konsili para uskup Gereja Katolik pada tahun 325, yang ditujukan untuk melawan bidaah Arianisme dan merumuskan Kredo Nicea yang digunakan oleh Gereja Katolik, Ortodoksi Timur Pada tanggal 27 Februari 380, Kaisar Teodosius I memberlakukan sebuah hukum yang menetapkan Kekristenan Katolik sebagai agama resmi Kekaisaran Romawi dan memerintahkan untuk menyebut yang lain dari pada itu sebagai bidaah.[ Inkuisisi adalah pengadilan Gereja yang ditunjuk untuk mengusut bidat, yang disebut demikian karena menentang kesalahan dan tradisi Gereja Roma. Nama yang tidak terkenal ini digunakan dalam arti lembaga itu sendiri, yang adalah episkopal (diperintah oleh Uskup atau uskup-uskup) atau Paus, secara regional atau lokal; anggota pengadilan; dan cara kerja pengadilan. (wikipedia)

    Pertama Inkuisisi itu hanya menangani tuduhan tentang bidat, tetapi kekuasaannya segera meluas hingga mencakup tuduhan seperti tenung, alkimia, penghujatan, pembacaan Alkitab dalam bahasa umum tidak peduli apa pun tuduhannya, pelaksana Inkuisisi melakukan pemeriksaan mereka dengan kekejaman yang luar biasa, tanpa memiliki belas kasihan kepada siapa pun tidak peduli berapa usia, apa jenis kelamin, suku bangsa, keturunan bangsawan, posisi atau tingkat sosial yang istimewa, atau bagaimana kondisi fisik atau mental mereka. Dan mereka terutama bersikap kejam terhadap orang-orang yang menentang doktrin dan otoritas paus
    Selama beberapa abad Gereja Roma (awal hingga pertengahan) mengamuk di seluruh dunia seperti binatang buas yang kelaparan dan membunuh ribuan orang yang percaya kepada Kristus yang sejati, menyiksa, dan memotong tangan atau kaki ribuan orang lagi. Ini merupakan “Zaman Kegelapan” gereja hingga abad pertengahan jadi inkuisis adalah penyebaran paham kristen romawi secara masiv dan terus menerus sampai abad pertengahan untuk mempertahankan dominasi dan pengaruh roman katolik, terutama ketika terjadinya reformasi protetanisme oleh lutheranisme karena prktek praktek oleh roman katolik yang tidak sesuai
    Dalam bukunya ini, Lea membantah bahwa Gereja tidak dapat dipersalahkan dalam kasus Inkuisisi, seperti yang dikatakan oleh seorang tokoh Kristen, Father Gam, yang menyatakan: “The inquisition is an institution for which the Church has no responsibility.” Ini adalah salah satu bentuk apologi di kalangan pemimpin Kristen Katolik Roma.
    Lea menunjuk bukti sebagai contoh bahwa dalam kasus bentuk hukuman terhadap korban inkuisisi, otoritas gereja mengabaikan pendapat bahwa menghukum kaum “heretics” (kaum yang dicap menyimpang dari doktrin resmi gereja) dengan membakar hidup-hidup adalah bertentangan dengan semangat Kristus yang selama ini didengung-dengungkan sebagai penebar kasih. Tapi, sikap gereja ketika itu justru menyatakan sebaliknya, bahwa membakar hidup- Proses interogasi dan eksekusi hukuman pada inkuisisi sangat berbeda dengan proses pada pengadilan modern. Penyiksaan pada Inkusisi memang diizinkan dengan tujuan mendapatkan kebenaran dari si tertuduh.

  67. kebangkitan cahaya ilahi said,

    Tarsus adalah satu wilayah yang sekarang bernama turki dimasa lampau Tarsus dikenal sebagai pusat filsafat Stoic. Filsafat ini menganut faham hikmah. Artinya segala sesuatu bencana yang menimpa diterima dengan mengambil hikmahnya. Filsafat stoic, menjadi lebih menarik diabad ketiga SM pada saat Yunani ditimpa berbagai macam bencana seperti kelaparan, perang saudara dan penindasan. Dengan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah rencana “Yang Maha Kuasa” maka orang akan menerimanya dengan ikhlas. Salah satu faham Stoic yang dianut Paulus adalah cosmopolitanisme yang tidak mebeda-bedakan suku bangsa. Pengaruh filsafat Stoic pada diri Paulus dijelaskan oleh Roetzel sbb: (Masa muda Paulus dihabiskan di Tarsus, pusat filsafat Stoic. Surat-suratnya jelas memperlihatkan pengaruh Stoic…..Kecenderungannya melihat uamt sebagai penduduk sorga (fil:3:20) dibanding penduduk kota, memiliki hubungan yang kuat dengan pandangan Stoic. Mungkin termasuk pandangannya tentang oikumene (penduduk bumi) yang menggabungkan Yahudi dan Non- Yahudi diilhami oleh faham Cosmopolitanisme Stoic (Roma 10:18)).
    Para Ahli Purbakala memperlihatkan bahwa Tarsus merupakan pusat kegiatan para penyembah Dewa Mithra sampai dengan masa keruntuhan Kerajaan (Romawi)…..Kemungkinan besar laskar Pompey, dalam kegiatan mereka ke Timur, yang pertama memperkenalkan aliran (Penyembah Dewa Mithra) ini ke Masyarakat Romawi).

    Paulus sebagaimana anak-anak lainnya yang lahir dan dibesarkan di Tarsus tidak akan lepas dari Upacara Keagamaan. salah satu upacara Mithraisme yang dilakukan oleh orang -orang Tarsus adalah menghormati Dewa Pahlawan, Herakles. Penghormatan kepada Herakles, tidak jauh berbeda dengan penghormatan kepada Dewa-dewa lainnya yang mati dan kemudian bangkit kembali seperti Mithra, dewa adonis, di Syria, Dewa Thammuz di babylonia, Dewa Osiris di Mesir.
    Dari peninggalan sejarah di Tarsus di ketahui bahwa Herakles yang mati kemudian bangkit kembali sebagai Juru Selamat. Silahkan baca I Korintus 15:3-4:
    “Sebab sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan kitab suci. Bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari ketiga sesuai dengan Alkitab.
    Perhatikan pernyataan Paulus pada kata “yaitu apa yang kuterima sendiri”. Dari siapa dia menerima ajaran kristus mati karena dosa manusia, bahwa ia telah dikubur, dan dibangkitkan kembali? Dari Yesus? Tidak mungkin! Yesus tidak pernah mengajarkan Kristus versi penyembah berhala seperti yang dikatakan oleh Paulus. Apalagi para pakar Alkitab dan sejahwaran Kristen pada umumnya sependapat bahwa Paulus tidak pernah bertemu dengan Yesus. dari Rabbi? tidak mungkin! Rabbi mengajarkan Kristus tidak seperti apa yang dikatakan Paulus. Dari ahli filsafat penyembah Berhala? ini yang mungkin! Karena Kristus yang diperkenalkan oleh ahli filsafat penyembah berhala.

    Dangan melihat konsep-konsep Mithraisme kita sudah dapat menduga dari mana sumber inspirasi Paulus dalam memperkenalkan kristusnya. Kalau andaikata Kitab Perjanjian Lama yang merupakan pegangan umat Yahudi mengajarkan bahwa akan ada Tuhan yang turun ke bumi mengambil bentuk manusia, yang kemudian mati, bangkit kembali, terangkat di sorga dan menjadi Juru Selamat, mengapa tidak pernah diajarkan sebelumnya?

    Sejarah paulus pemikiran dan trinitas

    Paulus dari Tarsus (awalnya bernama Saulus dari Tarsus) atau Rasul Paulus, (3 Masehi–67 Masehi) diakui sebagai tokoh penting dalam penyebaran dan perumusan ajaran kekristenan yang bersumberkan dari pengajaran Yesus Kristus. Paulus memperkenalkan diri melalui kumpulan surat-suratnya dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen sebagai seorang Yahudi dari suku Benyamin,[4] yang berkebudayaan Yunani (helenis) dan warga negara Romawi. Ia lahir di kota Tarsus tanah Kilikia (sekarang di Turki), dibesarkan di Yerusalem dan dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel.[5] Pada masa mudanya, ia hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama Yahudi.[6] Mulanya ia seorang penganiaya orang Kristen (saat itu bernama Saulus), dan sesudah pengakuannya bermimpi berjumpa Yesus di jalan menuju kota Damaskus, ia berubah dan bertobat menjadi seorang pengikut Yesus Kristus (Kisah Para Rasul 9).
    Paulus menyebut dirinya sebagai “rasul bagi bangsa-bangsa non-Yahudi” (Roma 11:13). Dia membuat usaha yang luar biasa melalui surat-suratnya kepada komunitas non-Yahudi untuk menunjukkan bahwa keselamatan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus adalah untuk semua orang, bukan hanya orang Yahudi. Gagasan Paulus ini menimbulkan perselisihan pendapat antara murid-murid Yesus dari keturunan Yahudi asli dengan mereka yang berlatar belakang bukan Yahudi, karena non yahudi tidak pernah mempunyai atau mempelajari kitab talmud yang selalu ditentang yesua/Iohosuah. Mereka yang dari keturunan Yahudi berpendapat bahwa untuk menjadi pengikut Yesus, orang-orang yang bukan Yahudi haruslah pertama-tama menjadi Yahudi terlebih dulu. Murid-murid yang mula-mula, Petrus, sempat tidak berpendirian menghadapi hal ini (lihat Galatia 2:11-14). Untuk menyelesaikan konflik ini, diadakanlah persidangan di Yerusalem yang dipimpin oleh Petrus dan Yakobus, adik Yesus Kristus (Kisah Para Rasul 15), yang disebut sebagai Sidang Sinode atau Konsili Gereja yang pertama.
    Ajaran Paulus yang banyak mengandung mithos-mithos Yunani ini ternyata banyak sekali mendapat dukungan, dari orang-orang sekitar Mediteraan, Laut Tengah. Ia antaranya didukung oleh Ireneus (150 – 202 M), Tertulianus (155 – 220
    M) Origens (185 – 254 M) dan Anthanasius, yaitu Bapak yang melahirkan Trinitas yang hidup sekitar tahun 298 – 377 M, yang ikut memelopori Trinitas dalam sidang dikota Nicea tahun 325 M. Di belakang Anthanasius berdiri pula Santo Agustinus (354 – 430) dan Gregoryus Nyssa (335 – 394 M). Mereka, pendukung-pendukungnya ini memikirkan, berpikir dan berunding, bagaimana memecahkan persoalan Tuhan itu tiga
    tetapi satu. Maka tidaklah heran kita bila kemudian mendengarkan adanya konsili-konsili seperti konsili Nicea, konsili Epesus, konsili Alexandria dll, dimana pada
    tiap-tiap konsili akan lahir pula suatu “perkembangan baru dari Tuhan,” seperti pelenyapan Injil-injil yang asli, pelarangan padri-padrinya kawin dan seterusnya. Dalam zaman seperti yang saya sebutkan tadi, tidak pula seluruh orang menerima ajaran gila Paulus ini, sebab pada waktu itu lahir pula golongan-golongan Nestorius (388-440 M) dan Arius (270-350 M). Kedua golongan ini terkenal gigihnya menentang ajaran Paulus, sambil tetap berkeyakinan bahwa tiada lain yang disembah melainkan Allah yang Maha Esa, dan pertentangan mereka inilah yang akhirnya menimbulkan perburuan manusia yang tiada taranya, dimana lawan-lawan ideologinya dibunuh dengan dibakar hidup-hidup, diadu dengan singa, diseret oleh kuda ataupun dihukum pijak oleh gajah.
    2. Platonis

    Faham Platonis yang dianut Paulus dinyatakan oleh pengakuan Santo Augustinus dalam buku tentang dirinya yaitu “The Confession of St. Augustine yang diterjemahkan oleh John K Ryan, dibawah sub judul : Kitab Suci dan Filsafat Penyembah Berhala. St. Agustinus mengaku pernah baca buku Platonis. Dalam buku tersebut ditemukannya kalimat-kalimat yang mirip dengan surat-surat Paulus kepada Jemaat di Filipi 2:6 yang kalaupungaya bahasanya berbeda tetapi mengandung pengertian yang sama:( Saya menemukan (St agustinus), dalam buku tersebut (filsafat Platonis) yang walaupun gaya bahasanya agak berbeda, bahwa Anak, yang walaupun didalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan.)

    Surat Paulus kepada Jemaat di filipi 2:6-11 sangat terkenal di dalam dunia Kristen sebagai salah satu landasan untuk mempertuhankan Yesus Kristus, yang menyatakan bahwa dia adalah Tuhan dari Sorga yang turun ke bumi mengambil bentuk manusia. Ayat-ayat ini sering saya dengar digunakan oleh umat Kristen untuk memperlihatkan bukti dari Alkitab bahwa Yesus adalah Tuhan.

    Namun sebelum kita mengatakan semua, Santo Agustinus, pemuka Gereja yang dihormati, sudah menyampaikan kepada kita bahwa sekitar 400 Th sebelum lahirnya Paulus, filsafat tersebut sudah diperkenalkan Plato. Artinya Paulus tinggal menjiplak dan membimbingnya. Selain itu mari kita lihat Paul Tillich pakar sejarah pemikir Kristen dari Divinity School of university of chicago, dalam bukunya A History Of Christan Thought menjelaskan secara detail faham Platonis yang merupakan landasan surat Paulus kepada Jemaat Filipi 2:6-9 yang berbunyi:(..sukma yang jatuh dari kebersamaan abadi dimana dunia Roh, turun ke bumi dalam rupa manusia, kemudian berusaha melepaskan keterkaitannya dengan daging(tubuh), dan akhirnya mencapai tingkat yang lebih tinggi dari dunia kebendaan. Ini berlangsung secara bertahap, dan bertingkat. Faham ini kemudian dianut pula oleh gereja, bukan hanya oleh golongan sufinya tetapi juga secara luas, oleh para pemimpin Gereja)

    Filsafat diatas, akan nampak lebih jelas dengan membaca pemikiran Paulus dalam suratnya kepada jemaat Roma pasal delapan: “sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum taurat, karena tidak berdaya oleh daging, telah dilakukan olah Allah. Dengan jalan mengutus anaknya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa…. Maka ia yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mai, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Rohnya, yang diam dalam kamu.

    Ini Jelas filsafat Platonis yang menurut Edward Gibbon diperkenalkan oleh Plato (427?-347?. SM). Filsafat ini yang kemudian dibangkitkan kembali oleh Paulus.(I Korintus 8:6), secara kental dianut oleh kaisar Nervaf (96-98 M) yang mengumumkan kepada Khalayak sesuatu yang sangat mengherankan:(Logos (Firman) yang bersama0sama dengan Allah sejak permulaan, dan adalah Anak Allah yang menciptakan segala sesuatu dan Olehnya segala sesuatu dijadikan, telah menjelma ke dalam diri Yesus dari Nazaret).

    Oleh sebab itu salah seorang pemuka Kristen yang juga pakar Naskah Laut Mati, Reverend Dr. Charles Francis Potter dalam bukunya The Lost Years of Jesus Revaled” menyayangkan umat kristen yang memasuki Millenium ketiga saat ini, masih berfikiran seperti orang-orang abad pertama, kedua dan ketiga lihat tulisannya yang berbunyi: (Para pengikut Yesus, para ulama Kristen dan penerus abad-abad I, masih dapat dimaafkan kalo mereka gagal memahami bahwa beliau (Yesus) sesungguhnya bukan Tuhan yang turun dari langit, tetapi hanyalah seorang manusia yang sangat besar (di zamannya). Tetapi (yang mengakui) pengikut saat ini, para ulama Kristen modern tidak dapat lagi dimaafkan (untuk berfikiran seperti diatas) dengan memanfaatkan keterbatasan dan tidak kemampuan berfikir orang-orang Palestina dan dua ribu tahun yang lalu dalam menjelaskan pribadi dan karakter pemimpin yang baik dan guru umat Manusia (Yesus) ini).

    3. Stoic

    Tarsus dikenal sebagai pusat filsafat Stoic. Filsafat ini menganut faham hikmah. Artinya segala sesuatu bencana yang menimpa diterima dengan mengambil hikmahnya. Filsafat stoic, menjadi lebih menarik diabad ketiga SM pada saat Yunani ditimpa berbagai macam bencana seperti kelaparan, perang saudara dan penindasan. Dengan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah rencana “Yang Maha Kuasa” maka orang akan menerimanya dengan ikhlas. Salah satu faham Stoic yang dianut Paulus adalah cosmopolitanisme yang tidak mebeda-bedakan suku bangsa. Pengaruh filsafat Stoic pada diri Paulus dijelaskan oleh Roetzel sbb: (Masa muda Paulus dihabiskan di Tarsus, pusat filsafat Stoic. Surat-suratnya jelas memperlihatkan pengaruh Stoic…..Kecenderungannya melihat uamt sebagai penduduk sorga (fil:3:20) dibanding penduduk kota, memiliki hubungan yang kuat dengan pandangan Stoic. Mungkin termasuk pandangannya tentang oikumene (penduduk bumi) yang menggabungkan Yahudi dan Non- Yahudi diilhami oleh faham Cosmopolitanisme Stoic (Roma 10:18)).

    Pandangan Cosmopolitanisme Stoic yang dianut Paulus dapat dengan jelas dilihat pada suratnya kepada jemaat di Kolose: 3: 11:”Dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat,orang barbar atau orang Skit, budak orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam sesuatu.

    Pengaruh lain dari filsafat Stoic dalam injil dan surat-surat Paulus adalah faham tentang Logos (firman). Tillich dalam buku yang sama memperlihatkan bahwa kristen menganut berbagai ajaran dasar dari filsafat stoic, kita lihat bagaimana pendapat tillich: (Kristen menganut dari saingan beratnya(Stoic) berbagai ajaran dasar. Yang pertama adalah ajaran Firman, suatu ajaran yang dapat membuat anda putus asa bila anda memelajari sejarah tritunggal dan pemikiran Kristen. Perkembangan dogma dengan KRisten tidak akan dimengerti tanpa (bersandar pada filsafat) ini.)

    4. Gnostisisme
    Pengaruh Gnotisisme dalam pemikiran
    Paulus cukup kental. Hal ini dapat kita lihat pada pandangan dualismenya tentang Tuhan yang disorga dan Tuhan di bumi, tentang daging dan roh tan tentang terang dan gelap. disamping itu penganut penganut faham ini mengaku memiliki rahasia yang hanya mereka yang tau karena khusus diberi tahu. Untuk melihat uah fikirannya yang disandarkan pada filsafat gnostisisme, perhatikanlah pernyataan dalam suratnya kepada jemaat di korintus 15:48-51: “Mahkluk-mahkluk alamiah sama dengan. dia yang berasal dari debu tanah dan mahkluk-mahkluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari Sorga… Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu daging dan darah tidak dapat mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu sesuatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah…..

    Pada umumnya penganut paham Gnostic dimana-mana membenci dunia dan daging(jasad). Menurut mereka, kalo dunia ini jahat berarti arsiteknya (penciptanya) yakni Tuhannya Perjanjian Lama adalah jahat. Oleh sebab itu pemikiran Kristen yang dipengaruhi paham ini menganggap Tuhan pencipta alam di Perjanjian Lama adalah “jahat” dan sebaliknya Tuhan dalam Kristus adalah baik. Pandangan ini dapat kita lihat dalam surat Paulus kepada Jemaat di Korintus dalam 2Korintus 4:3-4: Jika injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah jaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

    Kata-kata yang digaris bawahi diatas, bagi kebanyakan orang sulit dimengerti. Namun untuk mudahnya saya kutip kata-kata tersebut dalam alkitab berbahasa Ingris KJV yakni: “th God of this world yang artinya Tuhan didunia ini, atau Tuhan pencipta dunia. Jadi menurut Paulus, Tuhan pencipta Dunia ini Jahat, karena telah membutakan orang sehingga tidak percaya pada ajarannya(ajaran Kristen).

    Golongan gnostik yang hidup dalam Roh menyembah pribadinya yang menjadi roh, yakni Kristus, sebaliknya mereka malah mengutuk Yesus yang pernah hidup dalam daging. Maricon yang hidup di abad II, merupakan salah seorang kampium Gnostisisme. Maricon dan kelompoknya menggunakan Surat-surat Paulus sebagai bagian terbesar dari Alkitab mereka. Oleh karena itu selit memungkiri pengaruh Gnostisisme dalam alam pemikiran Paulus. Sebagai contoh dapat dilihat beberapa ayat-ayat dari surat-suratnya yang memberikan gambaran jelas pengaruh Gnostisisme. silahkan baca Roma: 7:18: Sebab aku tahu, bahwa didalam aku, yaitu didalam aku sebagai manusia yang tidak ada sesuatu yang baik….

    baca lagi roma: 7:24: Aku manusia celaka! siapakah yang melepaskan aku dari tubuh maut ini?

    Pertanyaan-pertanyaan yang tendensius di atas disamping diartikan sebagai pengaruh Gnostisisme dalam alam pikiran Paulus, juga ada sebagian yang memperkirakan Paulus sebagai homoseksual. Namun pernyataannya yang sulit dibantah sebagai pengaruh Gnostisisme adalah dalam suratnya kepada jemaat Roma: 8:23:

    ….kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan Tubuh kita.

    Menurut Paulus, hidup dalam daging adalah hidup dibawah hukum Taurat yang tidak lepas dari dosa. Oleh karena itu Dia menganjurkan pengikutnya untuk hidup dalam roh dalam Kristus. silahkan baca Galatia 3:3: Adakah kamu sebodoh itu? kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya dalam daging?

    Jelas sekali Paulus menggunakan paham dualisme terang dan gelap dari Gnostisisme:

    Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.

    Aplikasi filsafat Gnostisisme tentang Tuhan di Langit dan Tuhan di Bumi dalam pemikiran Paulus, dapat dilihat dari pemahamannya tentang Kristus. Menge-nal Tuhan di langit dan Tuhan di bumi, dapat kita lihat dari titik berat kebangkitan KRistus sebagai dasar keimanannya, Tuhan yang dibangkitkan di dunia ini adalah Tuhan dari Rohyang baik. Sementara Tuhan yang sebelumnya adalah Tuhan dari daging yang kurang baik karena mengurung manusia di dalam Hukum Taurat. Oleh karena itu dengan kematian Kristus, maka matilah pula hukum taurat dari produksi Tuhan yang kurang baik.

    Tuhannya Paulus yang baik dibandingkan Tuhannnya Yesus yang kurang baik dapat dilihat dari penjelasan Roetzel berikut:

    (Paulus merasa bebas dari dosa dan kematian melalui kasih, Yahudi, sebagai mana kita ketahui, di bebani oleh Hukum dengan dosa, oleh dosa dengan kematian. Tuhannya Paulus tampil sebagai Tuhan pengasih, Tuhannya Yahudi sebagai pembebas tugas. tugas berat)

    Demikian ulasan saya tentang siapa Paulus dan bagaimana Latar belakang Paulus yang kontroversial ini, dan ternyata ajaran kristen bukan lagi ajaran Yesus tapi ajaran Paulus yang terbukti telah memutar balikkan ajaran Yesus, dan menggantikan ajaran Yesus dengan ajaran penyembah berhala Romawi….

    • pstruct said,

      @kebangkitan cahaya ilahi.anda cukup pintar untuk melihat keluar.saya anjurkan gunakan kepintaran anda untuk melihat kedalam

  68. Faca said,

    Hi orang2 muslim bodoh, sangat mudah kamu melihat sebutir kerikil dimata orang tapi sulit amat tuk lihat sebalok dimatamu… emang u pikir israel mengalahkan negara2 arab dan sekutu2nya itu dalam 6 hari itu bukan campurtangan tuhan ya? kapan sih u orang2 mo belajar dari situ.

    • seribu petunjuk said,

      kemenangan semu orang yahudi atas negara2 arab itu jelas campur tangan tuhan, seperti firmannya dlm alquran ” tidak akan terjadi hari kiamat sebelum kedzaliman merajalela hingga kebenaran mengalahkannya .” allah memang memberikn kecerdasan pada orang2 kafir sbg kekuatan tapi allah tak lupa menyelipkan rasa takut sebagai kelemahannya dan apa yg sedang mereka(orang2 kafir) lakukan hari ini adalah bukti dari ketakutannya pada ummat muslim.

  69. gans zackye said,

    woi klo dh pada pintar jgn pada adu mulut gt
    ngapain klean ngurusin perang orang/negara laen
    perang indonesia za lom bisa dituntaskan
    bagaiman mao bantu luar negeri
    bantu rakyat miskin di indonesia ini axa lo pada tutup matanya
    tuntaskan dulu/ perangi dulu kurupsi di indonesia ini baru berkoar tentang kemanusiaan
    karna di indonesia za ngk ada kemanusian yg ptut dipuji
    klo ngomongin israelvs palestina ngk bkln ada habisnya
    mereka perang antar negara
    eh lo lo pada mlh perang dengan indonesia mu sendiri

    kek gini lh yg dikatakan gajah di depan mata tak napak tapi semut di tengah lau bisa napa
    indonesia mao ikut perang ke palestina
    pikirkan malasya akan dengan gampangkya menghancurkan tanah airi kita ini
    mknya ngk sah pada ngotot ngototan klean
    kurasa pun ngk bkln ada dari kleanyg dapat menyaksikan akhir zaman itu
    jadi paen klean berkoar tentang akhir zaman
    huft ini lh yg buat indonesia ngk bkln bisa maju
    sampai kpn pun ngk bkln maju
    wng sesama indo za klean tempur
    jangan klean
    engulang masa lalu yg saa sama menghancurkan kehidupan bersama

  70. OMAR BACHIK said,

    TERIMA KASIH YA BAPAK SAID.BANYAK PENDEDAHAN DAN ILMU YANG ADA DI SINI MOGA MOGA MEREKA KEMBALI KEPADA MENYEMBAH ALLAH

  71. s.stabitah said,

    Kita itu sebagai manusia yang derajatnya lebih tinggi harus saling menghargai.jgn saling cacimaki!

    • s.stabitah said,

      A bangga jadi umat muslim! Biarpun kalian menghujat.a tetap berdiri kokoh.a akan bersabar menghadapi cacimaki kalian.karna a hargai kalian sebagai manusia! A hanya akan berdo’a! Ya allah sesungguhnya hanya engkau yg pantas menghukum manusia yg keji! Dengan neraka jahanammu!
      Kami kalah bukan berarti kalah! Tapi kami mengalah untuk kemenangan!!!

  72. Ravon said,

    saya kristen, tapi saya lebih menikmati kehidupan saya, yg memiliki sahabat seorang muslim dan lainnya, dan saling mengasihi satu sama lain. kalian yg mengeluarkan kebencian dengan ras2 yang kalian akui benar, akan bernilai salah, bila terperangkap di lingkara kebencian :) salam damai, utk umat manusia :)

    • s.stabitah said,

      A percaya pada dasarnya smua agama itu mengajarkan tentang kebaikan! Hanya saja yg mempelajarinya slalu salah mengartikan.yg MENGHINA AGAMAKU contohnya.mreka blm bs mendalami agamanya sendiri tp menghakimi agama org lain!!
      Padahal klu kalian tau cerita yg sebenarnya.
      YG MENGHINA AGAMAku itu akan menyesal seumur hidup.bahkan dlm alam kuburnyapun ia akan tetap menyesal tiada akhir!

  73. Sasongko said,

    Orang kristen kaya kontol celeng …
    Lumutin kontol gua donk , anjing lo , bego asuu !
    Njancok !

    • ameeraa said,

      @sasongko “dan apabila kamu melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, Maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan pembicaraan yang lain. dan jika syaitan menjadikan kamu lupa (akan larangan ini), Maka janganlah kamu duduk bersama orang-orang yang zalim itu sesudah teringat (akan larangan itu).” (Al An’am: 68)

      buat semuanya daripada saling menjelekkan, mencaci maki, mending pergi dari sini aja
      buat yang punya blog ini, kalo mengahapus post ini akan lebih baik jadi tidak ada yang saling mencaci

  74. PANGERAN PERDAMAIAN said,

    VIDEO SERANGAN ISRAEL Ke GAZA [HAMAS] tak Henti – Henti

  75. ameeraa said,

    “Dan telah Kami tetapkan bagi Bani Israil dalam al-Kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar”. (QS. Al-Isra: 4)

    “Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan sekali agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena kedengkian yang timbul dari diri mereka sendiri setelah nyata bagi mereka kebenaran……”. (QS. Al-Baqarah: 109)

    “Dan karena ucapan mereka: Sesungguhnya kami telah membunuh al-Masih Isa ibnu Maryam Rasul Allah”. Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, tetapi yang mereka bunuh dan salib itu ialah orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka (Yudas Iskaryot). Sesungguhnya orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan Isa) benar-benar dalam keraguan tentang (yang dibunuh) itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu Isa”. (QS. An-Nisa’: 157).

    BUAT MUSLIM YANG PRO YAHUDI

    Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin memerangi bangsa Yahudi, sampai-sampai orang Yahudi berlindung di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon tadi akan berbicara; Wahai orang Islam, hai hamba Allah! di belakangku ada orang-orang Yahudi, kemarilah, bunuhlah dia, kecuali pohon Ghorqod, sebab ia itu sungguh pohonnya Yahudi”. (HR. Ahmad)

    Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka batu itu berkata, “Wahai hamba Allah, inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (2767), dan Muslim dalam Shahih-nya (2922)].

    • s.stabitah said,

      ALLAHhu AKBAR…..ALLAhu AKBAR!!
      ISRAEL membabi buta!!!
      Kasihan para korban palestina.
      Mata hati mreka terbuat dari apa sih!
      Ndak pya belas kasihan sesama manusia!
      Binatang aja msh pya welas asih
      Tanda akhir zaman kahhh!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: